Lakukan ini ketika jalan hidup Anda tidak sesuai dengan harapan

Kegagalan - kegagalan dalam hidup tak khayal membuat kita kecewa, marah, menderita dan sedih. Hadapi kegagalan Anda dengan ini!

51 views   |   shares
  • Dalam hidup ini manusia memang bisa berencana, berusaha sesuai harapan dan mimpinya, tetapi kadang kala setiap harapan itu melenceng dari perkiraan manusia. Meskipun dalam hati sudah sangat yakin dengan rencana hidup yang nantinya akan berjalan lancar dan berhasil, namun kapan pun Tuhan berkehendak, Ia bisa memutarbalikkan keadaan kita. Sekeras apapun usaha kita tetapi jika takdir kita berkata lain, kita tidak bisa melawannya.

  • Tak sedikit dari kita tentunya pernah mengalami kejadian seperti itu, dimana kenyataan hidup yang harus kita jalani bertolak belakang dengan harapan kita. Seringkali kita berharap setiap aspek dalam kehidupan kita penuh keberhasilan, kesuksesan dan kebahagiaan. Entah itu dalam jodoh, kesehatan, pekerjaan, bisnis, masa depan, keluarga atau pernikahan kita. Tapi yang terjadi kita justru mengalami penderitaan, kejatuhan, perpecahan dan kegagalan.

  • Kegagalan - kegagalan dalam hidup tak khayal membuat kita kecewa, marah, menderita dan sedih. Apalagi jika kegagalan tersebut datangnya tak terduga dan sangat tiba-tiba diluar prediksi kita. Sungguh sangat menyakitkan hati.

  • Nah saat kegagalan itu ada menghampiri kehidupan kita, hadapi dengan 6 cara berikut

  • 1. Ikhlas dan mengucap syukurlah

  • Ketika kita mampu mengucapkan syukur dalam keadaan gagal sekalipun, kita adalah orang yang kuat menghadapi tantangan. Berusaha untuk ikhlas dengan apa yang menimpa kehidupan kita akan membuat hati kita menjadi lebih tenang. Hati yang ikhlas tidak mudah diintimidasi dengan Kekecewaan. Justru ketika kita bisa mengucap syukur dan ikhlas dalam kegagalan hidup, kita akan terdorong untuk bangkit dan berjuang kembali.

  • 2. Berpikir positif

  • Pikiran-pikiran negatif yang muncul saat kenyataan hidup tak sebanding dengan harapan kita tentunya akan mendominasi pikiran kita. Cobalah untuk mendoktrin pikiran kita dengan hal-hal yang positif. Tanamkan dalam pikiran dan jiwa kita bahwa apa yang kita anggap baik mungkin kedepannya akan memperburuk kehidupan kita. Percayalah bahwa kegagalan yang Tuhan ijinkan terjadi adalah satu-satunya cara agar kita bisa melihat jalan lain yang lebih baik untuk kehidupan kita kelak.

  • 3. Jangan tinggal diam, tetaplah bekerja keras

  • Jangan putus asa karena kegagalan yang kita alami. Kegagalan hanya kerikil-kerikil hidup yang harus kita lalui sepanjang perjalanan hidup ini. Kegagalan bukan alasan kita untuk berhenti atau kembali lagi digaris start. Justru kegagalan adalah batu loncatan untuk kita meraih kesuksesan dan mimpi kita. Meraih kesuksesan memang tidak mudah, untuk itu kita harus tetap berusaha dan bekerja keras. Ingatlah jerih payahnya tidak akan sia-sia.

  • Advertisement
  • 4. Stop mengeluh

  • Karena kegagalan bukan pilihan kita jadi kita tidak perlu kecewa dengan diri kita. Semuanya sudah jalan dan nasib kita. Mengeluh,protes dan berkeluh kesah tidak akan merubah nasib menjadi lebih baik. Justru dengan mengeluh kita akan kehilangan harapan kita.

  • 5. Lihatlah masih banyak orang diluar sana yang lebih gagal

  • Jika kita pikir bahwa kegagalan dan penderitaan kita yang paling mengecewakan dan menyedihkan di dunia ini. Maka mulai saat ini keluarlah dan lihatlah sekeliling kita karena selalu ada orang lain yang lebih menderita dari kita. Dengan begitu akan membuka mata batin dan pikiran kita bahwa sebenarnya kita jauh lebih beruntung dari orang lain.

  • 6. Semakin dekat dengan Sang Maha Kuasa

  • Jika beban kita terasa begitu berat dan kegagalan yang harus kita hadapi sangat sulit kita terima. Maka datanglah pada Tuhan. Serahkanlah semua kekhawatiran dan ketakutan kita ini pada Sang Maha Kuasa. Ingatlah lah bahwa ada hikmah dibalik semua masalah yang kita hadapi.

  • Tapi satu yang pasti harus kita yakini, ketika jalan kehidupan kita tak sesuai harapan itu artinya hidup kita sedang berada dibawah dan roda kehidupan akan terus berputar. Suatu saat kita bisa berada diatas jika kita berusaha untuk berputar dan tidak tinggal diam saja. Jika sekarang kita gagal, percaya bsok kita akan berhasil asal ada niat, usaha dan doa yang menyertai.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Lakukan ini ketika jalan hidup Anda tidak sesuai dengan harapan

Kegagalan - kegagalan dalam hidup tak khayal membuat kita kecewa, marah, menderita dan sedih. Hadapi kegagalan Anda dengan ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr