5 trik mendongkrak karier yang 'mandek'

Karier yang stagnan dan sulit berkembang dapat menjadi masalah yang serius, jika tidak diatasi sesegera mungkin.

269 views   |   2 shares
  • Sukses dalam pekerjaan di suatu perusahaan, tentu akan berdampak langsung pada kemajuan perusahaan tempat kita bekerja. Namun kesuksesan tersebut tidak hanya berpengaruh satu arah saja, namun juga dapat memberikan kemajuan yang baik pada karier yang sedang kita jalani juga.

  • Di dalam perusahaan, setiap karyawan pasti akan berusaha mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin. Selain untuk kemajuan perusahaan, juga untuk memperoleh peningkatan karier demi kehidupan yang lebih baik. Namun, pada praktiknya tidak semua orang dapat menjalankan pekerjaan dan tampil dengan performa baik, tanpa mengalami masalah. Beberapa bahkan mungkin mengeluhkan bahwa kariernya terasa seperti mandek di tengah jalan atau hanya berjalan di tempat saja. Akibatnya, mereka akan merasakan stres dalam pekerjaan tersebut.

  • Karier yang mandek memang dapat menjadi masalah yang serius, jika tidak diatasi sesegera mungkin dengan cara dan sikap yang benar. Hal ini justru dapat membuat kita merasa tidak lagi nyaman bekerja dengan baik di tempat tersebut.

  • Nah berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendongkrak kembali karier yang terasa 'diam di tempat', agar dapat kembali naik:

  • 1. Buat reputasi yang baik

  • Dalam berkarier, penting untuk membangun citra atau pandangan yang dilihat dari sisi orang lain sebagai sesuatu yang baik dan positif. Dalam dunia kerja, reputasi Anda sebagai pekerja yang dapat diandalkan sangat penting dan berpengaruh pada perjalanan karier ke depannya. Terima pekerjaan dan lakukan dengan sebaik mungkin sampai berhasil, adalah cara satu-satunya untuk membuat Anda dipandang sebagai seseorang yang dapat diandalkan.

  • 2. Buat perencanaan

  • Semua hal membutuhkan perencanaan yang baik dan matang agar dapat selesai dengan baik. Begitupun dengan karier Anda. Bekerja dan berkarier tanpa memiliki rencana, hanya akan membuat Anda merasa berada di dalam rutinitas yang monoton. Berbeda halnya jika Anda memiliki perencanaan yang matang terhadap kehidupan Anda. Maka Anda akan bekerja optimal sesuai dengan tujuan dan lebih bersemangat untuk menyelesaikannya dengan baik.

  • 3. Memperkaya wawasan

  • Ilmu tidak akan pernah habis. Bahkan setiap ilmu yang Anda miliki juga perlu dikembangkan karena selalu ada hal baru setiap harinya. Wawasan yang kita miliki sebagai pekerja dapat menjadi pelengkap yang berguna dalam menghadapi dan mengatasi setiap tantangan yang ada dalam pekerjaan kita. Oleh karena itu, teruslah memperlengkapi diri dengan wawasan untuk menyambut kesempatan berikutnya yang akan membuat Anda siap untuk naik ke level berikutnya.

  • Advertisement
  • 4. Membangun koneksi

  • Koneksi tidak hanya berarti Anda harus mengenal dan membangun hubungan dengan orang-orang penting saja. Dalam karier, memiliki banyak teman adalah satu hal yang positif dan bermanfaat dalam karier Anda. Banyak sekali kesempatan dapat datang dan muncul dari teman-teman kita atau lingkungan sekitar, yang mungkin dapat memberi peluang baru, proyek pekerjaan hingga menaikkan karier Anda ke jenjang yang lebih baik. Selain itu hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja juga dapat mempermudah Anda untuk menyelesaikan tanggung jawab, ketimbang melakukannya seorang diri saja.

  • 5. Belajar dari kegagalan dan tunjukkan kemampuan

  • Setiap orang yang gagal bukan berarti tidak dapat meraih kesuksesan yang diimpikannya. Berkarier tidak mungkin terlepas dari yang namanya kegagalan. Banyak orang justru mendapatkan lebih banyak pelajaran dari kegagalan yang ia lakukan, sehingga menjadi lebih baik lagi setelah mengambil pelajaran dan memperbaiki kesalahan tersebut. Ia juga dapat menunjukkan, bahwa ia mampu mengatasi kegagalan dan bangkit menjadi pemenangnya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 trik mendongkrak karier yang 'mandek'

Karier yang stagnan dan sulit berkembang dapat menjadi masalah yang serius, jika tidak diatasi sesegera mungkin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr