Tahun baru, harapan baru. Bagaimana membekali diri dengan optimisme untuk menghadapi tahun 2018?

Ada banyak dari kita melewati sepanjang tahun dengan penuh liku-liku, harapan yang tidak pasti, impian yang tak kunjung datang dan pengalaman-pengalaman yang menyedihkan dan tidak menyenangkan bagi kehidupan kita.

21 views   |   shares
  • Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Tak terasa kita semua berada di penghujung tahun di tahun 2017. Itu artinya tahun yang baru akan segera kita songsong. Melewati hari lepas hari selama hampir satu tahun tentu bukanlah hal tanpa tantangan dan hambatan. Ada banyak dari kita melewati sepanjang tahun dengan penuh liku-liku, harapan yang tidak pasti, impian yang tak kunjung datang dan pengalaman-pengalaman yang menyedihkan dan tidak menyenangkan bagi kehidupan kita.

  • Disatu sisi kehidupan, kita mendapati orang-orang disekitar kita melewati hari-hari mereka dengan penuh kesuksesan dan kebahagiaan. Mereka-reka kehidupan mereka penuh harapan yang pasti. Sedangkan bagi kita, sepanjang tahun ini tidaklah bermakna.

  • Kegagalan dan kesuksesan memang merupakan dua hal yang saling bertolak belakang. Dalam kondisi yang terpuruk sekalipun yang kita hadapi berusahalah untuk tetap bersyukur,optimis dan tak mudah putus asa. Mengakhiri tahun 2017, tetaplah optimis bahwa hari esok akan lebih baik dari hari kemarin.

  • Lalu bagaimana cara kita memaknai tahun baru yang sebentar lagi kita awali?.Tahun baru, tentunya harapan yang baru pula. Yang paling penting mengawali tahun baru harus dengan optimisme yang kuat dan percaya akan diri kita sendiri bahwa kita bisa membangun harapan dan impian yang baru yang belum terealisasi di tahun 2017. Untuk itu setiap kita perlu membekali diri dengan sikap optimis dan didukung dengan semangat yang baru, yang pastinya harus semakin berkobar.

  • Membekali diri dengan optimisme yang kuat adalah kunci keberhasilan kita dalam menghadapi setiap tantangan dan kegagalan yang nantinya menghadang. Kita tidak akan mudah kecewa, sedih, prustasi, menangis, merasa tidak berharga dan terpuruk ketika setiap harapan yang kita bangun tidak sejalan dengan kenyataan yang terjadi. Menghadapi tahun demi tahun dalam hidup ini terkadang kita harus diperhadapkan dengan ujian, jatuh dan bangun. Bahkan mau tidak mau kita harus keluar dari zona nyaman kita. Yang tidak semua orang bisa menerima keadaan seperti itu.

  • Tak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi di tahun yang baru tahun 2018 nanti, namun yang pasti kita harus selalu bersiap dan tak boleh hanya berpangku tangan tanpa memberikan input apa-apa bagi diri kita pribadi maupun lingkungan sekitar kita. Pribadi kita harus dibenahi terlebih dahulu. Jangan menjadi pribadi yang pesimis, yang belum melangkah sudah merasa gagal dan tidak percaya diri. Orang yang optimis dalam hidup nya, dia akan bekerja keras dan berusaha mewujudkan setiap harapan-harapan atau pencapaiannya yang belum diraihnya. Bahkan baginya kegagalan adalah batu loncatan untuk menjadi sukses.

  • Advertisement
  • Membekali diri dengan sikap dan sugesti yang positif akan membangun gairah dan semangat kita untuk terus maju. Dengan menyusun serta merencanakan strategi yang tepat untuk mengubah nasib atau hidup kita lebih baik dan sejahtera di tahun yang akan datang.

  • Yang penting kita garis bawahi, ketika kita membangun harapan yang baru, artinya kita harus mempunyai keyakinan yang kuat, rasa optimis yang besar, tidak apatis, berusaha semaksimal mungkin dan membawa setiap harapan-harapan kita dalam doa kepada Sang Maha Kuasa agar semuanya seturut kehendak Nya.

  • Selamat menyongsong tahun yang baru 2018. Tetap semangat dan terus berkarya!

Bagikan pada teman dan keluarga..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tahun baru, harapan baru. Bagaimana membekali diri dengan optimisme untuk menghadapi tahun 2018?

Ada banyak dari kita melewati sepanjang tahun dengan penuh liku-liku, harapan yang tidak pasti, impian yang tak kunjung datang dan pengalaman-pengalaman yang menyedihkan dan tidak menyenangkan bagi kehidupan kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr