Melanjutkan studi di saat usia tak lagi muda. Ini yang perlu jadi perimbangan Anda

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, guna menyeimbangkan kehidupan yang sudah dijalani. Berikut 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan untuk berkuliah lagi.
Jan 07, 2018

4 views   |   shares
  • Ilmu pengetahuan di dunia ini tidak ada habisnya. Sehingga tidak ada batasan bagi siapa saja untuk menimba ilmu setinggi-tingginya, sekalipun diusia yang tidak lagi muda. Bagi seseorang yang sudah berusia diatas 30 tahun. Kembali berkuliah tidak semudah saat masih muda. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, guna menyeimbangkan kehidupan yang sudah dijalani. Berikut 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan untuk berkuliah lagi.

  • 1.Alasan

  • Diusia yang sudah matang. Anda pastinya sudah memiliki karir, keluarga yang perlu Anda nafkahi, atau anak-anak yang perlu Anda asuh. Pertimbangkan alasan terbesar mengapa Anda ingin kuliah lagi. Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah ini yang benar-benar Anda butuhkan? Apakah ini akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik? Apakah ini adalah bagian dari mimpi Anda selama ini? Jika menurut Anda alasannya sudah jelas. Barulah mengambil kemputusan itu.

  • 2.Keseimbangan karir

  • Jika tujuan Anda kuliah salah satunya adalah demi meningkatkan karir Anda tidak apa untuk kembali berkuliah. Namun jika alasannya tidak berkaitan dengan karir Anda sebaiknya Anda harus mempertimbangkan hal itu. Karena untuk kembali berkuliah waktu Anda akan tersita banyak. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik antara karir dan kuliah Anda, maka karir Anda bisa terganggu.

  • 3.Dana

  • Untuk kuliah lagi pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Masalah dana adalah hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah lagi. Apalagi bagi Anda yang memiliki keluarga yang perlu dinafkahi, cicilan rumah, cicilan mobil, membiayai sekolah anak dan lainnya. Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup atau mengorbankan yang lain demi kembali berkuliah. Pastinya akan menjadi masalah baru dalam kehidupan Anda nanti. Jangan kuliah lagi, jika Anda tidak memiliki cukup dana. Kecuali Anda mendapatkan beasiswa penuh dan Anda masih bisa membiayai kebutuhan Anda dan keluarga seperti biasa.

  • 4.Pendapat keluarga

  • Sebelum memutuskan untuk kuliah lagi. Sebaiknya tanyakan pendapat keluarga Anda. Pendapat pasangan, orang tua dan anak-anak adalah terpenting. Karena mereka adalah orang yang dapat Anda percaya ketika Anda ingin mengambil keputusan terbesar dalam hidup Anda. Mereka jugalah yang paling mengerti kebutuhan Anda. Dan pastinya, jika itu demi kebaikan Anda, keluarga Anda pasti akan mendukung dan membantu Anda atas pilihan yang Anda buat.

  • 5.Kesehatan

  • Kerja sambil kuliah tidaklah mudah. Selain berkorban waktu, Anda juga pasti mengorbankan banyak tenaga. Kesehatan adalah yang terpenting. Jika Anda tidak sehat maka Anda tidak dapat melakukan apapun. Sehingga sebaiknya pertimbangkan kesehatan Anda juga sebelum Anda memutuskan untuk kuliah kembali. Terutama bagi Anda yang memiliki fisin yang lemah dan mudah sakit. Sebaiknya jangan paksakan diri Anda untuk kuliah lagi jika itu akan membebani kesehatan Anda.

  • Advertisement
  • Kuliah lagi tidak masalah. Namun Anda harus seimbang dan yakin dapat melakukannya tanpa menggangu kehidupan Anda yang sedang Anda jalani saat ini. Dan pertimbangkan 5 hal diatas sebelum mengambil keputusan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Melanjutkan studi di saat usia tak lagi muda. Ini yang perlu jadi perimbangan Anda

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, guna menyeimbangkan kehidupan yang sudah dijalani. Berikut 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan untuk berkuliah lagi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr