5 cara menyalamatkan pernikahanmu dari pertengkaran karena uang

Pertengkaran karena uang tentu bisa menjadi penyebab perceraian. Untuk menghindari hal itu terjadi pada pernikahan, Anda dan pasangan harus memiliki komitmen atau aturan sejak awal.

1,231 views   |   2 shares
  • Pertengkaran karena uang terkadang bisa menjadi penyebab perceraian. Untuk menghindari hal itu terjadi pada pernikahan, Anda dan pasangan harus memiliki komitmen atau aturan sejak awal, bahwa pernikahan yang harmonis dan cinta diantara kalian adalah yang terpenting daripada uang.

  • Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat menghindarkan kita dari pertengkaran karena uang didalam pernikahan. Diantaranya :

  • 1.Membuat visi finansial masa depan bersama

  • Sejak awal terbukalah akan urusan finansial kalian dimasa depan. Yang terpenting, Anda berdua harus mensepakati dari mana pemasukan atau pengasilan dalam keluarga kalian. Misalnya, siapa yang akan berkerja, apakah kalian akan memiliki rumah, apakah kalian akan memiliki asuransi atau dana pensiun, bagaimana dengan dan pendidikan anak dan lainnya. Kalian sudah perlu memiliki visi yang jelas akan hal-hal tersebut bahkan sebelum menikah. Agar nantinya perbicangan tersebut tidak menjadi masalah dikemudian hari.

  • 2.Menentukan tujuan

  • Begitu Anda memiliki visi bersama dan Anda siap untuk mengatasi lebih banyak percakapan finansial, cobalah menetapkan beberapa tujuan jangka pendek dan jangka panjang secara lebih spesifik. Misalnya jika visi terdekat kalian ingin memiliki rumah setelah menikah, putuskan bersama untuk mulai menyisihkan simpanan bahkan jika harus menghemat belanja bulanan untuk membayar DP rumah dan cicilan rumah kalian. Atau jika telah memiliki anak dan ingin memberikan pendidikan terbaik pada anak, Anda bisa mentukan sejak sekarang tujuan jangka panjang bagi masa depan anak kalin. Mulai dari menentukan kira-kira sekolah apa yang cocok untuk anak, dan berapa biayanya pendidikan yang anak kalian butuhkan hingga kuliah nanti. Anda harus menentukan tujuan dengan jelas, karena jika tidak ada tujuan yang jelas, maka tidak akan ada persiapan yang jelas pula, jika tidak ada persiapan yang jelas, maka tidak ada satupun dari rencana kalian yang dapat terwujud dengan jelas pula.

  • 3.Me-review kembali

  • Kini setelah Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan visi bersama dan tujuan jangka panjang yang spesifik, tinjau kembali bersama pasangan apakah kalian sudah mencapai goal yang telah kalian buat dan apakah sejauh ini, Anda dan pasangan tetap berada di halaman atau jalur yang sama . Jika ada keraguan dan kekhawatiran muncul, jangan saling menyalahkan tetapi hadapi dan carilah solusi bersama! Ingat bahwa Anda menghargai pernikahan Anda lebih dari sekedar uang.

  • 4.Buat rencana tindakan

  • Advertisement
  • Inilah saatnya untuk mulai berbicara tentang bagaimana mengatur keuangan kalian untuk mencapai tujuan dan mewujudkan visi bersama. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan cepat. Kalian pasti membutuhkan waktu untuk mencapai setiap tujuan yang kalian buat. Bagaimana Anda bisa pergi berlibur keluar negeri jika tidak menabung jauh hari bahkan berbulan-bulan sebelumnya untuk mendapatkan liburan menyenangkan bersama? Tentunya tidak bisa!

  • Buatlah rencana tindakan atau target! Seperti kalian memiliki aturan untuk berhebat atau membatasi pengeluaran bulanan, agar bisa menyisihkan uang untuk menabung.

  • Kembangkan rencana tindakan untuk mencapai tujuan atau mewujudkan visi bersama kalian.

  • 5.Fokus pada tujuan

  • Tidak ada yang lebih penting untuk kebahagiaan suatu keluarga daripada kebahagiaan pernikahan yang bahagia. Temukan visi Anda dan pasangan dan bekerja samalah untuk mewujudkannya. Ketika kalian berjuang bersama, maka pondasi pernikahan kalian juga akan semakin kuat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 cara menyalamatkan pernikahanmu dari pertengkaran karena uang

Pertengkaran karena uang tentu bisa menjadi penyebab perceraian. Untuk menghindari hal itu terjadi pada pernikahan, Anda dan pasangan harus memiliki komitmen atau aturan sejak awal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr