Membawa Bekal Yuk, Nak!

Mungkin memang terlihat sedikit merepotkan. Tetapi dibanding dengan risiko dari kebiasaan jajan makanan yang kita tidak tahu pasti kandungan gizi dan bahkan kebersihannya, membuatkan bekal untuk anak kita sangat sepadan untuk dilakukan.

1,677 views   |   shares
  • Kita sering sekali melihat tayangan di televisi atau membaca di majalah dan koran tentang maraknya jajanan makanan yang tidak sehat. Bahkan ada salah satu acara di televisi yang menelusuri tentang digunakannya pewarna pakaian dan pengawet yang berlebihan dalam proses pembuatan jajanan yang dijajakan di sekolah-sekolah. Yang lebih mengerikan di liputan itu juga dijabarkan tentang efek samping mengonsumsi makanan yang menggunakan zat-zat tambahan yang bahkan bukan diperuntukan makanan. Efek yang dijabarkan membuat pemirsa bergidik. Zat-zat yang tidak sehat itu kalau terus-menerus dikonsumsi bahkan bisa mengakibatkan kematian.

  • Bahkan kalaupun banyak jajanan yang dibuat dengan benar tanpa memakai zat-zat yang bukan untuk makanan seperti pewarna kain misalnya, tetap saja kita tidak bisa menjamin makanan itu sama sekali bebas dari zat-zat yang tidak baik untuk tubuh. Semisal jajanan goreng-gorengan, banyak penjual yang memakai tambahan MSG untuk membuat rasa makanan lebih sedap. Dan kita tahu efek negatif MSG bisa menyebabkan kerusakan otak bahkan kanker. Belum lagi kandungan gizi yang terdapat dalam jajanan itu. Biasanya anak-anak cenderung menyukai jajanan yang tergolong yang tidak memiliki gizi yang seimbang. Oh, jangan lupakan juga faktor kebersihan yang belum tentu terjamin. Banyak penjual makanan yang bahkan tidak mau repot-repot untuk mencuci tangan atau memakai penjepit makanan ketika mengambil makanan.

  • Oleh karena itu, salah satu solusi untuk menghindarkan anak kita dari kebiasaan jajan makanan yang tidak sehat, adalah dengan membuatkan bekal untuk dia bawa ke sekolah. Bekal tersebut tidak harus berupa nasi atau makan berat. Bekal sekolah bisa bervariasi. Atau kalau anak kita bersekolah sampai sore, kita bisa membekalinya dengan dua macam bekal, bekal makan siang dan bekal camilan. Tunggu, jangan terburu-buru mengeluh dan berpikir bahwa itu hal yang merepotkan. Memang kita harus menyiapkannya bekal itu di pagi hari. Dan memang itu terlihat akan sangat merepotkan mengingat kita juga masih harus menyiapkan anak kita untuk berangkat sekolah. Tetapi sesungguhnya kalau kita bisa mengatur dengan baik, menyiapkan bekal sekolah tidak akan menyita banyak waktu. Sebagai contoh, jika kita ingin membuatkan bekal berupa nasi, sayur dan lauk pauk, kita bisa menyiapkan bahan-bahan untuk memasak sayur dan lauknya di hari sebelumnya dan menyimpannya di kulkas. Dan di pagi harinya kita tinggal memasak, dan itu tidak akan memerlukan lebih dari 15 menit. Atau jika kita ingin membawakan makanan camilan, bisa juga kita siapkan sehari sebelumnya. Sebagai contoh jika kita ingin membuat kue, kita bisa membuatnya sehari sebelumnya, di siang hari ketika kita tidak dikejar waktu lalu menyimpannya di wadah tertutup. Yang perlu diingat adalah buatlah bekal yang sederhana, yang tidak rumit cara pembuatannya.

  • Advertisement
  • Perlu diingat juga, kita hendaknya jangan memberi bekal makanan yang masih asing untuk lidah anak kita. Yang ada justru si anak tidak akan memakan bekal itu dan tetap membeli jajanan di sekolah. Atau kalau Anda tidak memberinya uang saku karena tidak ingin dia jajan di luar, maka dia akan kelaparan. Bekal bukan cara yang tepat untuk mengenalkan makanan baru kepada anak. Kenalkan makanan baru ketika si anak berada di rumah, jadi jika tidak suka atau belum terbiasa dia memiliki pilihan makanan lain. Atau kalau Anda memang ingin mengenalkan makanan baru melalui bekal, maka pastikan bekal anak Anda bervariasi atau paling tidak ada dua macam, sehingga jika anak tidak suka dan tidak mau makan makanan barunya, dia masih memiliki makanan lain yang sudah akrab di lidahnya. Jika Anda merasa tidak memiliki banyak ide tentang makanan apa yang sederhana pembuatannya dan bisa menjadi bekal, sekarang banyak majalah dan tabloid wanita yang menyediakan resep bekal sekolah. Anda juga bisa mencari di internet. Sekarang banyak sekali situs yang khusus berisi berbagai macam resep makanan. Semakin variatif bekal yang kita buat semakin si anak tidak cepat bosan dengan bekalnya.

  • Mungkin memang terlihat sedikit merepotkan. Tetapi dibanding dengan resiko dari kebiasaan jajan makanan yang kita tidak tahu pasti kandungan gizi dan bahkan kebersihannya, percayalah kerepotan itu sepadan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Membawa Bekal Yuk, Nak!

Mungkin memang terlihat sedikit merepotkan. Tetapi dibanding dengan risiko dari kebiasaan jajan makanan yang kita tidak tahu pasti kandungan gizi dan bahkan kebersihannya, membuatkan bekal untuk anak kita sangat sepadan untuk dilakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr