Membuat Rumah Anda Menjadi Rumah yang Bersahabat

Di saat saya dan istri saya baru saja bertunangan kami sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk membahas mengenai berapa banyak anak yang kami inginkan.

594 views   |   1 shares
  • Di saat saya dan istri saya masih bertunangan kami sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk membahas berapa banyak anak yang kami inginkan dan bagaimana membesarkan mereka di rumah yang penuh dengan sukacita, kasih dan pendidikan. Kami telah merencanakan semuanya. Empat belas tahun kemudian dengan 5 anak kami bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada mimpi-mimpi kami tersebut. Kami sekarang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggiring anak-anak mengerjakan tugas sekolah dan rumah, juga mengatur antar jemput untuk kegiatan tambahan di sekolah mereka.

  • Ditambah kenyataan masing-masing anak kami memiliki beberapa teman yang sering mampir ke rumah atau menelepon ke rumah tanpa ada batasan waktu, maka jangan heran rumah kami jadi betul-betul gaduh. (jenis kegaduhan yang menyebabkan Anda mempertimbangkan untuk pindah rumah ke daerah pedesaan jauh dari jangkauan teman-teman anak Anda dan memiliki kehidupan yang tampaknya lebih sederhana). Melarikan diri dari kegaduhan ini bukanlah alternatif yang tepat, sebagai orang tua kami memutuskan untuk tetap mewujudkan impian awal kami dengan membuat rumah kami menjadi tempat di mana anak-anak dan teman mereka merasa nyaman dan disambut hangat-tak peduli bagaimana sibuknya kami. Tidaklah mudah, tapi ini dapat dimulai dengan hal-hal kecil.

  • Makanan ringan

  • Misalnya Anda dapat menyimpan banyak-banyak makanan ringan seperti permen, berondong dan keripik. Sudah menjadi fakta umum anak-anak dan remaja makannya banyak. Jika Anda tidak dapat menyediakan makanan kecil yang mereka sukai, mereka akan pergi ke tempat lain. Lebih baik anak-anak remaja Anda ada di rumah–sehingga kita tahu apa yang mereka lakukan. Jadi, kami berusaha menyimpan banyak makanan ringan di rumah. Ada perbedaan halus antara memberi makanan sehat dengan menyuguhkan makanan yang mengandung banyak gula dan lemak. Kami tidak menganjurkan Anda mengganti pola makan sehat dan mengabaikan aturan makan seorang ibu (sebagai tukang masak yang handal), yang kami maksudkan hanyalah Anda seharusnya juga menyediakan makanan lezat yang membuat mereka betah di rumah dan tidak berkeliaran di luar rumah.

  • Semua orang menyukai biskuit

  • Anda dapat selangkah lebih maju dalam menyediakan makanan ringan dan menjadi seorang ibu yang selalu menyediakan toples penuh kue. Di setiap lingkungan pasti ada seorang seperti itu. Ketahuilah, bahwa ibu yang baik akan selalu senang membuat dan menyediakan biskuit untuk dibagikan kepada anak-anak di sekitar rumahnya. Seorang ibu pernah berkata bahwa satu hal yang dapat dia lakukan untuk membuat dia merasa seperti seorang ibu yang baik adalah dengan menyediakan toples-toples yang terisi penuh biskuit. Mungkin dia kurang becus dalam peran keibuan yang lainnya, namun dia selalu unggul dalam urusan menyediakan biskuit untuk anak-anaknya, dan kini juga untuk anak-anak tetangganya.

  • Advertisement
  • Sarapan pagi bersama

  • Kami juga selalu menyambut teman anak-anak kami untuk makan pagi bersama sebelum mereka berangkat ke sekolah. Kami memperhatikan beberapa teman dari anak-anak kami mungkin tidak memiliki kesempatan makan pagi di rumah mereka bersama keluarga dan mereka tampaknya sangat suka duduk dan makan pagi bersama kami sebelum berangkat ke sekolah.

  • Apapun dapat Anda lakukan untuk membuat rumah Anda terasa nyaman dan terbuka tidak hanya untuk anak-anak Anda namun juga untuk teman-teman mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Make your home friend-friendly" karya Treion Muller.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Treion Muller is the author of "Reality Parenting: As NOT Seen on TV" and other parenting books. Contact him at Treion@treion.com

Membuat Rumah Anda Menjadi Rumah yang Bersahabat

Di saat saya dan istri saya baru saja bertunangan kami sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk membahas mengenai berapa banyak anak yang kami inginkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr