5 cara jitu menghadapi pasangan yang lebih asik dengan gadgetnya

Pasangan sibuk dengan smartphone hingga abai terhadap sekeliling terutama Anda? Lakukan ini

5,672 views   |   5 shares
  • Gadget sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat masa kini. Transformasinya dari masa ke masa semakin "dicintai" semua orang. Tua muda, semua generasi sangat familiar dan terhipnotis dengan benda satu ini. Fungsinya bukan hanya sebagai alat komunikasi saja melainkan benda "ajaib" yang dapat mengeksplor segala hal yang kita inginkan mengenai semua hal/informasi di dunia ini.

  • Belum lagi berbagai fasilitas dan fitur yang disuguhkan begitu menggoda, membuatnya semakin tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Artinya kita tak bisa hidup tanpa gadget. Entah apa yang membuat semua orang seperti kecanduan pada benda ini. Yang jelas beberapa orang bisa betah berlama-lama asik bermain gadget.

  • Kecanduan akan gadget bisa dialami siapa saja, termasuk pasangan kita. Tak jarang keasikan pasangan kita dengan gadgetnya secara langsung mempengaruhi mood kita jadi sebel, bete dan merasa bahwa kita dinomorduakan. Daripada tiap hari makan hati dan galau melihat pasangan yang lebih asik pada gadget ketimbang fokus pada hubungan kita, cobalah 5 cara jitu berikut untuk menghadapinya

  • 1. Berpikirlah positif

  • Satu hal yang pasti bahwa gadget tidak dapat menggantikan posisi kita sebagai orang yang dicintai. Gadget hanya benda mati, so tidak ada gunanya terbawa emosi hanya karena benda mati. Si doi asik dengan gadget bukan berarti kita tidak dipedulikan atau tidak dibutuhkan lagi, bisa saja dia hanya bosan/jenuh saja dan pelariannya ke gadget yang bisa menghilangkan kejenuhannya. Berilah doi sedikit waktu untuk tenggelam dalam keasikannya. Jika sudah over limit barulah kita lanjut pada langkah kedua.

  • 2. Bicarakan baik-baik dengan pasangan

  • Komunikasi selalu menjadi jalan efektif menyampaikan unek-unek dan jalan untuk mencapai solusi dari permasalahan yang terjadi. Untuk memulai pembicaraan carilah suasana yang tepat. Ungkapan secara tenang dan jangan dengan nada yang kesal agar pasangan kita juga perlahan mengerti dampak candu terhadap gadget itu sudah merisaukan dan membuat kita merasa teracuhkan.

  • 3. Buat kesepakatan

  • Setelah komunikasi telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah membuat kesepakatan bersama agar sama-sama nyaman dan enak. Misalnya buat peraturan, waktu dirumah dilarang keras memegang gadget pada jam-jam tertentu, saat quality time bersama keluarga gadget harus dinonaktifkan untuk sementara. Tentukan juga konsekuensi jika pasangan melanggar kesepakatan tersebut. Tapi ingat hukumannya jangan yang berat ya!

  • Advertisement
  • 4. Ajak pasangan melakukan kegiatan lain

  • Cara lain agar pasangan tidak hanya berfokus pada gadgetnya. Ya alihkan perhatiannya pada aktivitas, kegiatan atau hal yang lainnya. Misalnya dengan mengajak pasangan jalan-jalan, berlibur, masak bersama dirumah, berkebun, olahraga yang bisa dilakukan bersama, bersih-bersih rumah atau apa saja yang dapat membuatnya sejenak melupakan gadgetnya. Kita juga bisa melibatkan anak-anak atau teman-temannya agar aktifitas yang dilakukan semakin seru dan menyenangkan.

  • 5. Introspeksi diri dan saling mengingatkan

  • Yang terakhir, cobalah melihat sebab akibatnya mengapa pasangan kita bisa candu seperti itu. Jangan-jangan si doi asik sendiri dengan gadget karena kita sendiri juga sama, asik sendiri dengan gadget kita. Kalau sudah begitu ya susah berharap pasangan untuk berubah dari kebiasaannya itu. Cek diri kita dulu sebelum mengkritik orang lain. Atau jangan-jangan doi lebih asik sama gadgetnya karena kita tidak pernah perhatian dan meluangkan waktu kita untuk doi. Ada baiknya saling mengingatkanlah.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 cara jitu menghadapi pasangan yang lebih asik dengan gadgetnya

Pasangan sibuk dengan smartphone hingga abai terhadap sekeliling terutama Anda? Lakukan ini
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr