Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga? Lakukan gerakan sederhana ini selama 10 menit sebelum mulai beraktifitas

Sesibuk apapun Anda olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh sebaiknya jangan diabaikan. Jika memang tidak bisa melakukannya pada pagi hari, olahraga dapat dilakukan pada sore atau malam hari ketika semua aktifitas telah selesai dikerjakan.

11 views   |   shares
  • Ditengah kesibukan yang cukup padat seseorang kadang mengabaikan pentingnya olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Cukup beralasan memang, tetapi melihat dampaknya dalam jangka panjang tubuh akan segera merespon dengan munculnya berbagai keluhan, seperti: Letih, lesu, kurang bersemangat, mudah mengantuk, malas, sulit berkonsentrasi, kepala pusing hingga munculnya beragam penyakit berkaitan dengan sistem imun yang menurun.

  • Sesibuk apapun Anda olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh sebaiknya jangan diabaikan. Jika memang tidak bisa melakukannya pada pagi hari, olahraga dapat dilakukan pada sore atau malam hari ketika semua aktifitas telah selesai dikerjakan.

  • Namun demikian, olahraga paling baik memang dilakukan pada pagi hari. Udara yang masih segar, sinar matahari pagi yang hangat dan kondisi tubuh yang rileks setelah berisitrahat menjadi alasannya.

  • Nah, bagi Anda yang sulit melakukan olahraga dipagi hari, berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa, minimal lakukan selama 10 menit setiap hari agar manfaatnya makin terasa.

  • 1. Skipping rope

  • Secara sederhana olahraga skipping disebut juga olahraga lompat tali. Olahraga ini dilakukan dengan bantuan seutas tali yang kemudian diputar sebagai media rintangan ketika kaki melakukan lompatan. Secara teori tidak terlalu sulit mempraktekannya, sekali Anda telah menguasai dasar-dasar olahraga skipping, berbagai macam teknik lompatan akan makin mudah Anda kuasai.

  • 2. Naik turun tangga

  • Membuat tubuh tetap bergerak untuk membakar kalori bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang cara paling sederhana adalah dengan memanfaatkan anak tangga di rumah sebagai media berolahraga. Beragam gerakan naik turun bisa Anda coba lakukan, mulai dari naik turun tangga secara biasa, kemudian berjongkok, hingga menggunakan salah satu kaki secara bergantian.

  • 3. Stretching

  • Stretching atau peregangan bisa Anda lakukan sebelum mulai beraktifitas. Lakukan gerakan mulai dari memutar leher kepala, menekuk kedua lengan tangan serta kaki, melemaskan jari jemari tangan, menggerakan pinggul dan beberapa gerakan sederhana lainnya. Untuk memperoleh manfaat dari gerakan stretching lakukan secara rutin sebelum mulai beraktifitas dan di tengah-tengah mengerjakan pekerjaan yang padat.

  • 4. Push up dan sit up

  • Bagi Anda yang sangat peduli dengan penampilan, khususnya otot tubuh bagian atas dan tengah, push updansit upbisa Anda coba lakukan. Push up bertujuan untuk melatih otot tubuh bagian atas seperti lengan dan bahu. Sedangkan sit up ampuh untuk memperkuat otot dan membakar lemak menumpuk pada bagian perut.

  • Advertisement
  • 5Single balance leg stick

  • Adalah olahraga untuk melatih kesimbangan tubuh dengan berdiri menggunakan satu kaki secara bergantian. Pada posisi awal adalah dengan berdiri tegap dengan tangan berada di samping, setelah itu tekuk lutut kaki kanan dan kemudian angkat setinggi perut dengan kondisi kaki kiri menjinjit, lakukan secara bergantian. Kemudian turunkan kaki dan lakukan posisi kedua dengan membungkukan badan ke arah depan dengan kaki kanan menjulur ke arah belakang. Tahan hingga hitungan ke 8 dan lakukan gerakan ini secara bergantian selama 10 menit.

  • 6. Walking lunge

  • Berdirilah tegap dengan kaki selebar bahu, kemudian lakukan gerakan melangkah di tempat dengan membentuk sudut kaki 90 derajat. Lakukan gerakan naik turun selam 10 menit dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

  • 7. Bridge dan superman back extension

  • Untuk gerakan bridge (jembatan) berbaringlah terlentang di atas lantai. Kemudian tekuk kedua kaki membentuk sudut 45 derajat, setelah itu angkat pinggul hingga rata dengan punggung, lakukan gerakan ini naik turun selama 10 menit. Gerakan berikutnya, superman back extension, yaitu dilakukan dengan tubuh dalam posisi tengkurap. Setelah itu angkat kaki dan kedua tangan ke atas, hingga sejajar satu sama lain. Pada posisi ini biarkan perut bertugas menopang seluruh tubuh, tahan kira-kira selama 2-3 menit dan lakukan gerakan ini minimal sebanyak 10 kali.

  • Nah, demikian beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda coba lakukan ketika waktu untuk berolahraga sangat sedikit. Tentunya masih banyak gerakan lain yang bisa dicoba. Namun, perlu diingat bahwa olahraga yang efektif sebetulnya bukan cara atau mungkin tempatnya, tetapi berapa lama intensitas sebuah gerakan dilakukan. Semakin lama sebuah gerakan dilakukan, tentunya akan membakar banyak kalori dalam tubuh. Selamat mencoba!.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga? Lakukan gerakan sederhana ini selama 10 menit sebelum mulai beraktifitas

Sesibuk apapun Anda olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh sebaiknya jangan diabaikan. Jika memang tidak bisa melakukannya pada pagi hari, olahraga dapat dilakukan pada sore atau malam hari ketika semua aktifitas telah selesai dikerjakan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr