Menjadi teman yang asyik untuk anak laki-laki kita

Pilihlah sebuah kegiatan dan mulailah menjalin hubungan yang harmonis dengan anak laki-laki Anda. Pada akhirnya, Anda berdua akan merasa bahagia.

1,721 views   |   1 shares
  • Saya dibesarkan di sebuah keluarga yang terdiri dari empat anak perempuan dan satu anak laki-laki. Saudara laki-laki saya adalah anak yang paling bungsu sehingga dia sering dijadikan percobaan untuk berdandan dan bermain sandiwara. Sekarang saya sudah menjadi seorang ibu dari tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki. Saya ingin memastikan bahwa anak saya memiliki hubungan yang baik dengan saya. Saya belajar untuk terlibat dan tertarik pada hal-hal yang dia sukai, bahkan jika hal-hal itu adalah hal yang sangat asing bagi saya. Ide-ide berikut ini akan membantu setiap orang yang berharap untuk dapat mempererat hubungan dengan anak laki-laki mereka.

  • Perhatikan kegemaran mereka

  • Pelajari apa yang anak Anda (atau keponakan atau cucu) sukai. Ajukan pertanyaan tentang permainan dan mainan yang dia sukai. Mintalah dia untuk menunjukkan koleksi Lego nya atau superhero favoritnya. Cobalah untuk mempelajari lebih banyak tentang apa yang dia suka. Kadang-kadang anak-anak tahu segala detil tentang mainan favorit mereka, seperti dinosaurus, Star Wars atau Pokemon. Jika Anda mau mencari tahu walaupun hanya sedikit, dia akan terkesan dan merasa bahwa Anda peduli tentang dia.

  • Terlibat dalam permainan mereka

  • Mungkin Anda merasa tidak pantas untuk bergabung dengan anak laki-laki Anda saat mereka bermain game. Singkirkan rasa itu dan ikutlah bermain. Saya ingin menunjukkan pada anak saya dan teman-temannya bahwa saya bisa melempar bola dan mengayunkan pedang. Meskipun saya tidak begitu jago dalam bermain game, antusiasme saya telah menggantikan ketidaktahuan saya. Saat Anda melakukan suatu kegiatan dengan seorang anak, yang paling mereka inginkan adalah keterlibatan Anda dalam kegiatan tersebut.

  • Berpura-pura tertarik sampai Anda benar-benar tertarik

  • Mungkin video game bukanlah permainan yang Anda sukai, atau Anda tidak suka bermain dengan orang-orangan kecil. Itu tidaklah penting. Yang penting adalah bahwa Anda memiliki perhatian anak Anda. Setelah Anda mulai bermain, atau mulai membangun dengan blok-blok mainan, Anda akan menyadari bahwa permainan itu sebenarnya lebih menyenangkan daripada yang Anda pikirkan. Saya menikmati bermain membangun set yang rumit dengan anak saya, dan dia senang sekali karena saya mencoba untuk bermain video game dengannya.

  • Berkompromi

  • Temukan kesamaan dengan anak Anda. Karena dia suka video game dan kami berdua suka dansa, kami berdua menikmati bermain video game dansa bersama. Kami berdua juga suka lari dan naik sepeda, jadi kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan itu bersama-sama. Menemukan minat dan hobi yang sama dan mengembangkannya bersama-sama akan memberikan dampak positif bagi Anda dan anak Anda. Beberapa kegiatan ini dapat dilakukan seumur hidup Anda, seperti memancing atau bermain olahraga.

  • Advertisement
  • Ajari mereka tentang sesuatu

  • Janganlah menganggap bahwa anak laki-laki Anda atau cucu Anda hanya tertarik pada hal-hal tertentu. Dia mungkin tertarik untuk belajar keterampilan yang Anda miliki, seperti merajut, menjahit, memasak atau memanggang kue, atau melukis. Perlahan-lahan saya mengajar anak laki-laki saya cara mengasuh bayi dan bermain dengan adik-adiknya yang perempuan. Kami juga menikmati waktu bersama kami di dapur memasak makanan-makanan kesukaan kami.

  • Luangkan waktu untuk mereka

  • Anak-anak mengerti saat orangtuanya menunda-nunda untuk bermain bersama mereka. Jika anda berencana untuk bermain video game atau bermain basket di lapangan, lakukanlah. Jika perlu, tetapkan jadwal waktu di kalender Anda atau setel alarm pengingat pada ponsel Anda. Anak Anda akan merasa istimewa jika dia mengetahui bahwa waktu bersamanya adalah prioritas bagi Anda.

  • Mendengarkan

  • Sementara Anda menikmati aktivitas bersama, pastikan untuk mendengarkan dan membiarkan anak Anda bicara. Dia mungkin ingin berkonsentrasi pada permainan atau tugas di tangannya, tapi ia juga mungkin ingin membuka diri tentang harapan dan kekhawatirannya. Menjadikan waktu bersama sebagai waktu yang aman untuk berbicara dan mendengarkan adalah sangat penting.

  • Ada banyak manfaat dari menjalin hubungan yang erat dengan anak laki-laki Anda. Sebuah studi dari CNN.com melaporkan bahwa anak remaja laki-laki yang meluangkan banyak waktu dengan ayah mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Meluangkan waktu dengan ibu dapat mengurangi gejala depresi. Manfaat lainnya adalah orangtua dan anak dapat belajar lebih banyak tentang satu sama lain, bersenang-senang, aktif dan belajar hal-hal yang baru.

  • Pilihlah sebuah kegiatan dan mulailah menjalin hubungan yang harmonis dengan anak laki-laki Anda. Pada akhirnya, Anda berdua akan merasa bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Bonding over X-box Building activity-based relationships with boys” karya Amy Peterson.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Amy M. Peterson, a former high school English teacher, currently lives in Oregon with her husband and four children. She spends her days writing, reading, exercising and trying to get her family to eat more vegetables.

Menjadi teman yang asyik untuk anak laki-laki kita

Pilihlah sebuah kegiatan dan mulailah menjalin hubungan yang harmonis dengan anak laki-laki Anda. Pada akhirnya, Anda berdua akan merasa bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr