10 Cara Membina Hubungan dengan Cucu

Bantulah cucu-cucu kita untuk merasa menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, namun tetaplah pertahankan peran antara orang dewasa dan anak-anak.

261 views   |   shares
    1. Bermainlah Ular Tangga, merosot dari ular yang panjang atau menaiki tangga dengan teriakan gembira. Tidak menjadi soal apakah kita atau cucu kita yang menang atau kalah. Permainan yang mengundang gelak tawa dan persaingan sehat membuat kita lebih dekat dengan cucu. Semua itu membutuhkan kesabaran dan kerelaan yang berarti kasih sayang.

    2. Cucu berusia remaja mungkin lebih suka bersaing membeli tanah atau hotel dalam permainan Monopoli. Mereka senang bisa mengalahkan kakek atau neneknya dengan memiliki rumah lebih banyak. Jenis permainan seperti ini menghadirkan tawa dan mengikat jalinan yang kuat di antara kita dan cucu.

    3. Tunjukkan foto anak-anak kita semasa kecil kepada cucu-cucu kita. Sementara itu ceritakan pengalaman ayah atau ibu mereka sewaktu kanak-kanak. Cucu-cucu saya senang mendengar cerita ini: Waktu ayah mereka masih kecil dia memanjat pagar rumah kosong karena anak anjingnya masuk melalui celah pagar. Waktu keluar tangannya tergores ujung besi pagar yang tajam seperti tombak. Akibatnya dia harus dibawa ke dokter untuk menjahit tangannya yang berdarah.

    4. Tertawalah bersama mereka, dengarkanlah perkataan mereka. Jika mereka mulai berbicara, hentikan apa pun yang sedang kita kerjakan, berikan perhatian sepenuhnya. Tunjukkan perhatian kepada permainan dan buku anak-anak, tulisan dan cerita mereka, teman, pacar dan kegiatan mereka. Hadiri sandiwara, konser, atau pertandingan olahraga di sekolah mereka.

    5. Bermainlah di lantai bersama cucu yang masih kecil. Lomba mobil-mobilan di jalur balapnya. Main kelereng dengan mereka. Mewarnai, menggambar dan merekatkan gambar tempel. Bangunlah menara dan garasi mini buat mobil-mobilan mereka dari balok-balok kayu atau plastik. Bacakan cerita atau biarkan mereka membaca buat kita. Pilihlah cerita yang menarik seperti Pinokio atau Mahabarata.

    6. Biarkan mereka menunjukkan cara memperbaiki masalah komputer atau cara menggunakan ponsel sehingga mereka merasa dibutuhkan. Mereka tahu kita menghargai mereka dan ini memperkuat jalinan kita dengan mereka.

    7. Ajaklah mereka pergi memancing. Pergilah berkemah bersama mereka menikmati udara sejuk pegunungan. Bawa mereka ke planetarium untuk melihat bintang-bintang. Mereka tidak akan melupakan perjalanan ini.

    8. Catlah kuku cucu perempuan Anda dan bermainlah tata rias muka bersamanya, biarkan dia menyikat rambut kita. Kadang-kadang cucu saya mengecat kuku saya dan ini menciptakan jalinan persahabatan yang erat. Ketika nenek buyut sakit, cucu saya mengecat kukunya setiap minggu, merajut tali kasih sayang.

    9. Buatlah layang-layang untuk cucu lelaki. Ajaklah dia ke tanah lapang untuk memainkan layang-layang itu.

    10. Ajarkan cucu perempuan merajut. Mula-mula buatlah sesuatu yang sederhana. Bercakap-cakaplah, dengarkan lagu kesayangannya atau nonton film bersama selagi merajut. Apapun hobi kita, memasak, menjahit atau berkebun, jadikanlah cucu-cucu bagian dari kehidupan kita.

  • Advertisement
  • Bantulah cucu-cucu kita untuk merasa menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, namun tetaplah pertahankan peran orang dewasa dan anak-anak.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "10 ways to bond with your grandchildren" karya Jelean Reynolds.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Jelean Reynolds is an accomplished author. She is a mother to 5 children and a grandmother to 18 beautiful grandchildren.

10 Cara Membina Hubungan dengan Cucu

Bantulah cucu-cucu kita untuk merasa menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, namun tetaplah pertahankan peran antara orang dewasa dan anak-anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr