Ketika tidak sependapat dengan orangtua. Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Adu argumen dengan orang tua akan dianggap anak tidak nurut. Serba salah memang tapi inilah yang harus kita lakukan sebagai anak ketika tidak sependapat dengan orang tua

21 views   |   shares
  • Tidak dipungkiri, pengaruh orang tua dalam kehidupan anak sangat besar. Bagaimana tidak, tanpa orang tua anak tak akan bisa hadir di dunia ini. Tanpa cinta dan kasih sayang orang tua, bagaimana anak melewati hari-hari ini. Orang tua lah yang melahirkan, merawat dan membesarkan anak hingga dewasa. Mencukupi segala kebutuhan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Bahkan orang tua rela mengorbankan nyawanya untuk keselamatan dan kebahagiaan anaknya.

  • Jadi sudah sewajarnya, kita sebagai anak menghormati dan berbakti kepada mereka sebagaimana mestinya. Berbakti dan menghormati orang tua sebenarnya tidaklah sulit. Salah satunya mau mendengarkan nasehat orang tua. Tapi permasalahannya tidak semua pendapat orang tua bisa diterima dan berkenan di hati anak, yang akhirnya timbul beda pendapat antara orang tua dan anak.

  • Saat beda pendapat terjadi biasanya aka timbul perselisihan atau ketidaknyamanan diantara orang tua dan anak. Biasanya pihak anaklah yang tersudutkan, karena menentang pendapat orang tua akan dianggap tidak menghormati mereka. Adu argumen dengan orang tua akan dianggap anak tidak nurut. Serba salah memang tapi inilah yang harus kita lakukan sebagai anak ketika tidak sependapat dengan orang tua

  • 1. Cobalah untuk mendengarkan

  • Meskipun pendapat orang tua berseberangan dengan pemikiran kita, cobalah untuk tetap mendengarkan dengan baik dan jangan coba untuk menyelanya atu memotongnya. Membantah mereka secara langsung sama saja kita tidak menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kita kepada mereka. Setelah selesai mendengarkan, barulah kita bisa mengutarakan pendapat dari pemikiran kita sendiri.

  • 2. Ambil nasehat yang sekiranya berguna bagi kita

  • Meskipun pendapat orang tua seringkali berlawanan dengan pendapat kita. Harus diakui terkadang pendapat mereka ada benarnya juga dan jangan gengsi untuk mengakuinya. Jika pendapat orang tua sekiranya merupakan nasehat yang baik untuk kita maka jangan ragu setuju dengan pendapat mereka. Karena pada dasarnya semua orang tua tentu memberikan pendapat, masukan atau nasehat yang terbaik bagi anak-anaknya meskipun baik untuk orang tua belum tentu baik bagi anak. Yang jelas orang tua tidak akan menjerumuskan anaknya pada arahan atau nasehat yang salah.

  • 3. Sabar

  • Menghadapi situasi dimana terjadi beda argumen dengan orang tua biasa akan muncul rasa kesal dalam hati kita. Jangan sekali-kali menunjukkan perilaku atau kata-kata yang tidak sopan dan berusahalah untuk sabar sekalipun orang tua masih ngotot dengan pendiriannya dan belum bisa menerima koreksi atau pendapat kita, tetaplah bersabar.

  • Advertisement
  • 4. Bicara dari hati ke hati

  • Ketika orang tua selesai mengutarakan pendapatnya, minta juga orang tua untuk mau mendengarkan pendapat kita. Bicarakan secara jujur, apa adanya dan jelaskan juga pertimbangan kita mengapa pendapat kita juga perlu didengarkan. Mungkin saja dari penjelasan dan pertimbangan yang kita utarakan, orang tua bisa memaklumi dan mulai menghormati pendapat kita.

  • 5. Coba bicarakan kembali dilain waktu

  • Jika masih belum ada titik temu dan masing-masing masih Kokoh pada pendapatnya. Cobalah untuk mengambil jeda dan waktu untuk masing-masing saling introspeksi diri. Jika keadaan sudah kondusif, ambillah waktu untuk berdiskusi bersama bagaimana menyelesaikan perbedaan pendapat yang masih belum ada penyelesaiannya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Ketika tidak sependapat dengan orangtua. Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Adu argumen dengan orang tua akan dianggap anak tidak nurut. Serba salah memang tapi inilah yang harus kita lakukan sebagai anak ketika tidak sependapat dengan orang tua
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr