Di balik ayah yang galak, sebenarnya ini isi hati mereka

Seorang anak mungkin tidak akan pernah benar-benar mengerti apa yang ada dalam pikiran orangtuanya, sampai mereka sendiri menjadi orangtua bagi anak-anaknya.

248 views   |   6 shares
  • Dibandingkan dengan sosok seorang ibu, ayah memang seringkali dianggap sebagai pribadi yang tegas, disipilin, dan berkarakter kuat. Bahkan kebanyakan anak umumnya memiliki anggapan bahwa ayah mereka adalah seorang yang galak, sehingga kedekatan yang terbentuk dengan anak menjadi jauh berbeda dibandingkan si anak dengan ibunya.

  • Jika Anda adalah salah satu anak yang merasakan hal sama seperti di atas, jangan terburu-buru memberikan cap 'menyebalkan' pada ayah Anda. Anak belum tentu dapat mengerti apa yang dimaksudkan oleh orangtua saat bersikap demikian. Setiap ketegasan dan kedisiplinan yang tergambar pada sosok ayah khususnya, bagi anak mungkin terlihat seperti sebuah tekanan, menjadikannya terlihat galak atau cuek. Padahal, belum tentu begitu loh.

  • Ayah yang galak sekalipun tetaplah orangtua yang pasti sangat menyayangi anak-anaknya. Banyak hal yang mungkin ia lakukan bagi anaknya tanpa sepetahuan mereka. Inilah beberapa hal yang ada dalam pikiran mereka, seorang ayah terhadap anak-anaknya.

  • _Ayah adalah orang yang paling takut dan khawatir saat sedang berada jauh dari anaknya_

  • Ketakutan dan kekhawatiran yang besar pada diri seseorang biasanya akan membuat ia menjadi bertindak sangat protektif. Itulah mengapa ayah bisa sangat menjadi overprotektif kepada anak yang disayanginya. Tentunya ia tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada Anda. Namun sayangnya sebagai anak seringkali merasa kesal dan tidak nyaman karena berada dalam batasan-batasan di saat Anda menginginkan sebuah kebebasan.

  • _Ia paling merindukan anak-anaknya di rumah_

  • Tanggung jawab dan rutinitas yang dilakukan oleh ayah sebagai kepala keluarga membuatnya tidak memiliki waktu lebih banyak untuk dihabiskan di rumah bersama-sama dengan istri dan anak-anaknya. Tetapi sekalipun begitu, tidak berarti ayah tidak mengetahui apa yang terjadi dan dilakukan anak-anaknya di rumah. Melalui ibu biasanya ayah akan terus menanyakan kabar tentang anak-anaknya, baik lewat hubungan telepon maupun ketika ia pulang bekerja di malam hari.

  • _Ayah yang selalu berusaha memenuhi semua keinginan kita_

  • Coba diingat-ingat lagi bagaimana ketika Anda meminta sesuatu pada ayah. Bandingkan lagi ketika Anda memintanya pada ibu, pastilah akan lebih mudah mendapatkannya dari ayah karena mereka sulit menolak permintaan anak-anaknya. Meskipun tidak dipenuhi pada saat itu juga, biasanya karena memiliki tujuan untuk mendidik kita agar tidak menjadi anak yang manja, tetapi ayah pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat membuat anaknya senang. Dapat memenuhi permintaan anak-anaknya adalah kebahagiaan bagi seorang ayah.

  • Advertisement
  • _Ayah selalu menjaga dan memerhatikan dari jauh_

  • Mungkin Anda tidak menyadari, dan selalu berpikir bahwa ayah sangat cuek pada apa yang sedang Anda alami. Dalam beberapa hal, ayah memang memilih untuk tidak ikut campur dan membiarkan anaknya menghadapi situasi yang menurutnya dapat diatasi dengan baik seorang diri. Namun hal ini bukan berarti ia cuek terhadap keadaan anaknya, ia tetap memerhatikan dan menjaga setiap langkah yang diambil anaknya, dan memastikan sampai mereka dapat berhasil.

  • _Ayah yang selalu ingin terlihat tegar dan kuat_

  • Dibanding ibu, mungkin kita melihat ayah jauh lebih tertutup dalam mengutarakan perasaannya. Setegar dan setegas apapun ayah hingga harus dicap sebagai orang galak, ia tetaplah sosok yang memiliki perasaan seperti halnya ibu. Ayah juga dapat menangis dan bersedih, namun sedapat mungkin ia akan berusaha agar anak dan istrinya tidak melihat dirinya dalam keadaan tersebut agar tidak perlu khawatir. Mereka akan berusaha terlihat tegar dan kuat, sehingga dapat menjadi sandaran bagi seluruh anggota keluarganya.

Bantu kami menyebarkan

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Di balik ayah yang galak, sebenarnya ini isi hati mereka

Seorang anak mungkin tidak akan pernah benar-benar mengerti apa yang ada dalam pikiran orangtuanya, sampai mereka sendiri menjadi orangtua bagi anak-anaknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr