Biarkan Rumah Memberikan Pelajaran: Bukalah Pintu pada Cara Baru Membesarkan Anak Anda

Cara Anda mengatur dan mendekorasi rumah Anda dapat banyak membantu membesarkan anak Anda. Belajarlah kiat mengenai cara melakukan ini dengan mudah dan berhasil.

1,046 views   |   1 shares
  • Salah satu metode pengajaran favorit saya kepada anak saya adalah dengan menggunakan “Ajaran tak bersuara.” Ini dapat menjadi metode yang sangat luar biasa. Saya yakin pasti Anda penasaran artinya. Ajaran tak bersuara adalah ajaran yang terus terjadi tanpa kata-kata, tanpa tindakan, tanpa ada apa pun yang ditutup-tutupi.

  • Cara yang fantastik untuk menggunakan ajaran tak bersuara adalah lingkungan rumah keluarga. Diceritakan oleh seorang pemuka agama yang mengunjungi seorang ibu yang semua putranya pergi bekerja ke laut lepas. Sang ibu sangat sedih saat menceritakan itu. Namun demikian, si pemuka agama ini tidak dapat membantu tetapi menyadari bahwa di ruang tamu ada gambar besar samudera.

  • Menggunakan lingkungan rumah adalah metode yang sangat jitu. Cobalah untuk meluangkan waktu duduk di berbagai ruangan dan tanyakan “Apa yang saya rasakan di ruangan ini? Apa yang saya pikirkan ketika saya di ruangan ini?” Merenunglah dalam ruangan-ruangan ini dengan pertanyaan ini di benak Anda. Lalu tanyakan “Bagaimana saya bisa menggunakan ruangan ini untuk mengajar anak saya?”

  • Berikut adalah beberapa gagasan untuk memulai:

    • Foto keluarga yang besar – Memajang foto keluarga mengajarkan “Anda adalah bagian dari sesuatu yang besar.” “Anda dikasihi.” “Anda adalah bagian dari kami. Kita adalah satu tim.” Ajaran yang sangat penting.

    • Dinding foto keluarga – Pajanglah foto kakek nenek, orang tua, anak-anak, semua leluhur yang dapat Anda temukan. Apa yang diajar dinding ini? “Di sinilah sejarah dari keluarga kita dan dari Anda, anak-anak. Di sinilah anggota keluarga mencapai gol mereka. Lihat kakek berdiri di antara ladangnya? Lihat ini ayah saat wisuda?”

    • Dinding pencapaian keluarga – Inilah tempat untuk merayakan. Itu dapat berisi benda-benda yang dibuat oleh anak-anak, piala, karya seni, patung buatan ayah, pita penghargaan miliki ibu, piagam anak-anak, dan sebagainya. Pastikan bahwa itu dipajang dengan rapi. Jangan biarkan barang-barang yang tidak penting terpampang di dinding. Tempat ini menjadi sumber kebanggaan dan sukacita bagi keluarga. Pelajaran dari dinding pencapaian keluarga ini akan meluas dari berusaha untuk hasil terbaik sampai pembelajaran bahwa kita semua memiliki bakat. Hal-hal itu ditambahkan untuk mempersatukan keluarga. Hal-hal itu mengajarkan kasih, persetujuan dan kepercayaan diri. Dan lagi, pelajaran yang sangat berharga.

    • Ilham – ini dapat berupa kutipan di dinding, karya seni yang indah, gambar alam, hal-hal yang mengajar dan menginspirasi kita. Kami memiliki kutipan kesukaan ayah saya dari Winston Churchill, “Jangan, jangan, jangan pernah menyerah!” di balik pintu kami. Anak-anak membacanya saat keluar masuk pintu. Kami memiliki karya seni yang mengandung keagamaan di seisi rumah. Anda bisa menggunakan bantal yang berisikan kutipan. Jadilah kreatif.

    • Musik – Sadarilah dampak dari musik pada anak-anak di rumah Anda. Putarlah musik klasik, yang indah, dan yang memberikan inspirasi di rumah Anda. Itu akan menerangi pikiran dan jiwa anak-anak Anda dalam cara yang istimewa.

    • Tempat tidur – Gunakan tempat tidur anak untuk menginspirasi dan memotivasi. Papan tulis adalah tambahan yang bagus. Ketika remaja, ini adalah benda yang penting bagi kami untuk menyampaikan kasih dan pesan kepada mereka. Saya akan menggambar bibir yang besar dan menulis, “Kamu dikasihi!” Kami juga memiliki anak yang membuat gol setiap tahun. Kami mencetaknya di kertas yang bagus dan membingkainya. Kemudian gantunglah di dinding yang menghadap tempat tidur mereka, gol tersebut adalah hal pertama dan terakhir yang akan mereka baca setiap hari. Gunakan tempat tidur mereka untuk menampilkan bakat dan hobi mereka. Mintalah anak-anak untuk memilih orang, kegiatan, atau hal yang mereka senangi dan letakan itu di kamar mereka. Jika dia suka Soekarno? Cetaklah gambar Soekarno beserta kutipan terkenal dari Soekarno dan gantunglah di dinding. Apakah dia suka Pantai? Pajanglah beberapa poster tempat-tempat indah. Banyak inspirasi dapat masuk ke dalam kamar tidur dan itu mengalahkan tokoh kartun yang diusung oleh para pebisnis.

    • Permainan gratis di mana-mana. Ini mencakup selasar rumah yang adalah tempat anak-anak untuk menggambar diri mereka sendiri. Bagaimana dengan kamar mandi? Gambar lucu anak-anak sedang berkumpul yang mengatakan “Cucilah tanganmu. Cucilah mukamu. Anak bersih tinggal di rumah ini.” Hal ini meningkatkan rasa persatuan dan kebersihan. Mengapa tidak mempertimbangkan ruang di atas pintu? Ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk memajang semua mobil-mobilan dari kayu atau hiasan lainnya. Jadilah kreatif.

  • Advertisement
  • Periksalah keseluruhan rumah Anda dengan mata orang tua yang ingin mengajar. Sekarang, jangan gegabah dan meletakkan kertas berisi kutipan di seluruh ruangan! Jadilah selektif. Ide lain untuk memajukan hal hal dalam keluarga Anda. Jika semua hal ada di tempat yang sama, hal itu menjadi kertas dinding. Anak-anak akan terbiasa dengan itu. Menambahkan gambar baru, pindahkan bantal. Tunjukan kepada anak-anak dan biarkan mereka belajar.

  • Rumah Anda dapat menjadi lingkungan hebat yang kaya akan perasaan, ilham, dan ajaran. Anak Anda tidak akan mengetahuinya rumah telah mengajari mereka selama ini.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Let the house do the teaching: Open the door to new ways of raising your children" karya Merrilee Boyack.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Merrilee Boyack is a mom of four sons, grandma to two and an attorney, author, and professional speaker. Email at: maboyack@gmail.com. Website: MerrileeBoyack.com

Biarkan Rumah Memberikan Pelajaran: Bukalah Pintu pada Cara Baru Membesarkan Anak Anda

Cara Anda mengatur dan mendekorasi rumah Anda dapat banyak membantu membesarkan anak Anda. Belajarlah kiat mengenai cara melakukan ini dengan mudah dan berhasil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr