Cara tepat mendidik anak saat anak melakukan kesalahan selain memarahinya

Dalam situasi seperti itu kadangkala orang tua tidak lagi bijak dalam bertindak, persepsi orang tua jika anak salah maka harus tegas. Tetapi tegas tidak sama dengan keras loh.

19 views   |   shares
  • Mendidik anak adalah tanggung jawab setiap orang tua. Setiap orang tua memiliki pola asuh dan cara mendidik anak yang tidak sama satu sama lain. Tapi memiliki tujuan yang sama agar sang anak tumbuh menjadi anak yang berguna dan lebih baik. Mendidik anak juga butuh aturan, bukan berarti anak bisa diperlakukan atau dibuatkan aturan seenaknya orang tua.

  • Kenyataan yang terjadi, banyak juga orang tua yang melakukan kesalahan saat mendidik anak-anak mereka terutama saat anak melakukan kesalahan. Pada fase pertumbuhan, ada kalanya anak akan bersikap hiperaktif atau melakukan sesuatu yang membuat Anda orang tua marah dan sebel. Seringkali saat anak melakukan kesalahan, Anda secara spontan memarahinya bahkan tak segan-segan langsung memberi hukuman.

  • Dalam situasi seperti itu kadangkala orang tua tidak lagi bijak dalam bertindak, persepsi orang tua jika anak salah maka harus tegas. Tetapi tegas tidak sama dengan keras loh. Anak memang telah melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai, namun bukan berarti memarahi anak akan membuat anak menyadari kesalahannya, justru anak akan menjadi anak yang semakin nakal. Yang ditakutkan ketika anak terus-menerus dimarahi akan muncul kebencian dalam hati anak kepada orang tuanya.

  • Anak salah perlu diberi peringatan atau hukuman. Tetapi selalu ingat, hukuman yang mendidik lebih efektif ketimbang memarahinya. Begini cara tepat mendidik anak saat anak melakukan kesalahan selain memarahinya

  • 1. Beri anak kesempatan untuk menjelaskan kesalahannya

  • Ketika anak telah melakukan kesalahan, jangan buru-buru memberikan hukuman tanpa tahu alasan dia mengapa dia sampai berbuat seperti itu. Beri anak kesempatan untuk menjelaskan kesalahannya. Dan cobalah untuk mendengarkan alasan anak terlebih dulu. Pastinya setiap perbuatan, baik yang benar maupun yang salah memiliki alasan tertentu. Dengan mengetahui kesalahan dan alasannya, maka Anda akan tahu bagaimana bersikap selanjutnya.

  • 2. Diperbaiki yang salah

  • Meluruskan kesalahan anak dan memperbaiki yang salah tanpa harus memarahinya langsung merupakan cara mendidik anak yang tepat. Jelaskan kesalahanya dengan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan anak agar anak menyadari yang dia lakukan itu tidak benar. Dengan demikian anak akan mudah belajar dari kesalahannya.

  • 3. Bersikap tegas

  • Tegas tidak sama dengan keras. Berteriak membentak dan memarahinya adalah tindakan yang lebih menuruti emosi ( keras), sedangkan tegas adalah sikap memberi peringatan kepada anak dengan cara yang tepat (lemah lembut) tanpa melukai hati anak. Bersikap tegas lebih efektif membuat anak sadar akan kesalahannya sehingga kelak ragu untuk mengulangi kesalahannya.

  • Advertisement
  • 4. Beri hukuman yang mendidik

  • Hukuman seringkali dianggap sebagai cara ampuh membuat anak jera untuk tidak nakal atau melakukan kesalahan lagi. Tetapi hukuman yang bersifat tidak mendidik, seperti memukulnya atau mengurungnya ditempat yang gelap hanya akan berdampak buruk bagi psikologis anak. Hindari hukuman fisik yang berbau kekerasan. Bijaklah dalam memberi hukuman, jangan sampai kesalahan kecil yang anak lakukan namun hukuman yang Anda berikan berat.

  • 5. Merangkulnya

  • Ketika anak sudah mengetahui kesalahannya, berani mengakui kesalahannya dan menerima dengan lapang dada hukuman yang Anda berikan. Yang terakhir adalah beri dukungan secara moril kepada anak untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi. Beri pelukan dan rangkullah anak Anda sambil memberi nasehat bahwa apa yang Anda lakukan semata-mata agar anak bisa menjadi anak yang lebih baik lagi.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara tepat mendidik anak saat anak melakukan kesalahan selain memarahinya

Dalam situasi seperti itu kadangkala orang tua tidak lagi bijak dalam bertindak, persepsi orang tua jika anak salah maka harus tegas. Tetapi tegas tidak sama dengan keras loh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr