Mempersiapkan anak menyongsong tahun ajaran baru

Berikut adalah hal-hal yang telah saya pelajari tentang mempersiapkan anak-anak untuk tahun ajaran baru.

815 views   |   0 shares
  • Hari pertama sekolah di rumah kami pada tahun ajaran baru ini berlangsung seperti ini: Putra pertama kami terus tidur meskipun jam wekernya sudah berbunyi cukup lama, sehingga dia hanya punya waktu 15 menit untuk sarapan, mandi dan mengenakan seragamnya. Putra kedua kami sepertinya agak tersesat dalam perjalanannya ke sekolah.

  • Itu adalah hari pertama sekolah yang penuh kekacauan yang sebenarnya berawal dari sehari sebelumnya. Kami tergesa-gesa membeli seragam sekolah baru, potong rambut, dan mempersiapkan anak-anak untuk bersekolah esok harinya. Selama liburan, saya hanya bermalas-malasan dan saya patut mendapatkan nilai buruk karena gagal bersiap untuk tahun ajaran baru.

  • Berikut adalah hal-hal yang telah saya pelajari tentang mempersiapkan anak-anak untuk tahun ajaran baru:

    • Antarlah anak Anda ke sekolah barunya atau kelas barunya sehari atau beberapa hari sebelum sekolah dimulai. Jika anak Anda menerima loker, pastikan loker dan kuncinya bekerja dengan baik. Ingatkan anak Anda jadwal mata pelajarannya. Anak Anda akan merasa percaya diri di hari pertama bersekolah.

    • Bagi Anda yang masih punya anak SD, ajaklah anak Anda ikut pertemuan dengan guru dan tur keliling sekolah untuk menghilangkan kegelisahan mereka. Itu juga akan memberi Anda peluang untuk membahas hal-hal penting atau memberitahu guru tentang anak Anda.

    • Belilah seragam dan sepatu baru, satu ukuran lebih besar, dari jauh hari. Atau paling tidak, sebulan sebelumnya. Ini lebih baik daripada terlambat membeli dan Anda kehabisan seragam atau sepatu dengan ukuran yang tepat.

    • Semua surat dari sekolah yang selama ini Anda abaikan? Bacalah semuanya. Saya punya seorang teman yang anaknya terlambat masuk sekolah selama seminggu karena dia tidak tahu kapan hari pertama sekolah.

    • Jadwalkan potong rambut seminggu sebelum hari pertama sekolah. Jadi, jika potongan rambut anak Anda agak aneh, Anda dapat mulai menyiasatinya, dan rambutnya akan mulai tumbuh sebelum masuk sekolah.

    • Belilah alat tulis sekolah (buku tulis, pensil, pulpen) ketika sedang diskon, tetapi jangan menebak-nebak membeli keperluan spesifik anak Anda (buku pelajaran, LKS, kalkulator) sampai gurunya memberitahu apa saja yang diperlukan.

    • Ambillah foto anak Anda di depan rumah setiap awal tahun ajaran baru. Sangat menyenangkan melihat foto-foto ini dan mengingat penampilan mereka dan betapa cepatnya mereka tumbuh dewasa.

    • Maklumilah kerewelan dari anak-anak Anda selama 1-2 minggu pertama sekolah. Emosi mereka naik-turun selama masa baru ini – terutama pada anak lelaki. Transisi ke jadwal mata pelajaran baru, guru baru, teman-teman baru, dan ruang kelas baru sangat mempengaruhi anak-anak, jadi bersabarlah.

    • Ucapkan “Saya sayang kamu” kepada anak Anda setiap pagi sebelum dia pergi ke sekolah. Bahkan di pagi hari yang paling sibuk, sedikit ungkapan kasih dan dukungan Anda kepada anak-anak adalah awal dari hari yang indah bagi Anda sekeluarga.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Preparing your child for a new school year: Think ahead, and know what to expect" karya Megan Gladwell.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

Mempersiapkan anak menyongsong tahun ajaran baru

Berikut adalah hal-hal yang telah saya pelajari tentang mempersiapkan anak-anak untuk tahun ajaran baru.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr