Salah Satu Kunci dalam Hubungan Pernikahan yang Sehat

Mengapa dia melakukan hal itu? Mengapa dia tidak menginginkannya? Perbedaan-perbedaan kecil pendapat Anda dan pasangan Anda akan datang dan pergi terus menerus sepanjang perjalanan sebuah pernikahan.

3,990 views   |   shares
  • Mengapa dia melakukan hal itu? Mengapa dia tidak menginginkannya? Perbedaan-perbedaan kecil pendapat Anda dan pasangan Anda akan datang dan pergi terus menerus sepanjang perjalanan sebuah pernikahan. Kuncinya adalah untuk dapat mengenali mana atau apa yang penting bagi Anda dan pasangan untuk selesaikan bersama, dan mana atau apa yang tidak perlu untuk diperdebatkan.

  • George Washington duduk bersama pasukannya di pinggiran kota New York. Hal tersebut terjadi tahun 1778 dan komandan tertinggi Inggris, Sir Henry Clinton, telah mengambil alih kota yang sekarang di kenal sebagai kota “Big Apple/New York City”.

  • Meskipun George Washington sangat ingin mendapatkan kota New York kembali, dia menunggu – dia tidak menyerang begitu saja hanya karena ada kesempatan. Dia menahan sampai momentum yang tepat datang di mana dia tahu hal tersebut akan mengahantuinya seumur hidup jika dia tidak mengambil tindakan.

  • Sekarang saya berharap Anda tidak menganggap pasangan Anda sebagai “musuh” dan membuat strategi untuk mengalahkannya. Pada waktu tertentu Anda akan menemukan diri Anda menjadi sangat dekat dengan pertempuran tersebut. Sekalipun perbedaan-perbedaan itu datang, hal tersebut bukan berarti inilah bahwa sekarang adalah saat Anda untuk pertempuran atau perdebatan. Sebelum membuat keputusan yang terburu-buru, cobalah untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini di dalam pikiran Anda:

    1. Akankah saya masih akan mengingat masalah ini dalam waktu satu jam?

    2. Akankah saya masih akan mengingat masalah ini dalam waktu 5 tahun?

    3. Apakah ini akan mempengaruhi perasaan terhadap pasangan saya?

    4. Apakah saya menjadi orang yang terlalu mengkritik?

    5. Apakah saya sedang lapar, lelah, stres, secara emosional terkuras atau sedih mengenai sesuatu hal yang lain?

  • Kebanyakan, setelah memikirkan langkah-langkah tersebut, Anda akan menyadari, film apa yang harus ditonton, mengapa dia terlambat menjemput Anda, atau bagaimana dan mengapa dia selalu lama berganti pakaian ketika akan ke luar rumah, semua ini adalah contoh-contoh kekurangan pasangan di mana Anda dapat memberikan kesempatan untuk mengalah, tidak mempermasalahkannya dan untuk menghindari membuat sedih orang orang yang Anda cintai hanya karena sesuatu hal yang sepele.

  • Sayangnya, kita biasanya menyatakan hal ini sudah terlambat. Setelah Anda meluangkan waktu untuk mundur sejenak dan melihat kecilnya permasalahan tersebut, Anda mungkin akan melihat betapa bodohnya karena telah meluncurkan meriam pertempuran kepada pasangan Anda sejak dini. Pernikahan hanya dapat berhasil jika kedua pasangan bersedia untuk memberi dan menerima sedikit demi sedikit.

  • Advertisement
  • Pada waktunya

  • Itu berarti Anda tidak harus selalu menempatkan diri untuk kepentingan orang lain. Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan dalam pernikahan Anda adalah untuk bertahan dengan perasaan yang akan Anda rasakan dan menelannya sebagai sesuatu yang “tidak ada apa-apa.” Jika Anda tidak dapat melalui 5 tahap pertanyaan di atas, itu berarti sesuatu hal yang mungkin perlu untuk dibahas bersama pasangan Anda, namun jika Anda tidak memulainya dari sekarang maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang buruk untuk Anda dan pasangan Anda.

  • Dengan memilih permasalahan atau pertempuran Anda dengan bijaksana dan cermat, pasangan Anda akan dengan mudah mengetahui apa yang paling berarti bagi Anda. Richard Carlson, seorang penulis buku terkenal “Don’t sweat the small stuff” mengatakan “cara yang lebih damai untuk hidup adalah dengan sadar memutuskan pertempuran apa yang layak untuk diperjuangkan dan mana yang lebih baik untuk diabaikan.”

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "One key to a healthy marriage: pick your battles rather than your combat strategy" karya Sarah Petersen.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

I am a content writer for DeseretNews.com in the faith and family sections. I graduated from Brigham Young University with a communications degree, emphasis in journalism, and an editing minor in December 2012. I interned with the New Era magazine and started at Deseret News as an intern in the Mormon Times/ Features section in August 2012.

Salah Satu Kunci dalam Hubungan Pernikahan yang Sehat

Mengapa dia melakukan hal itu? Mengapa dia tidak menginginkannya? Perbedaan-perbedaan kecil pendapat Anda dan pasangan Anda akan datang dan pergi terus menerus sepanjang perjalanan sebuah pernikahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr