Untuk para ‘womenpreneur’, inilah 10 jurus sukses berjualan via Instagram

Memaksimalkan Instagram untuk ladang meraup laba, bukan lagi masalah. 10 jurus sukses ini patut jadi bekal Anda.

283 views   |   shares
  • Berbisnis secara daring menjadi sorotan dan pilihan banyak wirausahawati di era milenial ini. Dengan kekuatan media sosial, Anda dapat memasarkan barang dan jasa dengan mudah. Salah satu media sosial yang sangat populer digunakan untuk sarana bisnis adalah Instagram.Coba saja lihat banyak sekali penjual daring bertebaran dan mungkin saja banyak dari mereka yang mengikuti akun Anda saat ini. Namun, sukses meraup laba dari penjualan via Instagram ternyata bukan perkara gampang. Ada triknya supaya Anda dapat mendapatkan pembeli, bukan hanya sekedar pengikut atau pengguna Instagram yang window shopping di toko Anda.

  • Bagi Anda, womenpreneur yang tengah merintis dan ingin memaksimalkan Instagram sebagai ladang pelanggan, inilah 10 jurus sukses untuk Anda.

  • 1. Buatlah profil yang menarik

  • Ibarat pandangan pertama, kesan awal dari Anda akan ditentukan pada profil yang Anda tampikan. Dengan batasan karakter pada kolom deskripsi, Anda perlu mencantumkan informasi yang penting dan formatnya menarik. Buatlah slogan yang mudah diingat dan unik. Berikan keterangan apa yang Anda jual. Cantumkan nomor kontak dengan jelas. Biasanya, messenger yang digunakan adalah aplikasi WhatsApp dan LINE. Sisipkan juga tautan pada kolom yang disediakan. Anda dapat mengisinya dengan tautan ke laman Facebook, marketplace, atau menuju aplikasi messenger.

  • 2. Ciptakan foto dan video yang berkualitas

  • Keutamaan dari post Anda adalah foto dan video yang menarik secara visual. Pelajari trik fotografi menggunakan ponsel, jika Anda belum memiliki kamera yang mumpuni. Manfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari pagi untuk mendapatkan sinar yang pas. Gunakan latar belakang polos guna menonjolkan obyek sekaligus memudahkan Anda melakukan penyuntingan. Telah tersedia banyak aplikasi penyuntingan foto melalui ponsel yang dapat Anda berdayakan untuk mempercantik foto dan video Anda.

  • 3. Variasikan konten Anda

  • Meskipun tujuan utama menjual produk, bukan berarti isi seluruh post Anda menjadi semacam katalog berjalan. Ciptakan nilai lebih dari merek yang Anda bangun dengan menyelipkan konten-konten segar yang berkaitan. Misalnya, Anda menjual kosmetik, tampilkan juga tips-tips kecantikan yang mudah diaplikasikan oleh pelanggan Anda. Kutipan-kutipan inspiratif juga menjadi pengisi unik dan menarik dalam akun Anda. Lebih baik lagi jika sudah memahami dan memilih positioning Anda di dalam peta persaingan. Unggahan Anda akan menjadi lebih terarah dan nilai yang ingin Anda tonjolkan menjadi sangat jelas.

  • Advertisement
  • 4. Mengulik tagar (hashtag)

  • Dalam Instagram, tagar adalah dewa. Melalui tagar, Anda dapat meningkatkan popularitas dan menjaring pengikut. Gunakan 20-30 tagar yang mendeskripsikan produk dan lokasi Anda. Variasikan juga dengan tambahan tagar yang terkait dengan komunitas dan gaya hidup, guna memperbesar 'jaring penangkap'. Pilih tagar yang cukup populer namun spesifik, supaya peluang Anda untuk tampil dan dilihat menjadi semakin besar.

  • 5. Mencari pengikut sesuai target pasar

  • Melihat betapa pentingnya angka pengikut, membuat para pebisnis daring melakoni jual-beli pengikut. Padahal, meskipun angka pengikut Anda menjadi besar, tidak menjamin pesanan akan datang secara rutin. Terlebih jika pengikut tersebut bukanlah pengikut sebenarnya, alias setting belaka. Anda dapat mendulang pengikut sekaligus mendapatkan pengikut yang masuk ke dalam target pasar Anda. Pengikut seperti ini, meskipun tidak drastis bertambah, namun besar kemungkinan akan tertarik dan membeli produk Anda. Caranya, carilah akun kompetitor. Perhatikan pengikut yang rajin berinteraksi dan ikuti akun tersebut. Anda juga bisa membuka daftar pengikut dari akun kompetitor dan mengikuti sementara beberapa calon target pasar Anda. Lakukan interaksi dengan memberikan like dan komentar, dalam frekuensi serta jumlah yang wajar. Nantinya, ia akan 'memakan umpan' dan tertarik untuk menjalin interaksi dengan Anda.

  • 6. Jalin interaksi dengan pengikut

  • Pengikut bukanlah sekadar 'tempelan' dan pemanis. Anda perlu memelihara hubungan baik dengan mereka. Caranya, buatlah post yang memancing interaksi, misalnya Instastory, membuat pertanyaan terbuka yang bisa dijawab dengan berbagai jenis jawaban, dan meminta komentar mereka. Anda juga bisa menggelar kontes, kuis, atau giveaway untuk mempertahankan loyalitas, selain juga bisa menambah pengikut baru dengan memanfaatkan word-of-mouth.

  • 7. Tampilkan kesan terpercaya

  • Pelanggan ingin mendapatkan jaminan bahwa mereka membeli dari toko yang terpercaya. Anda dapat menunjukkan kesan trusted melalui dua cara. Pertama, tampilkan alamat Anda. Fitur ini akan didapatkan kala Anda memilih akun instagram khusus untuk bisnis. Kedua, tayangkan cuplikan testimoni dari pelanggan. Bila memungkinkan, minta pelanggan untuk mengunggah testimoni pada akun mereka dan Anda melakukan repost, sehingga akun pelanggan pun ikut terlihat.

  • Advertisement
  • 8. Koneksikan dengan media sosial lain dan marketplace

  • Memilih Instagram bukanlah berarti Anda melupakan media sosial lain. Manfaatkan konektivitas Instagram dengan media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat membuat post berganda hanya dengan menyambungkan akun-akun tersebut. Marketplace pun perlu Anda jajal, setidaknya satu buah. Marketplace umumnya memberikan banyak saluran promosi yang dapat Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan, misalnya program subsidi ongkos kirim. Tampilkan tautan marketplaceini pada kolom tautan, untuk mempermudah pelanggan mengaksesnya.

  • 9. Manfaatkan fitur iklan

  • Dalam Instagram, kini terdapat fitur iklan, yaitu dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan manfaat berbeda sesuai tingkatan. Pengguna Instagram untuk bisnis juga memperoleh data statistik analisa pemasaran, sebagai masukan penting untuk pengembangan bisnis Anda. Apabila memiliki dana, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menggenjot pemasaran secara efektif dan lebih praktis.

  • 10. Rajin dan konsisten

  • Apalah artinya postberkualitas jika Anda tidak rutin melakukannya? Kecepatan arus informasi di linimasa Instagram akan membuat postAnda cepat tenggelam. 20 posts dalam sehari akan membuat keberadaan akun Instagram Anda terjaga ketenarannya. Apabila stok foto tidak terlalu banyak, Anda dapat melakukan pengulangan post namun hapus dahulu gambar yang sama di postterdahulu. Carilah waktu-waktu yang tepat saat traffic pengikut Anda sedang pada puncaknya, misalnya di waktu berangkat bekerja di pagi hari, jam makan siang, dan jam pulang kerja hingga menjelang tidur malam. Begitu pula dengan pencarian pengikut, semakin rajin Anda menebar jaring, semakin cepat dan semakin banyak pengikut baru pada akun Anda.

  • Dengan bekal jurus sukses ini dan kerja keras Anda, niscaya kesuksesan bisnis daring di Instagram bukan lagi mimpi belaka. Selamat mencoba!

Baca, hidupkan, bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Untuk para ‘womenpreneur’, inilah 10 jurus sukses berjualan via Instagram

Memaksimalkan Instagram untuk ladang meraup laba, bukan lagi masalah. 10 jurus sukses ini patut jadi bekal Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr