Mengajarkan Putri Anda untuk Menghargai Diri Sendiri, dan Menuntut yang Sama dari Teman Lelakinya

Bukan tugas kita untuk membesarkan anak-anak manja, tetapi kita bertanggung jawab untuk membesarkan anak-anak perempuan yang tahu bahwa mereka tidak usah berkompromi untuk dapat bertahan hidup.

2,598 views   |   shares
  • Sesungguhnya, membuat putri Anda berpikir bahwa mereka sangatlah berharga sehingga mereka tidak perlu bersikap pasrah, dimulai sejak dini. Mereka harus diajarkan bahwa mereka adalah manusia yang berharga, mandiri, cerdas, berbakat, dan baik hati. Mereka harus diajarkan bahwa mereka adalah lebih dari komponen fisik mereka – wajah cantik, payudara, kaki yang panjang, dan pinggang yang kecil – apapun yang ada pada diri mereka yang menarik perhatian teman lelaki mereka. Jika mereka percaya bahwa mereka punya kemampuan untuk menjadi mandiri dan membuat keputusan bijaksana sendiri, mereka tidak akan mudah masuk ke dalam jeratan teman lelaki pertama yang menarik perhatian mereka.

  • Bukan tugas kita untuk membesarkan anak-anak manja, tetapi kita bertanggung jawab untuk membesarkan anak-anak perempuan yang tahu bahwa mereka tidak harus berkompromi untuk dapat bertahan hidup. Jadi, bagaimana kita melakukannya?

  • Batasi pesan-pesan yang merendahkan wanita

  • Kita harus membatasi pesan-pesan yang membanjiri media yang meyakinkan bahwa wanita adalah obyek keinginan. Kita diserang oleh banyak gambaran yang tidak dapat dipenuhi oleh kebanyakan dari kita, meskipun ada beberapa dari kita yang sampai mati berusaha melakukannya. Ada yang lebih berharga dalam diri wanita dibandingkan tubuh indah di papan iklan. Walau Anda tidak dapat menghindari pesan-pesan ini, setidaknya biarkan putri Anda tahu bahwa Anda tidak setuju dengan gambaran wanita yang seperti ini.

  • Pujilah putri Anda atas kekuatan karakter mereka yang unik

  • Sewaktu putri kita bertambah dewasa, kita hendaknya memuji karakter mereka yang menjadikannya wanita yang baik: kebaikan hati mereka, kecerdasan mereka, rasa humor mereka, ketabahan mereka, akal mereka, bakat-bakat mereka. Ini adalah hal-hal berharga yang akan menolong mereka membuat pilihan-pilihan yang akan menjauhkan mereka dari sakit hati dan mengarahkan mereka pada kebahagiaan.

  • Pastikan para ayah juga tahu pengaruh mereka

  • Para ibu bukanlah satu-satunya orang yang bertanggungjawab untuk membimbing putri mereka. Baik sang ayah tinggal bersama mereka maupun hidup terpisah dari keluarga, dia dapat mengilhami putrinya untuk menghargai dirinya sendiri dengan bersikap baik kepada ibunya. Seperti kata seorang pembicara terkenal, Howard W. Hunter, “Memang benar, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan seorang ayah bagi anak-anaknya adalah menghormati ibu mereka.”

  • Para ayah, untuk dapat membesarkan seorang putri yang menuntut rasa hormat dari teman lelakinya, perlihatkan rasa hormat itu kepada istri Anda.

  • Advertisement
  • Para ibu, harapkan dan terimalah rasa hormat dari suami Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Teaching daughters to value themselves, and demand the same from boys" karya Rebecca Rickman.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Becky Lyn adalah orangtua tunggal, ia menghabiskan waktunya sebagai penulis profesional.

Situs: http://www.beckytheauthor.weebly.com

Mengajarkan Putri Anda untuk Menghargai Diri Sendiri, dan Menuntut yang Sama dari Teman Lelakinya

Bukan tugas kita untuk membesarkan anak-anak manja, tetapi kita bertanggung jawab untuk membesarkan anak-anak perempuan yang tahu bahwa mereka tidak usah berkompromi untuk dapat bertahan hidup.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr