Awas! Tunda olahraga jika Anda tengah dalam 5 kondisi ini

Olah raga yang teratur terbukti dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan.

21 views   |   shares
  • Setiap hari Anda memiliki segudang daftar kegiatan yang harus dilakukan. Namun demikian, biasanya berolah raga adalah salah satu yang terlupakan. Walaupun manfaat olah raga secara umum telah diketahui, sayangnya sebagian besar dari kita tidak melakukannya. Olah raga yang teratur terbukti dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan, antara lain: Serangan jantung, mempertahankan berat badan tetap stabil, kadar kolesterol rendah, mengurangi resiko diabetes tipe 2, dan menjaga tekanan darah tetap normal. Namun AWAS, betapa pun banyaknya faedah dari berolah raga, Anda jangan dulu berolah raga dalam kondisi ini:

  • 1.Flu dan demam

  • Ketika Anda terserang flu, biasanya Anda akan merasakan demam, nyeri tubuh, batuk, kadang juga muntak-muntah. Demam itu sendiri menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang 'memerangi' virus dalam tubuh. Pada sat ini pula tingkat kekebalan tubuh Anda menurun. Oleh sebab itu, janganlah berolah raga. Karena hal ini akan makin menurunkan sistim imun Anda dan makin sulit untuk sembuh dari flu.

  • 2.Terserang ashma akut

  • Penyakit ashma merupakan infeksi saluran pernafasan. Segeralah berhenti berolah raga untuk beberapa hari setelah Anda terserang ashma. Bila dokter telah mengijinkan Anda untuk mulai olah raga lagi, lakukan secara perlahan. Bila Anda merasa susah bernafas, berhentilah dengan segera. Selalu siapkan inhaleruntuk membantu pernafasan di saat darurat.

  • 3.Gegar otak

  • Jika Anda mengalami gegar otak, jangan sekali-kali berolah raga. Gegar otak mempunyai 3 tingkatan, yaitu ringan, sedang dan berat. Pada tingkatan apa pun biasanya penderita akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu, sabarlah menunggu sampai cidera di otak benar-benar sembuh dulu, karena benturan sekecil apa pun bisa berakibat fatal.

  • 4.Rasa nyeri saat olah raga

  • Kadang kita melihat ada orang yang berolah raga lari yang nampak kesakitan, atau tangan yang digendong karena habis cidera. Saat Anda merasakan nyeri, hal ini menandakan ada yang tidak beres dalam tubuh Anda. Walaupun ada pepatah 'No pain no gain -Tanpa rasa nyeri orang tidak bisa unggul', memaksakan diri olah raga dengan menahan rasa nyeri tidak diperbolehkan. Jika dipaksakan akan berakibat lebih parah.

  • 5.Setelah menjalani operasi besar

  • Seorang teman yang baru saja menjalani operasi donor ginjal diberitahu oleh dokter agar tidak berolah raga sampai luka-luka bekas operasi sembuh total. Dokter memperkirakan diperlukan waktu 2-3 bulan untuk mulai olah raga yang ringan-ringan dulu. Bila Anda mengalami operasi besar maka Anda harus hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolah raga kembali.

  • Advertisement
  • Betapa pun banyaknya manfaat olah raga, saat tubuh Anda berada pada kondisi seperti yang disebutkan di atas Anda harus stop. Dalam beberapa kasus, Anda perlu terlebih dahulu kerkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulainya kembali. Oleh sebab itu, berolah ragalah saat tubuh Anda sehat. Idealnya harus dilakukan 30 menit setiap hari.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Awas! Tunda olahraga jika Anda tengah dalam 5 kondisi ini

Olah raga yang teratur terbukti dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr