Bersikap benar saat berhadapan dengan kenyataan pahit dalam hidup. Bagaimana caranya?

Kehidupan ini memang seperti drama yang penuh bermacam-macam skenario.

30 views   |   shares
  • Kehidupan ini memang seperti drama yang penuh bermacam-macam skenario. Terkadang kita harus menjalani peran hidup dengan penuh kebahagiaan namun disisi lain mau tidak mau juga menjalani peran hidup yang penuh kesengsaraan dan kepahitan. Kita tidak bisa semaunya memilih untuk selalu berada dalam zona nyaman penuh kebahagiaan. Tak ada seorang pun yang dapat menolak kenyataan pahit yang terjadi dalam hidup ini.

  • Kenyataan pahit bisa menimpa siapa saja, tak ada yang tahu mengapa itu bisa terjadi, yang kita hanya bisa pikirankan mengapa Tuhan setega itu? seolah menghukum kita dengan beban berat. Dibenak kita, Tuhan mungkin sudah tidak sayang dengan kita, atau yang paling parahnya kita malah menyalahkan Tuhan atas kenyataan pahit yang kita alami. Serasa Tuhan tidak berlaku adil dalam hidup ini.

  • Dalam keadaan terpuruk dan terhimpit, sangat susah pastinya kita untuk bersikap benar. Saat berhadapan dengan situasi yang pahit seringkali kita tidak bisa menerimanya dengan ikhlas. Kita hanya bisa mengeluh, memberontak, menyalahkan keadaan, marah, prustasi dan terus berkonfrontasi. Pelajaran menerima kenyataan pahit bagi setiap orang bukanlah hal mudah. Dalam batin ada penolakan yang cukup kuat tuk bisa menerima kenyataan hidup yang menyakitkan itu dengan lapang dada.

  • Kenyataan pahit memang sulit untuk diterima tetapi sadarkah kita itu bukan akhir dari segalanya. Jika kita bisa menghadapinya dengan sikap yang benar, dengan akal sehat yang positif, percayalah kenyataan pahit yang kita alami saat ini suatu waktu akan berubah menjadi kenyataan manis. Lalu, bagaimana caranya kita bisa tetap bersikap benar saat berhadapan dengan kenyataan pahit hidup ini?

  • 1. Bersyukur

  • Mungkin banyak orang akan beranggapan kita aneh ketika dalam keadaan terpuruk, jatuh, tertindas, berduka, bangkrut atau keadaan pahit lainnya yang kita alami namun kita masih bisa mengucap syukur. Tetapi tahukah kita, bersyukur atas apa yang kita terima dalam hidup ini sekalipun itu pahit akan sedikit mengobati luka batin dan kesedihan kita.

  • 2. Jangan mengeluh

  • Mengeluh, protes, bersungut-sungut tidak akan mengubah situasi menjadi lebih baik. Justru dengan mengeluh, beban yang kita rasakan akan semakin berat. Orang yang suka mengeluh lama kelamaan akan menjadi pribadi yang pesimis dan rapuh.

  • 3. Belajar menyesuaikan diri

  • Orang yang bijak dalam menghadapi situasi yang terjepit dan menyedihkan akan belajar menyesuaikan dirinya. Artinya ketika harus berada dititik nol, tak berdaya lagi dan jika semuanya diluar kemampuan, apa boleh buat kita harus bersikap lentur dan berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Tak perlu bersedih tetapi tetaplah berusaha memperbaiki keadaan.

  • Advertisement
  • 4. Tetap tegar dan tenang

  • Keadaan yang kita alami memang sangat mempengaruhi sikap dan reaksi yang akan kita tunjukkan. Apalagi jika diperhadapkan dengan kenyataan pahit, sangat sulit untuk kita bisa santai dan tetap tenang. Namun harus kita sadari bahwa dalam hidup ini kita harus senantiasa selalu bersikap tenang dan tegar karena itulah yang akan menguatkan kita melewati setiap masalah dan kenyataan pahit hidup ini.

  • 5. Ambil hikmahnya

  • Pikirankanlah bahwa setiap keadaan yang sudah ditentukan Tuhan dalam hidup kita semuanya mendatangkan kebaikan. Tidak hanya situasi yang baik-baik saja , situasi yang pahit pun mendatangkan pelajaran yang berharga yang dapat kita ambil hikmahnya. Salah satu hikmah yang dapat kita petik adalah masalah dan kenyataan hidup yang menyakitkan ini mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur atas segala keadaan.

  • 6. Belajar peka terhadap kehidupan orang lain

  • Tuhan sudah mengatur kehidupan masing-masing manusia. Setiap beban hidup yang diberikan Tuhan tidaklah sama satu sama lain. Jadi jangan pernah membandingkan kenyataan pahit yang kita alami dengan orang lain. Mungkin masalah yang kita alami saat ini terasa berat tetapi tanpa kita sadari diluar sana banyak orang yang juga berhadapan dengan kenyataan pahit yang lebih berat dari yang kita alami. So, jangan pernah berpikir bahwa kehidupan kitalah yang paling menderita.

  • Hidup ini selalu memberikan kita kesempatan dan harapan untuk mengubah keadaan kita menjadi lebih baik lagi. Hidup sesulit apapun jika kita bijak dan benar menyikapinya maka niscaya masa depan yang penuh harapan menanti hidup kita.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Bersikap benar saat berhadapan dengan kenyataan pahit dalam hidup. Bagaimana caranya?

Kehidupan ini memang seperti drama yang penuh bermacam-macam skenario.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr