5 museum ini wajib Anda kunjungi bersama anak-anak

Yuk, masukkan daftar museum ini ke dalam list destinasi berakhir pekan bersama keluarga.

180 views   |   shares
  • Di zaman sekarang, tujuan berlibur dengan mengunjungi museum sebagai destinasi wisata bersama dengan keluarga sudah tidak lagi menjadi pilihan populer di masyarakat Indonesia. Ini dapat terlihat dari menurunnya jumlah pengunjung museum di era kemajuan zaman ini. Kebanyakan orang lebih senang menghabiskan waktu keluarga dengan berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan atau mal-mal besar di perkotaan.

  • Padahal di setiap kota terdapat berbagai macam museum yang menarik untuk dikunjungi. Kota Jakarta misalnya, ada banyak museum yang sudah berdiri cukup lama dan menyimpan berbagai cerita sejarah. Sayang jika kita tidak mengenalkan informasi menarik ini kepada buah hati tercinta. Tidak hanya anak, orang dewasa pun bisa memperoleh manfaat dengan mengunjungi museum. Selain pengetahuan yang didapatkan, kunjungan ke museum juga bisa dibilang wisata yang murah meriah loh. Bahkan beberapa museum tidak menarik biaya pengunjungnya.

  • Penasaran kan? Berikut ini referensi museum-museum di berbagai kota di Indonesia, yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga:

  • 1. Museum Nasional Indonesia - Jakarta

  • Sayang sekali jika Anda belum pernah mengunjungi museum ini. Berada di ibukota, museum ini adalah salah satu yang terbesar di Indonesia dan terletak di Jakarta Pusat. Museum Nasional Indonesia atau sering juga dikenal dengan sebuat museum gajah, memiliki koleksi sejarah yang lengkap yang dapat Anda lihat serta pelajari bersama anak. Di antaranya terdapat banyak benda-benda pra sejarah dengan prasasti-prasasti bernilai tinggi. Di akhir pekan, museum ini juga sering mengadakan berbagai acara menarik loh, salah satunya menikmati dongeng Teater Komayang rutin dilaksanakan di sana.

  • 2. Museum Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) - Jakarta

  • Siapa sangka ternyata kepolisian kita juga memiliki sebuah museum yang terletak di daerah Blok M. Jika Anda atau anak-anak menyenangi dunia kepolisian, maka tempat ini akan menjadi awal yang baik untuk mengenal dan belajar lebih dekat tentang segala hal tentang kepolisian hingga peninggalan bersejarah dari kasus-kasus besar yang pernah terjadi di Indonesia.

  • 3. Museum Pos Indonesia - Bandung

  • Seperti halnya Museum Bank Indonesia, Pos Indonesia juga memiliki museum yang berada di kota bandung. Dari benda-benda seperti timbangan, sepeda yang digunakan oleh pengantar pos, hingga ribuan koleksi perangko dari dalam dan luar negeri. Bagi Anda yang menyukai filateli (koleksi dan penyelidikan tentang prangko dan meterai;

  • Advertisement
  • pengumpulan prangko), tempat ini akan sangat cocok sekali dikunjungi.

  • 4. Museum Satwa - Malang

  • Kota Malang juga memiliki beberapa museum yang menarik. Salah satunya adalah Museum Satwa yang menyimpan berbagai jenis hewan dari berbagai belahan benua. Satwa-satwa yang ada di dalamnya bukan sekedar patung atau replika buatan, namun benar-benar satwa mati yang diawetkan loh.Tentu menarik kan melihat bentuk aslinya?

  • 5. Museum Transportasi Angkut - Malang

  • Indonesia juga memiliki sejarah alat transportasi dari setiap dekade. Di tempat ini, Anda dan anak-anak dapat melihat berbagai perkembangan transportasi yang ada di Indonesia. Mulai dari kuda, delman, sepeda tua, motor hingga pesawat kepresidenan Indonesia. Tidak hanya transportasi dalam negeri, museum ini juga memamerkan beberapa koleksi antik dari luar negeri loh!

  • Menarik kan? Masih banyak lagi museum yang tidak kalah bagusnya. Ayo tunggu apa lagi, rencanakan liburan akhir pekan Anda dengan mengunjungi museum-museum di sekitar kota Anda. Alternatif pengisi akhir pekan yang fun dan edukatif loh!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 museum ini wajib Anda kunjungi bersama anak-anak

Yuk, masukkan daftar museum ini ke dalam list destinasi berakhir pekan bersama keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr