Pernikahan batal terlaksana? Jangan buru-buru frustasi. Lakukan 7 hal ini segera

Hidup tidak berakhir hanya karena pernikahan gagal. Jangan buru-buru frustasi, segera lakukan 7 hal ini
Jan 08, 2018

17 views   |   shares
  • Apa jadinya bila rencana pernikahan yang telah disusun dengan matang pada akhirnya harus kandas atau dengan kata lain pernikahan tersebut batal dilaksanakan. Sudah dibayangkan betapa sia-sianya pengorbanan yang telah diperjuangkan, betapa hancurnya harapan untuk membina pernikahan yang bahagia dan betapa terlukanya hati dari masing-masing calon mempelai.

  • Benar bila ada pepatah yang menyebutkan manusia hanya bisa berencana namun Tuhanlah yang berkehendak. Artinya apapun dalam dunia ini jika Sang Maha Kuasa tidak berkenan terjadi, maka tidak akan terjadi. Banyaknya kasus yang terjadi dan dialami calon pengantin dengan segala persiapan pernikahannya pada akhirnya tidak jadi juga menikah memang menjadi beban tersendiri. Sederet alasan yang mendasari pernikahan bisa dibatalkan. Entah itu keputusan secara sepihak atau keputusan kedua belah pihak.

  • Namun dibalik apapun alasan pembatalan pernikahan, bagaimana pun ada pihak yang terluka. Peristiwa traumatis tersebut akan menimbulkan emosi negatif yang mendalam. Apalagi bila hubungan yang dijalani sudah terjalin lama, mulai dari masa penjajakan, pacaran, lamaran, tunangan dan satu langkah lagi menuju pelaminan. Masa-masa indah, cinta yang ada dan beribu kenangan yang telah dilalui bersama akan menjadi alasan sulitnya menghadapi kenyataan pahit tersebut.

  • Namun hidup tidak berakhir hanya karena pernikahan gagal. Jangan buru-buru frustasi, segera lakukan 7 hal ini

  • 1. Cari tahu alasannya pembatalan pernikahan

  • Beberapa pasangan akhirnya harus merelakan hubungan mereka tidak dapat dilanjutkan lagi karena satu dan lain hal. Misalanya perselingkuhan/ hadirnya orang ketiga, keluarga besar ternyata tidak merestui pernikahan itu berlangsung, atau ternyata pasangan Anda sesungguhnya telah dijodohkan dengan orang lain sehingga dengan berat hati pernikahan Anda tidak dilanjutkan.

  • 2. Bersyukur atas setiap keadaan

  • Alasan-alasan itulah yang semestinya bisa membuat Anda untuk bersyukur dengan keadaan yang terjadi. Semisal, gagalnya pernikahan karena Anda mendapati calon pendamping hidup Anda sedang menduakan Anda. Situasi demikian harusnya membuat Anda lega karena jika pernikahan Anda tetap terlaksana, Anda akan menjalani hubungan dengan orang yang tidak setia. Terbongkarnya sifat buruk pasangan Anda menjelang pernikahan harusnya bisa membuat Anda lebih bersyukur karena ada rencana Tuhan yang lebih indah dibalik semua yang peristiwa buruk itu.

  • 3. Memaafkan pasangan

  • Memaafkan pasangan memang tidak mudah apalagi alasan pernikahan tersebut harus dibatalkan karena ulah si dia. Tetapi beban yang Anda akan pikul akan semakin berat jika Anda tidak melepaskan maaf. Luka batin Anda mungkin tak akan langsung sembuh, namun memaafkan si dia akan membuat luka batin Anda berangsur-angsur membaik.

  • Advertisement
  • 4. Move on

  • Sedih, kecewa, rasa malu, frustasi, marah, emosi adalah hal yang wajar ketika pernikahan yang Anda nantikan kandas begitu saja. Tapi jangan buat keterpurukan itu berkepanjangan dan berlarut-larut menghantui kehidupan Anda. Memikirkannya hanya akan membuat Anda semakin sakit hati. Berusaha untuk bangkit dan move on. Jangan menutup diri dan menyesali apa yang telah terjadi.

  • 5. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

  • Ada banyak kegiatan dan hal-hal yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa frustasi akibat gagal nikah. Cari kesibukan yang dapat mengalihkan pikiran dan membuat Anda kembali fokus memikirkan hal-hal positif. Buktikan bahwa Anda bisa bangkit dan menjadi orang lebih baik lagi.

  • 6. Berbagi cerita

  • Jangan pernah ragu dan malu untuk berbagi cerita tentang kesedihan dan beban yang sedang Anda alami kepada orang lain yang dapat Anda percaya ( orang tua, saudara atau sahabat). Setidaknya hal itu bisa membuat Anda lebih plong. Perhatian, dukungan dan semangat positif dari orang-orang disekeliling Anda akan membuat diri Anda lebih cepat move on.

  • 7. Dekatkanlah diri pada Tuhan

  • Belajarlah untuk bersyukur dan berterima kasih atas setiap permasalahan dan ujian yang Anda lalui. Bukan karena Tuhan tidak sayang Anda tetapi karena Tuhan ingin memberikan pendamping hidup yang terbaik bagi Anda. Rajin beribadah dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan adalah cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan patah hati

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Pernikahan batal terlaksana? Jangan buru-buru frustasi. Lakukan 7 hal ini segera

Hidup tidak berakhir hanya karena pernikahan gagal. Jangan buru-buru frustasi, segera lakukan 7 hal ini
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr