Bagaimana Mendorong Anak Remaja untuk Meletakkan Remote dan Menjauh dari Video Game

Apakah saya menggunakan game untuk membesarkan anak saya sementara saya sendiri melakukan hal yang saya sukai di ruangan lain? Dan jawabannya adalah ... yah, mungkin - dalam hal ini, masalahnya dapat dipecahkan.

925 views   |   shares
  • Anak saya, Ihoma, (nama telah diubah untuk melindungi Ihoma) adalah Master Kapten. Saya tidak tahu apa artinya. Mudah-mudahan saja ini adalah hal yang baik.

  • Ihoma adalah seorang anak yang baik. Dia meminta izin untuk mengumpat di depan kami (orang tuanya) dan ia membersihkan kamarnya dua kali sebulan. Bahkan dia cukup bermurah hati dengan membiarkan anjing kami tidur di kamarnya.

  • Saya tahu dia menghabiskan banyak waktu di ruang bawah tanah bermain Xbox. Memang, dia jago sekali dengan permainan gamenya. Dia telah memenangkan turnamen di daerah kami dan dihormati di kalangan cyber di seluruh dunia. Saya sering mendengarnya berbicara online kepada orang yang saya tidak tahu dari Manchester, atau Praha, dan ada satu orang aneh dari Boise yang tidak tahunya adalah saudara saya.

  • Jika saya seorang juara Xbox terkenal di dunia, tentunya saya juga tidak mau mencuci piring. Tapi piring harus dibersihkan, dan sampah harus dibuang, dan tampaknya saya tidak terlihat seperti seorang ayah yang baik dengan tidak mengambil alih tugas rumah anak saya, walupun sebenarnya saya dapat melakukan tugas-tugas itu dengan lebih cepat.

  • Akan sangat mudah sekali untuk menghukum dia, atau menjauhkan dia dari segala perangkat elektronik jika dia berprestasi buruk di sekolah atau pulang sekolah dengan surat dari sekolah yang mencatat perilaku buruknya. Tapi dia tidak pernah seperti itu. Saya akan memberinya buku jika dia berkelahi atau memukul temannya. Tapi dia tidak pernah terlibat dengan hal semacam ini.

  • Dia sering sekali teksting tetapi tidak pernah menggunakan "S". Saya tahu karena kadang-kadang saya mengambil teleponnya saat kami bermalam keluarga dan memeriksa pesan-pesannya sementara dia mendesak saya. Saya tidak bisa menghukumnya walaupun saya ingin sekali menghukumnya.

  • Dia lupa menyikat giginya selama seminggu, tapi itu tidak apa-apa. Dan dengan dia "tidak akan menyebabkan masalah", jangan berpikir bahwa saya akan senang saat dia pulang ke rumah dan langsung turun ke ruang bawah tanah dan duduk di kursi empuknya untuk mendominasi dunia cybernya selama dua atau tiga jam.

  • Memang benar bahwa saya khawatir tentang kekejaman. Saat dia sudah dewasa dan harus berurusan dengan masalah di dunia nyata, saya tidak ingin pola pikir dia akan menjadi, "Kamu menusuk cyber ratu saya, sekarang kamu harus membayarnya!"

  • Jadi saya telah bereksperimen.

  • Satu minggu Ihoma tidak bisa bermain karena situasi yang terjadi di luar kekuasaannya - dan tentunya situasi ini pun di luar kekuasaan saya karena saya sama sekali tidak ada hubungannya dengan mengapa peralatan mesin gamenya tiba-tiba rusak dan Anda tidak bisa membuat tuduhan semacam itu terhadap saya, tuduhan yang tidak berdasar. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya menonton televisi di lantai atas dengan saya sampai saya kecapaian menonton film robot remaja avatar. Saya sampai berpikir untuk memperbaiki kembali game boxnya dia yang saya sabotase dan menyuruhnya kembali ke ruang bawah tanah.

  • Advertisement
  • Saya bahkan menyembunyikan remotenya dan berpikir mungkin dia akan terlalu lelah untuk bangun dari tempat duduknya untuk mengganti saluran TV. Tapi ini tidak berhasil, Dia tidak berusaha sedikit pun untuk mengganti salurannya. Dia duduk di sofa dengan ekspresi yang sama menonton Joan Rivers menjajakan barang dagangannya di saluran "saya pikir dia sudah mati.

  • Dia bukanlah tipe seorang remaja yang tidak makan minum selama 10 jam dan mati karena dehidrasi. Saya telah menyimpulkan bahwa Ihoma mungkin menghindari hubungan pribadi karena dia tidak ingin melangkah ke luar dari 'dunianya' atau sofa empuknya yang nyaman.

  • Atau ada masalah lainnya di sini? Apakah saya menggunakan game untuk membesarkan anak saya sementara saya sendiri melakukan hal yang saya sukai di ruangan lain? Dan jawabannya adalah ... yah, mungkin - dalam hal ini, masalahnya dapat dipecahkan. Orang yang perlu beranjak dari sofa empuk itu adalah saya.

  • Saat Ihoma pulang ke rumah dari sekolah hari ini, ada rak yang perlu dicat, dan saya sudah mempersiapkan dua kuas. Mungkin dia harus mengerjakan pekerjaan rumahnya dulu. Kemudian, kami mungkin harus pergi ke mal ...

  • Diterjemahkan dan diadapatasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How to encourage teens to put down the remote and step away from the game” karya Davison Cheney.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Davison Cheney lulus dari Brigham Young University, dimana ia berprestasi dalam studi musik serta pertunjukan teater. Simak tulisan-tulisannya di davisoncheneymegadad.blogspot.com

Bagaimana Mendorong Anak Remaja untuk Meletakkan Remote dan Menjauh dari Video Game

Apakah saya menggunakan game untuk membesarkan anak saya sementara saya sendiri melakukan hal yang saya sukai di ruangan lain? Dan jawabannya adalah ... yah, mungkin - dalam hal ini, masalahnya dapat dipecahkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr