Hal-hal yang harus Anda pelajari sebelum mencapai usia 40. Jangan sampai menyesalinya!

Karena waktu akan berlalu dengan cepat, jangan sia-siakan hidup Anda.
Nov 19, 2017

14,351 views   |   35 shares
  • Jangan bersantai-santai saat usia masih tergolong muda. Justru, pacu diri Anda untuk mengisi waktu yang dimiliki dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Percayalah, waktu akan berlalu sangat cepat. Karenanya saya sarankan sebelum usia Anda mencapai 40 tahun, hidup Anda sudah terbentuk dengan karakter-karakter ini:

  • 1. Menjadi percaya diri dan jujur ​​pada diri sendiri

  • Percaya diri dan jujur pada diri sendiri sangat penting dalam membangun karakter seseorang. Jika Anda tidak yakin pada diri sendiri dan selalu ingin menjadi orang lain tanpa menyadari potensi dalam diri, maka hidup Anda tidaklah berarti. Seumur hidup Anda akan menjadi orang yang tidak pernah bersyukur dan selalu mengeluh. Sebaiknya temukan kepercayaan diri Anda dan belajarlah untuk selalu jujur menjadi diri sendiri dan pada apa yang menjadi hasrat dalam hidup Anda.

  • 2. Belajar untuk tidak bersikap seperti remaja lagi

  • Meskipun mungkin setiap orang mengakui bahwa masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan, namun ingatlah bahwa Anda tidak akan selamanya menjadi remaja. Anda harus mulai belajar untuk bersikap dewasa dalam menjalani hidup ini. Sikap dewasa Anda akan sangat memengaruhi masa depan.

  • 3. Belajar menikmati kehidupan tanpa stres

  • Jika sejak usia muda saja Anda sulit mengendalikan stres, maka semakin bertambah usia akan semakin sulit untuk mengatasi stres tersebut. Karena itu sebaiknya di usia yang muda Anda sudah mulai belajar menikmati hidup tanpa stres. Misalnya dengan banyak-banyak bersyukur, jangan suka mengeluh dan tidak cemburu dengan kehidupan orang lain. Jalani hidup ini secara santai dan jangan berusaha terlalu keras atau memaksakan diri.

  • 4. Belajar memahami bahwa tubuh Anda berharga dan harus merawatnya dengan baik

  • Ingat kesehatan adalah harga yang sangat mahal. Jika Anda tidak menjaga kesehatan sejak usia muda, kelak saat usia Anda sudah mulai menua maka segala macam penyakit dapat menghampiri Anda. Belajarlah untuk memahami bahwa tubuh Anda sangat berharga dan harus dirawat dengan baik sedini mungkin.

  • 5. Belajar memahami bahwa walaupun uang mungkin penting, tapi bukanlah segalanya

  • Beberapa orang berpikir untuk fokus mencari uang di usia muda dan mengabaikan yang lainnya seperti keluarga atau cinta. Pada akhirnya mereka dapat menyesal dan merasa bahwa hidupnya hampa tanpa hal-hal tersebut. Jika sejak saat ini Anda berpikir bahwa uang adalah tujuan hidup Anda, maka saya yakin, saat Anda sudah berusia 40 tahunan, Anda akan menyadari bahwa uang bukanlah segalanya yang dapat membuat Anda bahagia.

  • Advertisement
  • 6. Mengetahui bahwa beberapa hal bisa dengan mudah dilanggar, namun sulit untuk diperbaiki

  • Ketahuilah juga bahwa hidup ini tidak mudah. Ada banyak rintangan menghalau. Jika salah melangkah, akan sulit untuk mundur kembali. Untuk itu, Anda harus bisa mengendalikan diri dan berhati-hati dalam bersikap atau mengambil keputusan. Kebijaksanaan sangat diperlukan dalam hal ini.

  • 7. Mengetahui apa yang ingin dilakukan dalam hidup Anda

  • Paling penting dari semua hal di atas adalah, Anda perlu tahu sedini mungkin apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Apa yang ingin Anda lakukan atau capai dalam hidup ini. Jangan sampai saat sudah tua kelak, Anda tidak memiliki tujuan hidup dan hanya menyusahkan orang lain terutama orang tua Anda.

  • Ingatlah selalu bahwa hidup ini hanya sebentar. Berusahalah untuk membuat waktu yang singkat ini berarti bagi diri Anda dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar Anda. Semoga sebelum berumur 40 tahun, Anda sudah melewati pelajaran-pelajaran di atas ya! Teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan jangan menyerah menggapai hal tersebut. Semoga sukses!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Hal-hal yang harus Anda pelajari sebelum mencapai usia 40. Jangan sampai menyesalinya!

Karena waktu akan berlalu dengan cepat, jangan sia-siakan hidup Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr