6 hal yang perlu wanita perhatikan saat meng-kritik pasangannya

Nah agar kritikan Anda bisa diterima baik oleh pasangan ( pria ) maka 6 hal ini perlu wanita perhatikan.

23 views   |   shares
  • Dalam suatu hubungan baik itu hubungan kekasih atau hubungan suami istri, tak terlepas dari yang namanya kesalahan, kekeliruan dan kesalahan pahaman yang dilakukan oleh Anda sendiri ataupun oleh pasangan Anda. Sehingga ketika kesalahan itu muncul, tak jarang muncul kritikan untuk mengkomplain kesalahan atau kekurangan yang dilakukan Anda ataupun pasangan Anda.

  • Memberikan kritik sebenarnya adalah suatu tindakan yang baik karena dengan kritikan seseorang dapat menyadari kesalahan atau kelemahannya sehingga menjadi evaluasi agar kedepannya kesalahan tersebut tidak terulang lagi. Saat pasangan Anda salah, kewajiban Anda untuk menegur atau mengkritiknya. Tetapi seringkali Anda (wanita) tidak menyadari bahwa dalam mengutarakan kritikan pada pasangan (pria), Anda perlu hati-hati, pasalnya jika penyampaian kritik dan saran itu salah, maka maksud baik Anda dapat disalahkan artikan oleh pasangan dan akhirnya menimbulkan pertengkaran.

  • Nah agar kritikan Anda bisa diterima baik oleh pasangan ( pria ) maka 6 hal ini perlu wanita perhatikan

  • 1. Sadari kedudukan Anda dalam hubungan

  • Dalam suatu hubungan apalagi dalam hubungan suami istri, kedudukan suami berada di atas. Sebagai kepala keluarga, dia adalah pemimpin. Sebagai wanita, Anda harus memahami hal tersebut dan menghormati pemimpin Anda. Lalu muncul pertanyaan, jika suami salah apa istri tidak boleh mengkritik. Jawabannya, tentu tidak, pemimpin jika salah harus dikritik. Namun ada aturannya.

  • 2. Pilih waktu yang tepat

  • Mengkritik juga punya timing loh. Moment yang pas akan mempengaruhi seberapa besar kritikan Anda bisa diterima oleh pasangan Anda. Kritikan dan saran Anda bisa menjadi sia-sia malah tidak didengarkan jika Anda menyampaikan disaat yang tidak tepat. Carilah waktu yang sedikit santai, lihat apakah pasangan Anda tidak dalam keadaan sibuk, tertekan atau sedang dilanda masalah. Tunggu saat keadaannya tenang, biar apa yang akan Anda diskusikan sama-sama membuat Anda dan pasangan nyaman.

  • 3. Gunakan bahasa yang sopan dan perhatikankan intonasi bicara Anda

  • Karena apa yang hendak Anda utarakan adalah sebuah pembicaraan yang sensitif dan kemungkinan bisa membuat pasangan Anda tersinggung maka Anda harus sangat berhati-hati, kata per kata, kalimat per kalimat, bahasa dan intonasi yang keluar dari mulut Anda harus Anda perhatikan supaya tidak kritikan tersebut tidak menjadi hal mengejutkan bagi pasangan Anda.

  • 4. Perhatikan juga tempatnya

  • Usahakan untuk tidak mengkritik pasangan Anda ditempat yang ramai/tempat umum karena hal tersebut akan membuat pasangan Anda malu. Namanya juga pria, harga diri atau rasa gengsinya cukup besar apalagi dihadapan teman-teman, keluarga dan orang lain. Oleh sebab itu jangan menjatuhkan harga dirinya dengan membongkar kesalahan, kekurangan atau kelemahannya didepan orang lain. Tindakan itu sangat menyakitkan perasaannya.

  • Advertisement
  • 5. Kritikan yang disampaikan harus disertakan dengan alasan-alasan yang tepat

  • Jangan sampai Anda hanya menebak-nebak, berasumsi sendiri sehingga pikiran negatif itu muncul dan asal kritik tanpa pembuktian yang jelas tanpa mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya. Karena jika kritik Anda mengada-ada dan tidak masuk akal, maka dengan sangat mudah pasangan Anda membantah atau parahnya lagi hubungan Anda menjadi tidak menyenangkan lagi.

  • 6. Kritikan yang membangun

  • Mengkritik yang benar bukan dengan menyudutkan, menuduh, merendahkan, menghina, atau melecehkan pasangan Anda. Makna dari kritikan adalah untuk memperbaiki kesalahan untuk itu isi dari kritikan harus bersifat positif dan membangun bukan untuk menjatuhkan pasangan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

6 hal yang perlu wanita perhatikan saat meng-kritik pasangannya

Nah agar kritikan Anda bisa diterima baik oleh pasangan ( pria ) maka 6 hal ini perlu wanita perhatikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr