Mitos-mitos pengasuhan bayi orang zaman dulu ini terkadang bikin 'parno'. Jangan percaya semuanya

Kita tentu tidak ingin terjadi kesalahan saat mengasuh bayi kita hanya karena mempercayai mitos-mitos yang beredar. Untuk itu jangan telan mentah-mentah semua mitos yang ada karena tidak terbukti kebenarannya

869 views   |   3 shares
  • " Anak kamu kok masih merangkak saja, gak diajari atau di kasih latihan untuk berjalan gitu?, Usianya kan udah hampir setahun? " iya sih tapi kata mertua saya bayi dibawah usia 12 bulan jangan dulu diajari berjalan, alasannya kaki bayi masih lemah, sebenarnya gak percaya sih, buktinya anak teman-teman saya ada yang sudah bisa berjalan diusia yang belum genap setahun. Ini nih mitos yang masih dipercaya orang zaman dulu, tapi apa boleh buat nasehat orang tua ya didengarin aja!"

  • Apakah Anda juga pernah mengalami dilema seperti percakapan diatas?. Sebagai orang tua kita harus lebih cermat dan bijak memilah-milah mana nasehat yang benar fakta dan mana nasehat yang hanya sekedar mitos belaka. Jangan sampai kita terpaku pada mitos-mitos orang zaman dulu apalagi mitos yang berkaitan dengan pengasuhan bayi. Yang bayi harus beginilah, bayi tidak boleh begitulah. Nanti terjadi itulah dan akhirnya menimbulkan rasa "parno" tersendiri bagi setiap orang tua.

  • Kita tentu tidak ingin terjadi kesalahan saat mengasuh bayi kita hanya karena mempercayai mitos-mitos yang beredar. Untuk itu jangan telan mentah-mentah semua mitos yang ada karena tidak terbukti kebenarannya

  • 1. Agar pusar bayi tidak bodong harus ditempelkan uang koin

  • Pusar bodong atau menonjol pada bayi yang baru lahir adalah kondisi yang wajar. Seiring bertambahnya usia bayi, bentuk pusar akan mengalami perubahan menjadi normal ( pusar akan masuk ke tempatnya ). Jadi tidak perlu ditempelkan uang logam segala.

  • 2. Bayi tidak boleh keluar rumah sebelum 40 hari

  • Sebenarnya mitos ini bukan pantangan tetapi hanya saran untuk tidak membawa bayi bepergian sebelum usia 40 hari karena kondisi bayi yang masih kecil dan daya tahan tubuhnya masih lemah. Ditakutkan rentan terkena kuman penyakit. Namun tidak ada larangan jika bayi hendak dibawa keluar rumah asalkan kita memastikan tempat yang akan dikunjungi aman untuk bayi.

  • 3. Kompres dengan alkohol saat bayi terserang panas tinggi

  • Faktanya mengompres bayi saat terserang panas tinggi menggunakan alkohol tidak akan menurunkan panasnya meskipun secara fisik alkohol menimbulkan rasa dingin. Justru alkohol akan berbahaya bagi bayi jika terhirup atau terserap oleh kulit.

  • 4. Bedong akan membuat kaki anak tidak bengkok dan kuat

  • Mitos ini masih sangat kental dimasyarakat sekarang dan masih dipercaya oleh sebagian orang. Asal tahu saja antara bedong sama kaki bengkok atau lurus tidak ada hubungannya.

  • 5. Mandi dengan air dingin membuat bayi kuat

  • Advertisement
  • Anggapan ini tidak benar, justru bayi sangat rentan terhadap suhu dingin akhirnya mudah sakit bukan malah membuat bayi kuat. Sebaiknya bayi dengan air hangat saja.

  • 6. Dilarang memotong kuku bayi sebelum usia 40 hari

  • Lah bagaimana bila kukunya panjang? Masa gak boleh dipotong sih?. Kuku bayi yang panjang bisa melukai diri bayi sendiri. Bayi akan menggaruk-garuk wajah bahkan matanya. Larangan itu akhirnya muncul mungkin karena orang-orang takut untuk memotong kuku bayi yang masih lunak dan takut melukai kulit atau jari bayi.

  • 7. Dilarang memandikan bayi pada sore hari sebelum usia 40 hari

  • Sebenarnya tidak ada masalah jika kita memandikan bayi usia dibawah 40 hari pagi dan sore. Tidak ada larangan akan hal ini, yang kita perlu perhatian kondisi bayi dan cuaca. Jika memang tidak memungkinkan untuk mandi sore, ya apa boleh buat.

  • 8. Membiarkan bayi melompat-lompat dipangkuan kita akan memendekkan kaki bayi nantinya

  • Ini adalah Mitos yang jangan dipercaya. Faktanya bayi yang senang berdiri dan melompat-lompat dipangkuan kita artinya ia belajar menyeimbangkan berat badan. Selain itu aktivitas ini sangat menyenangkan dilakukan bersama.

  • 9. Jangan merendam popok atau pakaian bayi terlalu lama karena akan membuat bayi masuk angin

  • Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. Yang membuat bayi masuk angin jika popok/pakaian yang dipakainya masih basah atau lembab. Jadi lamanya waktu untuk merendam tidak mempengaruhi kesehatan bayi kita ya!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Mitos-mitos pengasuhan bayi orang zaman dulu ini terkadang bikin 'parno'. Jangan percaya semuanya

Kita tentu tidak ingin terjadi kesalahan saat mengasuh bayi kita hanya karena mempercayai mitos-mitos yang beredar. Untuk itu jangan telan mentah-mentah semua mitos yang ada karena tidak terbukti kebenarannya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr