Melampiaskan kekesalan pada pasangan dengan cara yang baik. Bagaimana caranya?

Merasa kesal kepada pasangan adalah hal biasa. Namun bagaimana cara menyampaikan kekesalah tersebut, dapat menentukan keutuhan rumah tangga Anda berdua.

1,544 views   |   3 shares
  • Ada saja saat di mana Anda merasa kesal kepada pasangan. Bukan sesuatu yang aneh, Anda kan bukan robot. Betapa pun besar cinta Anda kepadanya, ada saja momen perdebatan yang tak terelakkan. Namun Anda tentu tidak ingin menimbulkan pertikaian besar yang dapat berujung pada keretakan rumah tangga kan? Apalagi sampai memberi teladan buruk kepada anak-anak.

  • Bagaimana menyatakan perasaan emosi Anda secara positif kepada pasangan?

  • _Sering minta maaf_

  • Saya pernah menonton sebuah film, di situ diceritakan tentang seorang suami yang meminta nasihat temannya tentang bagaimana menghindari pertikaian dengan istrinya. Misalnya seperti ketika dia mengajak istrinya pergi dan harus menunggu lama sementara istrinya berdandan. Begitu istrinya muncul, pria ini menunjukkan kekesalannya hingga berbuntut pertengkaran dan gagal pergi. Menurut temannya tersebut, sebagai pria dia harus sering minta maaf. Kalau dia yang mengalami kejadian itu dia akan minta maaf kepada istrinya karena mengajak pergi secara mendadak dan tidak memberi waktu cukup untuk berdandan. Kemudian dia akan memuji anting-anting yang dipakai istrinya, pemberian ibunya. Dengan demikian hubungan mereka mulus dan jarang bertengkar.

  • _Berbicara layaknya seorang diplomat_

  • Walaupun tidak bergumul di bidang politik, Anda harus mengasah bicara layaknya seorang diplomat. Tindakan seperti ini akan mencegah perang. Bila Anda melihat istri berdandan seperti pemain lenong, jangan 'ceplas ceplos' mengatakan yang sebenarnya. Perhalus bahasa Anda seperti, "Sayang, hari ini kamu tampak istimewa, berdandan beda dari biasanya. Apa ada acara khusus?" Mungkin istri Anda akan bertanya-tanya apakah penampilannya berlebihan, sehingga ia akan menyesuaikan diri lagi. Kemudian Anda dapat mengusulkan untuk mengurangi sendiri riasannya atau mengubah bajunya.

  • _Begitu pula sebaliknya Anda, sebagai istri_

  • Anda merasa kesal karena suami lupa daratan dan membeli televisi sebesar kulkas tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Anda? Tidak perlu marah-marah, cemberut, apalagi sampai histeris seperti membanting piring dan mengancam untuk merusak brang-barang di sekitar Anda. Kenapa tidak, dengan lemah lembut cobalah menyadarkan suami Anda akan anggaran belanja yang susah payah disusun untuk kelangsungan keluarga. Mungkin Anda dapat bertanya, "Mas, bagaimana nanti bila si sulung lulus sekolah, apakah sudah kamu menyediakan dana untuk pendidikan selanjutnya?" Biarkan ia ikut berpikir untuk memecahkan masalah ini, termasuk membuang-buang uang dengan barang yang tidak berguna. Tidak perlu sampai mengamuk dan mencaci maki, pasti akan timbul perlawanan dan pecahlah perang dunia ketiga. Suami Anda sudah dewasa, tidak perlu memperlakukan dia seperti anak kecil. Dia harus bertanggungjawab atas perbuatannya dan sebagai lelaki dewasa dia pasti memahami kesalahannya.

  • Advertisement
  • Cara-cara seperti ini akan membuat rumah tangga aman dan damai. Terimalah kesalahan pasangan Anda karena dia bukan manusia sempurna. Akan lebih baik jika Anda banyak memberi maaf dan gunakan rasa humor Anda untuk melihat kesalahan yang dilakukan orang-orang yang Anda cintai. Berdoalah bersama sehingga tumbuh rasa saling menghormati dan saling mengasihi. Ini akan menghibur kekesalan Anda.

  • Jika ada perasaan ingin 'meledak', sebaiknya tarik diri Anda sejenak hingga hati lebih tenang. Jaga kepala tetap dingin dengan menghitung sampai sepuluh dan mengingat kesalahan terakhir Anda. Dengan demikian Anda juga sadar bahwa bukan hanya dia yang pernah melakukan kesalahan. Saling menjaga perasaan akan membuat Anda berdua memiliki hubungan yang lebih erat dan harmonis.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Melampiaskan kekesalan pada pasangan dengan cara yang baik. Bagaimana caranya?

Merasa kesal kepada pasangan adalah hal biasa. Namun bagaimana cara menyampaikan kekesalah tersebut, dapat menentukan keutuhan rumah tangga Anda berdua.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr