6 Pedoman untuk Menginvestasikan Tabungan Pensiun Anda

Anda harus berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan dari dana investasi agar Anda dapat membiayai hidup dari tabungan Anda untuk jangka waktu yang lama.

1,993 views   |   1 shares
  • Jika Anda berasumsi bahwa Anda akan hidup selama 20 tahun lagi sebelum pensiun dan masa pensiun Anda akan berlangsung selama 20 sampai 30 tahun kemudian (itupun jika Anda masih hidup 20 sampai 30 tahun lagi setelah pensiun), Anda punya 40 sampai 50 tahun untuk membangun kembali keuangan Anda dari naik turunnya investasi yang tak terelakkan. Hal ini dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih jenis investasi.

  • Untuk investasi jangka pendek, resikonya banyak dan pada akhirnya Anda tidak mendapat uang yang Anda butuhkan karena kemerosotan nilai investasi ini.

  • Dengan dana pensiun, strateginya hampir kebalikan dari investasi jangka pendek. Anda perlu mengambil resiko yang cukup banyak untuk mendapatkan keuntungan dana yang cukup banyak supaya Anda dapat membiayai hidup Anda dari tabungan Anda untuk jangka waktu yang sangat panjang. Terus terang saja, tabungan di bank kecil bunganya.

  • Sebelum membicarakan investasi lebih lanjut, harap dipahami bahwa jika Anda tidak bisa tidur di malam hari karena khawatir tentang investasi Anda yang mungkin nilainya jatuh di esok hari, tetaplah pertahankan tabungan Anda di bank. Hanya saja Anda harus pastikan untuk menabung lebih banyak- jauh lebih banyak dari orang yang berani mengambil resiko.

  • Pertimbangkan beberapa pedoman berikut ini dalam menabung untuk dana pensiun:

  • Keragaman adalah kuncinya

  • Menggunakan reksa dana sebagai sarana investasi utama untuk dana pensiun Anda adalah keputusan yang sangat bijak. Setiap dana mempunyai beragam tujuan, tetapi masing-masing dana memiliki gol tersendiri. Jika Anda mengandalkan satu dana untuk semua tabungan pensiun Anda, Anda menaruh resiko terlalu banyak pada satu pengelola dana. Ada baiknya jika Anda menanam investasi di 5-10 dana yang berbeda, dengan pedoman bahwa di saat Anda pensiun, Anda dapat menghasilkan Rp 100.000.000 dengan mudah dari dana yang berbeda-beda itu. Mengelola lebih dari sepuluh dana mungkin tidak membuat diversifikasi lebih efektif - hanya menimbulkan kerumitan.

  • Pilih dana ekuitas berbunga

  • Investasi di dana ekuitas yang berbunga yang diperkirakan akan tumbuh lebih pesat dari saham-saham yang ada di pasar modal, biasanya tidak selalu menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Dana ini cenderung naik cepat sekali-ketika pasaran sedang di atas - dan turun dengan cepat ketika pasaran menurun. Yang kita harapkan adalah dana tabungan Anda dapat berbunga dan berkembang dalam jangka panjang.

  • Pilihlah surat berharga

  • Advertisement
  • Surat berharga adalah salah satu investasi di saham-saham yang, berdasarkan penilaian manajer investasi, nilainya tidak terlalu tinggi di pasaran dan diperkirakan akan meningkat berdasarkan pada kurangnya prestasi pada pasar koreksi. Jenis investasi ini tidak naik turun sesering dana ekuitas berkembang.

  • Pilih dana obligasi swasta jangka panjang

  • Jika Anda agresif, Anda dapat mempertimbangkan dana obligasi "hasil tinggi" di obligasi sampah. Obligasi sampah adalah utang perusahaan yang diperkirakan akan mengalami kesulitan untuk dibayar kembali. Imbal balik dari obligasi ini lebih tinggi secara signifikan, namun kerugian sudah seringkali terjadi. Nilai Dana obligasi "Peringkat Investasi" masih bisa jatuh di pasar modal tergantung dari kedua resiko kredit (risiko karena gagalnya pasar modal) dan risiko suku bunga (resiko harga obligasi turun karena suku bunga naik) tapi resiko naik turunnya investasi ini lebih kecil.

  • Pilih dana obligasi pemerintah jangka menengah

  • Dana obligasi pemerintah jangka menengah berinvestasi di lembaga keuangan pemerintah dan lembaga obligasi yang jatuh temponya kurang dari 10 tahun. Dana ini hampir tidak memiliki risiko kredit, dan risiko suku bunganya pun relatif sederhana, sehingga dapat memberikan bunga yang konsisten dan cukup tinggi.

  • Pilih dana ke lima yang sesuai dengan usia Anda

  • Sekarang Anda dapat memilih dana kelima untuk mengarahkan portfolio anda ke arah yang sesuai. Jika Anda bersedia mengambil resiko dan bisa tidur nyenyak walaupun saham Anda naik turun di pasar modal, Anda mungkin lebih baik berinvestasi dalam dana berisiko untuk membantu meningkatkan hasil portofolio Anda. Ada berbagai dana khusus yang membuat investasi terkonsentrasi di industri, daerah dan negara. Dana ini sering kali naik pesat di satu tahun, tapi tahun berikutnya nilai dana ini bisa jatuh secara dramatis. Tapi sebaliknya, jika Anda tidak bersedia untuk mengambil resiko atau sudah mendekati masa pensiun, Anda mungkin dapat berinvestasi di obligasi pemerintah jangka pendek yang jatuh temponya kurang dari empat tahun dengan suku bunga yang tidak terlalu tinggi dan hampir tidak ada risiko kredit.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “6 guidelines in investing your retirement savings” karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

6 Pedoman untuk Menginvestasikan Tabungan Pensiun Anda

Anda harus berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan dari dana investasi agar Anda dapat membiayai hidup dari tabungan Anda untuk jangka waktu yang lama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr