Kesehatan: 3 bahan makanan aditif ini ternyata berbahaya bagi kesehatan buah hati Anda

Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, namun para ilmuwan sepakat bahwa lemak jahat (Trans Fat) bisa menjadi pembunuh berbahaya yang harus dihindari.

20 views   |   shares
  • Ada banyak jenis bahan makanan yang berkontribusi besar terhadap peningkatan resiko obesitas dan masalah lain yang mengancam kesehatan anak-anak. Namun, tiga di antaranya adalah bahan makanan paling mudah dijumpai dan sering dibeli oleh orangtua - mungkin dikarenakan harga yang cukup murah dan kurangnya pengetahuan orangtua mengenai bahaya apa saja yang dapat ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi produk dari bahan makanan tersebut.

  • Orangtua dan anak-anak juga seringkali dijadikan target manipulasi oleh produsen bahan makanan tidak bertanggungjawab. Produk mereka dipasarkan secara sengaja untuk menarik anak-anak, seperti: Sereal gula, permen dan makanan dengan kemasan berlabel "sehat" lainnya.

  • Solusi untuk melindungi anak-anak dari bahaya terpapar bahan makanan berbahaya adalah dengan terlebih dahulu membaca label yang tertera pada kemasan. Setelah itu orangtua bisa meluangkan sedikit waktu untuk menyelidiki apakah benar kandungan dari bahan makanan yang ada benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau tidak.

  • Mengutip dari laman Livestrong, berikut ini tiga bahan makanan aditif berbahaya yang sebaiknya orangtua harus hindari:

  • 1. Sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi

  • Sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi, sering digunakan sebagai pengganti gula oleh banyak produsen makanan untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan keuntungan mereka. Menurut CDC, pada tahun 1980 sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi ditengarai sebagai penyebab meningkatnya kelebihan berat badan di kalangan anak-anak dan juga remaja di Amerika Serikat. Ditambah lagi, diabetes tipe 2 yang dulu hanya sering dijumpai pada orang dewasa, kini justru banyak diderita oleh kalangan muda-mudi.

  • 2. Minyak goreng dengan kandungan lemak jahat tinggi

  • Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, namun para ilmuwan sepakat bahwa lemak jahat (Trans Fat) bisa menjadi pembunuh berbahaya yang harus dihindari. Menggunakan minyak goreng yang sebagian telah mengalami hidrogenasi adalah cara yang sering digunakan oleh industri makanan untuk meningkatkan daya tahan produk mereka, sehingga mampu meningkatkan keuntungan, tetapi pada gilirannya justru berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Jika buah hati Anda terbiasa mengonsumsi minyak trans, itu dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh mereka. Penyakit berbahaya yang paling sering dijumpai adalah serangan jantung, stroke, darah tinggi dan diabates.

  • Advertisement
  • 3. Kedelai dan isolat kedelai

  • Kedelai sehat berprotein tinggi seakan-akan menjadi solusi makanan sehat dewasa ini. Namun, industri makanan justru kerap menggunakannya sebagai cara untuk menipu konsumen agar dapat mengurangi biaya produksi serta kandungan gizi pada makanan anak-anak khususnya. Kedelai itu sendiri sebetulnya bukan masalah, yang menjadi persoalan adalah bagaimana kedelai telah direkayasa sedemikian rupa secara genetik dan juga kimia agar tahan terhadap serangan hama tanpa membunuh tanaman itu sendiri. Pada gilirannya, secara tidak langsung anak-anak sebagai konsumen akan mengonsumsinya dan dalam jangka panjang itu dapat merugikan kesehatan mereka.

  • Isolat kedelai adalah bahan makanan yang wajib diwaspadai oleh orangtua. Menurut The Soyfoods Association of North America, "Isolat dari protein kedelai adalah bahan makanan berbentuk bubuk kering yang telah dipisahkan atau diisolasi dari komponen lain kedelai." Orangtua dihimbau supaya selalu waspada ketika ingin memberikan makanan berlabel sehat yang terbuat dari isolat kedelai, seperti: Kedelai batangan, suplemen makanan dan sereal kedelai.

  • Catatan: Sekedar informasi kedelai yang tidak melalui fermentasi adalah kedelai "jahat" bagi kesehatan. Kedelai sehat yang telah melalui proses fermentasi, di antaranya: Miso, tempe, tahu dan natto.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kesehatan: 3 bahan makanan aditif ini ternyata berbahaya bagi kesehatan buah hati Anda

Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, namun para ilmuwan sepakat bahwa lemak jahat (Trans Fat) bisa menjadi pembunuh berbahaya yang harus dihindari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr