Perasaan kesepian melanda kehidupan pernikahan Anda, bagaimana menyikapinya?

Membina rumah tangga nyatanya tidak semudah yang diimpikan dan bila merasa kesepian coba cara ini.

22 views   |   shares
  • Dalam setiap prosesi upacara akad nikah selalu kita dengar harapan akan terciptanya kebersamaan, kasih mesra serta saling menghibur dikala duka. Dalam perjalanannya, semua yang indah-indah yang disepakati bersama di awal pernikahan tidak selalu hadir dalam rumah tangga. Membina rumah tangga nyatanya tidak semudah yang diimpikan. Sebuah riset yang dipublikasikan di majalah Journal of Psychophysiology, menyebutkan bahwa pernikahan merupakan salah satu penyebab tekanan sosial, seperti: depresi, permusuhan dan kesepian. Jika kesepian dalam rumah tangga menimpa Anda, cobalah melakukan langkah-langkah ini untuk mengatasinya.

  • 1.Cari akar masalahnya

  • Ketika rasa kesepian menimpa Anda, seringkali dengan cepat Anda menyalahkan pernikahan yang Anda alami. Alih-alih berpikir demikian, luangkan waktu sejenak merenungkan mengapa Anda merasa kesepian? Apakah penyebabnya dari dalam diri Anda sendiri atau berasal dari kondisi pernikahan Anda. Dengan menemukan akar masalahnya, Anda mulai dapat mencari jalan keluarnya.

  • 2.Jangan buru-buru salahkan pasangan

  • Berkubang dalam kesedihan dan membiarkannya berkembang menjadi kemarahan tidak memecahkan masalah, bahkan membuat keadaan lebih parah. Jika Anda merasa ada perbuatan pasangan Anda yang menganggu Anda, kemukakan dengan nada positif. Menyalahkan pasangan karena bekerja terlalu larut malam, tidak memperhatikan atau perbuatan lain yang Anda anggap 'salah' hanya akan membuat tembok pemisah. Lebih baik meminta bantuan untuk mengatasinya daripada menyalahkannya.

  • 3.Bagikan perasaan Anda

  • Setelah Anda dengan itikad positif menemukan penyebab kesepian Anda, bagikan perasaan itu kepada pasangan Anda. Saat ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berbagi perasaan dan masing-masing mencoba saling memahami apa yang sedang dialaminya. Perubahan apa pun dalam hidup termasuk bertambahnya usia dapat mempengaruhi cara berpikir dan sikap seseorang. Oleh sebab itu membina komunikasi yang rutin sangat bermanfaat.

  • 4.Harapan yang berlebihan terhadap pasangan

  • Jika Anda mengharapkan pasangan Anda mengisi semua peran dan kebutuhan Anda, besar kemungkinan Anda akan kecewa. Harapan bahwa pasangan Anda akan menjadi teman, penghibur dikala susah, kekasih, pasangan dalam rumah tangga, membantu pekerjaan di rumah, menjadi guru bagi anak-anak, penata rumah tangga yang handal, sangat mungkin tidak akan bisa dicapai. Alih-alih mengandalkan pasangan Anda melakukan semua itu, bagilah tugas sehingga masing-masing merasa senang melakukannya tanpa membebani diri sendiri maupun pasangan.

  • Advertisement
  • 5.Kembangkan sayapmu

  • Di saat hubungan dengan pasangan dalam kondisi baik dan Anda masih merasa kesepian, mulailah melakukan kegiatan yang dapat membuat Anda sibuk dan berguna. Menyambung silaturahmi dengan teman-teman lama, belajar ketrampilan yang baru, melakukan kegiatan sosial akan dapat mengatasi masalah Anda. Bila ada lebih uang, Anda bisa melakukan perjalanan yang sudah lama Anda impikan bersama teman baik di masa lalu.

  • 5.Jangan takut hidup sendiri

  • Ini adalah bagian tersulit dari semuanya. Cintai diri Anda, dan Anda akan mulai menikmati hari-hari Anda. Berhentilah mengasihani atau menyalahkan diri sendiri karena kesepian Anda, sebab keduanya tidak akan membantu Anda maju dalam kehidupan. Bila Anda belajar hidup sendiri, Anda akan mengenali kemampuan Anda yang tersembunyi dan menghargai kekuatan Anda. Ubahlah penampilan Anda, gunting rambut Anda dengan model baru, pergilah ke salon pijat dan manjakan diri Anda. Buat kreasi baru tata letak di rumah Anda. Berikan sentuhan baru dalam lingkungan rumah Anda. Siapa tahu semua perubahan ini akan menarik perhatian pasangan Anda dan dia akan mengisi kesepian Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Perasaan kesepian melanda kehidupan pernikahan Anda, bagaimana menyikapinya?

Membina rumah tangga nyatanya tidak semudah yang diimpikan dan bila merasa kesepian coba cara ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr