Orang-orang ini sukses berkarier meski tanpa gelar sarjana. Bagaimana caranya?

Bagaimanakah cara mereka meraih kesuksesan meski tak memiliki gelar sarjana?

35 views   |   shares
  • Siapa sih tidak ingin meraih gelar sarjana? Siapa sih tidak ingin menggapai pendidikan setinggi-tingginya?. Saya rasa semua orang yang berpendidikan dan berpikir maju sangat mengharapkan mendapatkan gelar sarjana. Bukan hanya membanggakan tetapi gelar sarjana merupakan pintu untuk menggapai kesuksesan.

  • Tetapi apakah pernah terlintas dalam pikiran Anda bahwa ada banyak orang sukses di dunia ini bisa berhasil tanpa mengenyam pendidikan yang tinggi, seperti Anda F. Noya ( Pimpinan Redaksi Metro TV), John Paul DeJoria (konglomerat asal AS yang terkenal dengan bisnis minumannya) dan masih banyak lagi, bahkan mirisnya lulus Sekolah Dasar saja tidak.

  • Jika diperhadapkan dengan kenyataan, Anda mungkin banyak dipertemukan dengan orang-orang dengan gelar sarjana tinggi tapi hidupnya pas-pasan, karirnya tidak sesukses milyader atau penguasa sukses yang hanya tamat SD, SMP atau SMA saja. Keberuntungan setiap orang berbeda-beda. Jadi gelar sarjana bukan satu-satunya jalan suksesnya seseorang ya?

  • Namun tidak lantas menciutkan cita-cita Anda untuk meraih gelar sarjana loh, bagaimana pun pendidikan yang tinggi sangat penting untuk Anda peroleh. Jika beberapa orang ini sukses dan menjadi milyarder tanpa gelar atau ijazah sarjana, maka jadikanlah perjalanan hidup mereka sebagai motivasi atau batu loncatan agar Anda bisa juga sukses seperti mereka. Bagaimanakah cara mereka meraih kesuksesan meski tak memiliki gelar sarjana?

  • 1. Temukan potensi diri dan eksplor

  • Setiap orang yang pasti memiliki potensi pada bagiannya masing-masing. Orang sukses tahu akan potensi yang dimilikinya dan berani mengeksplorasinya. Temukan keahlian, bakat atau potensi yang membuat Anda jatuh cinta menekuninya. Pengetahuan yang minim bukan menjadi alasan Anda untuk memperoleh pengetahuan dan informasi.

  • 2. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya

  • Justru karena mereka sadar bahwa mereka tidak memiliki ijazah sarjana, mereka berusaha menginvestasikan seluruh waktunya untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Hal itu mereka lakukan agar dapat membangun portofolio yang baik dan cemerlang. Apapun mereka lakukan, mulai dari bekerja serabutan, buruh, bahkan sebagai relawan. Banyak pengalaman akan mengembangkan sayap karir semakin luas.

  • 3. Pantang menyerah dan pekerja keras

  • Siapapun yang ingin meraih kesuksesan harus gigih dan pantang menyerah dalam kondisi jatuh sekalipun. Mereka yang sukses lahir dari kerja keras mereka. Yang bertanggung jawab atas kesuksesan bukan ijazah sarjana yang Anda pegang melainkan prestasi Anda dan semangat untuk bekerja maju.

  • Advertisement
  • 4. Cerdas melihat peluang bisnis

  • Ada banyak milyarder yang sukses dengan usahanya karena ia cermat membaca peluang dan berani terjun pada peluang usaha yang menjadi pilihannya. Banyak peluang usaha yang ada sekarang tidak mengharuskan seseorang harus punya ijazah sarjana dulu. Misalnya menjadi blogger, penulis lepas, desain grafis, selegram atau membuka bisnis rumahan yang berpotensi sukses. Pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang menjadi kreatif dalam berbisnis.

  • 5. Bersaing

  • Kerasnya kehidupan membuat orang-orang sukses tersebut harus mau bersaing. Bersaing dalam hal menciptakan inovasi baru, kreativitas yang berbeda, menjadi unggul dari yang lain untuk merubah nasibnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Orang-orang ini sukses berkarier meski tanpa gelar sarjana. Bagaimana caranya?

Bagaimanakah cara mereka meraih kesuksesan meski tak memiliki gelar sarjana?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr