Waspadai penyakit yang kerap menghantui di musim hujan

Sehat itu mahal, karenanya jaga kesehatan tubuh Anda sebelum dihinggapi penyakit-penyakit langganan musim hujan

190 views   |   1 shares
  • Musim panas mulai berlalu dan musim penghujan pun tiba. Selain mewaspadai datangnya banjir, cuaca yang kian tak menentu juga perlu diwaspadai agar tak mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda. Perubahan suhu lingkungan yang tadinya panas tiba-tiba berubah menjadi dingin, tidak hanya berdampak pada manusia namun juga pada kehidupan mikroba di sekitar kita. Perubahan suhu tersebut membuat mikroba semakin mudah bertumbuh dan menjangkiti tubuh manusia.

  • Salah satu penyakit yang populer di peralihan musim ini adalah Influenza. Tapi tahukah Anda ada juga beberapa penyakit yang biasanya bermunculan seiring datangnya musim penghujan dan sama pentingnya untuk diwaspadai, seperti :

  • 1. Diare

  • Diare ditandai dengan BAB cair berkali-kali dan berdarah bila telah terinfeksi. Penyebab diare adalah bakteri seperti Salmonella Spp, Shigella dysentria, compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli) dan Entamoeba histolityca. Bakteri ini muncul dari lingkungan kotor dan lembap di sekitar, yang masuk lewat mulut dan menyerang saluran usus. Lakukanlah pertolongan pertama di rumah bila Anda mengalami diare dan kunjungilah dokter bila diare Anda tidak kunjung membaik setelahnya.

  • 2. Tifus

  • Salmonella Thyphi adalah bakteri yang menyebabkan tifus atau demam tifoid. Tifus ditularkan melalui makanan atau minuman yang tidak higienis dan telah terkontaminasi oleh bakteri. Gejala yang menyertai penyakit ini biasanya adalah demam yang umumnya terjadi pada sore dan malam hari, sakit kepala, mual, nafsu makan menurun, muntah, sakit perut, diare pada anak dan sembelit pada orang dewasa.

  • 3. Leptospirosis

  • Leptospirosis merupakan penyakit yang ditularkan langsung dari air yang terkena kuman leptospirosis, yang biasanya disebabkan oleh air seni binatang terutama tikus. Infeksi ditularkan melalui kontak kulit dengan air, tanah lembap atau lumpur yang telah terkontaminasi. Gejala yang ditimbulkan seringkali adalah demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, muntah, kuning pada mata dan kulit, sakit perut, diare ataupun ruam. Untuk mengatasinya, cucilah tangan atau mandilah setelah Anda terkena air hujan ataupun genangan air hujan.

  • 4. Penyakit kulit

  • Curah hujan yang tinggi dapat membuat suhu menjadi lembap dan mengakibatkan jamur tumbuh dengan subur. Jamur inilah yang dapat menyebabkan penyakit kulit di kala musim hujan. Selain itu, hujan dan banjir terkadang membawa serta beberapa bakteri yang juga menyerang kulit. Biasanya ditandai dengan rasa gatal di sekujur tubuh. Itulah mengapa seringkali kita dianjurkan untuk mandi air bersih bila kehujanan atau sehabis menerjang banjir. Gunakanlah obat kulit atau kunjungi dokter bila terasa sudah sangat mengganggu kenyamanan Anda.

  • Advertisement
  • 5. Demam berdarah

  • Banyaknya genangan air akibat turunnya hujan menjadi tempat nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Akibatnya, demam berdarah banyak terjadi di kala musim penghujan. Jagalah lingkungan rumah Anda tetap bersih dan bebas dari genangan air.

  • 6. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

  • ISPA memang dapat menyerang kapan saja, tanpa harus menunggu musim hujan. Namun, hujan turun terus-menerus di musim penghujan dan cuaca yang dingin dapat memicu terjadinya ISPA lebih sering. ISPA biasanya ditandai dengan batuk, demam, sesak napas dan nyeri dada.

  • Untuk selalu menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari penyakit-penyakit di atas, Anda dapat mengantisipasi dengan langkah-langkah seperti menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan bergizi serta higienis. Jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan tempat tinggal Anda, serta jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan terutama bila Anda harus beraktivitas penuh di luar ruangan.

  • Sumber : www.meetdoctor.com dan lifestyle.kompas.com

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Waspadai penyakit yang kerap menghantui di musim hujan

Sehat itu mahal, karenanya jaga kesehatan tubuh Anda sebelum dihinggapi penyakit-penyakit langganan musim hujan
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr