Ketika konsep parenting Anda bertentangan dengan orangtua, apa yang harus dilakukan?

Meski seringkali terjadi pertentangan mengenai gaya parenting Anda dan mereka, sikapi dengan ini!

19 views   |   shares
  • Setiap orang tua tentunya memiliki gaya parenting atau pola asuhnya masing-masing dalam mendidik anak-anaknya. Meskipun lahir dari orang tua yang sama, pola asuh anak antara Anda dan saudara-saudara Anda yang lain mungkin sedikit ada perbedaan. Tak jarang juga ditemui terjadinya perbedaan gaya parenting dengan orang tua Anda sendiri.

  • Gaya pengasuhan orang tua Anda dulu dengan gaya pengasuhan Anda sekarang seringkali tidak sejalan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi. Perubahan zaman yang semakin modern juga ikut andil dalam tidak sejalannya pola asuh Anda dengan orang tua. Aturan-aturan yang dulu orang tua terapkan pada Anda, mungkin sudah tidak berlaku untuk Anda terapkan pada anak-anak Anda sekarang.

  • Kehadiran orang tua ( Kakek nenek atau mertua) dalam keluarga Anda yang baru, pastinya tak bisa dihindari. Bagaimana pun mereka adalah orang yang paling berjasa dalam hidup Anda. Meski seringkali terjadi pertentangan mengenai gaya parenting Anda dan mereka, sikapi dengan cara ini

  • 1. Dengarkan dan berusaha untuk tetap menghargai mereka

  • Banyak pengalaman yang terjadi antara orang tua dan anak saat membahas masalah parenting. Tak sedikit anak yang komplain karena menganggap gaya parenting orang tuanya sudah ketinggalan zaman alias jadul. Dan menganggap cara parenting mereka tidak cocok lagi jika diterapkan pada zaman sekarang. Meski demikian, tak ada salahnya untuk tetap mendengarkan apa kata mereka, meski bertentangan tetap hargai mereka dan biarkan mereka menjelaskan maksud mereka. Jangan sampai berdebat dengan mereka

  • 2. Jangan mudah tersinggung

  • Jika orang tua bersikap keras dan tetap memaksakan kehendak mereka, jangan mudah untuk tersinggung atau langsung memendam amarah kepada mereka. Ada banyak tipe orang tua atau mertua yang terlalu ikut campur dengan pola asuh anaknya sendiri. Ada pertentangan yang harus dihadapi pastinya, ada perbedaan cara yang terpaksa diikuti yang tak jarang menjadi perdebatan antara orang tua zaman dulu dengan sekarang. Banyak orang tua yang merasa berpengalaman dan merasa gaya parenting merekalah yang paling tepat. Namun lebih baik diam dan mengalah untuk sementara waktu.

  • 3. Diskusikan bersama

  • Segala sesuatu yang tidak sepaham perlu didiskusikan bersama agar ada kesepakatan yang bisa diterima kedua belah pihak. Ajak orang tua berdiskusi bersama mengenai gaya parenting yang sudah Anda tetapkan untuk mengasuh anak-anak Anda. Bicarakan mengenai batasan atau sejauh mana orang tua Anda ikut berperan dalam mendidik atau mengasuh anak-anak Anda. Beri pengertian bahwa tidak semua aturan atau cara didik mereka yang dulu bisa diterapkan dalam pola asuh yang sekarang Anda jalani.

  • Advertisement
  • 4. Pilah dan saring pendapat yang sekiranya tepat

  • Ketika gaya parenting Anda bertentangan dengan orang tua bukan berarti pendapat atau cara asuh Andalah yang benar. Bisa jadi pendapat merekalah yang benar. Jangan gengsi untuk menerima pendapat mereka sebagai masukan yang bermanfaat. Bersikaplah dengan bijak, saring pendapat yang sekiranya baik dan tepat untuk Anda terapkan untuk putra putri Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ketika konsep parenting Anda bertentangan dengan orangtua, apa yang harus dilakukan?

Meski seringkali terjadi pertentangan mengenai gaya parenting Anda dan mereka, sikapi dengan ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr