#newyearresolutions

A post shared by ana siop (@ana_siop) on

Mengevaluasi daftar resolusi Anda selama tahun 2017. Ini waktunya!

Tak terasa kita berada diakhir tahun 2017. Tak terasa kita telah melewati satu tahun ini dengan penuh berbagai suka dukanya kehidupan. Banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini.

10 views   |   shares
  • Tak terasa kita berada diakhir tahun 2017. Tak terasa kita telah melewati satu tahun ini dengan penuh berbagai suka dukanya kehidupan. Banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini. Banyak hal yang kita lalui selama sepanjang tahun 2017 ini menjadi pelajaran yang berharga bagi kita.

  • Untuk mengakhiri tahun ini, biasanya banyak orang merayakannya dengan berbagai hiburan, pesta, hura-hura, liburan dan acara spesial lainnya. Seperti menjadi suatu tradisi turun temurun untuk merayakan moment akhir tahun.

  • Tetapi perlu selalu kita ingat, dibalik kemeriahan yang kita rayakan, ada hal penting yang harus kita sikapi bukan hanya sekedar happy-happy saja. Jangan sampai moment pergantian tahun hanya terlewati begitu saja tanpa tujuan yang jelas bagi kehidupan kita di tahun yang baru nanti.

  • Oleh sebab itu mengakhiri tahun ini, marilah kita sama-sama mengevaluasi dan mengintrospeksi diri kita selama tahun 2017 ini. Barangkali sepanjang tahun ini, ada resolusi kita belum tercapai , atau mungkin ada kesalahan yang kita telah lakukan yang ingin kita perbaiki untuk kedepannya. Kita harus mengevaluasi apa yang terjadi baik itu kelebihan atau kekurangan kita.

  • Inilah saatnya kita mengevaluasi daftar resolusi kita selama tahun 2017. Siapa tahu ada komitmen kita di tahun yang lalu untuk mencapai target, cita-cita,harapan, peningkatan, atau hal lainnya yang kita inginkan ditahun ini belum terealisasi. Dan untuk mengetahui perkembangan dari setiap resolusi kita, yang kita perlukan adalah evaluasi. Mengevaluasi diri akan membantu kita mengetahui seberapa baik atau buruknya kita dalam merealisasikan daftar resolusi kita tersebut. Evaluasi layaknya catatan atau penilaian kinerja kita selama ini. Jadi kita bisa menilai diri kita sendiri terhadap hal-hal yang telah kita lakukan selama setahun ini. Dengan begitu kita akan mudah mengetahui apa-apa saja yang masih perlu kita perbaiki dan tingkatkan dalam diri kita.

  • Ingat kembali apa saja daftar resolusi kita ditahun lalu,apakah semuanya sejalan dan terpenuhi?. Jika ada yang belum tercapai, cobalah renungkan kembali mengapa hal itu terjadi, mungkin strategi atau usaha yang kita lakukan kurang dan tidak tepat. Memang dalam dunia ini tidak semua yang kita inginkan ,"harus" terpenuhi. Tetapi setidaknya kita sudah berusaha sekuat tenaga dan berjuang keras mendapatkan setiap keinginan kita. Sertai semuanya dalam doa dan harapan kepada Tuhan yang merencanakan kehidupan kita baik adanya.

  • Tetapi jika resolusi yang kita buat berjalan baik sesuai target kita. Kehidupan kita terjadi peningkatan dalam segala aspek, ingatlah untuk tidak cepat merasa puas dengan hasil yang ada. Berada diatas bukan berarti tidak ada hambatan yang harus kita waspadai, justru PR yang nantinya kita hadapi semakin banyak dan sulit.

  • Advertisement
  • Gunakan moment diakhir tahun ini untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dengan mengkoreksi dan merefleksikan diri. Pakai saat ini untuk merenungkan perjalanan hidup yang telah kita lewati,apakah lebih maju dari tahun sebelumnya atau jangan-jangan justru mengalami kemunduran. Renungkan apakah kita sudah melakukan banyak kebaikan atau jangan-jangan sikap buruk yang dominan kita tunjukkan.

  • Buat daftar pertanyaan yang sebanyak mungkin tentang diri kita selama setahun ini.Dari pertanyaan tersebut,kita dapat menjawab dan menilai pribadi kita sendiri. Jujurlah dan bersikaplah realistis. Jika memang masih banyak kekurangan, kelemahan, dosa atau tanggung jawab yang telah lalai kita lakukan, maka semuanya itu menjadi alasan untuk kita memperbaiki diri.

  • Saat ini waktu yang tepat membenah diri, mempersiapkan tahun yang baru dengan daftar resolusi yang baru, memperbaiki kesalahan, meningkatkan kualitas diri, membuat visi misi hidup yang tepat dan menjalankannya, mengontrol dan mengendalikan diri agar tidak menyimpang dari tujuan hidup kita. Ini bukanlah saatnya untuk acu tak acuh atau mengeluh. Bangun diri dan raih setiap mimpi-mimpi kita.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Mengevaluasi daftar resolusi Anda selama tahun 2017. Ini waktunya!

Tak terasa kita berada diakhir tahun 2017. Tak terasa kita telah melewati satu tahun ini dengan penuh berbagai suka dukanya kehidupan. Banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr