Tips mencintai pekerjaan yang sesungguhnya tidak sesuai dengan impian Anda

Berada dalam situasi seperti ini memang tidak mudah, mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak disukai dapat membuat perjalanan karier terasa lebih berat.

550 views   |   shares
  • Dalam dunia karier dan pekerjaan, tidak setiap orang beruntung memperoleh pekerjaan sesuai bidang keahlian dan passionnya. Beberapa dari mereka justru terpaksa memilih lahan pekerjaan yang jauh dari harapannya, dan bahkan mungkin tidak menyukai pekerjaan tersebut.

  • Berada dalam situasi seperti ini memang tidak mudah. Mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak kita sukai, dapat membuat hasil pekerjaan tidak sempurna dan karier yang dijalani dapat terasa lebih berat.

  • Jika situasi ini sedang Anda alami, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda mengatasinya.

  • 1. Sabar

  • Cobalah untuk menghilangkan kekecewaan atas situasi yang sebenarnya tidak Anda harapkan tersebut. Kesabaran merupakan kunci untuk dapat mengatasinya, agar kekecewaan yang dirasakan tidak memengaruhi kinerja Anda sehingga dapat berpengaruh buruk pada perjalanan karier saat ini. Siapa tahu saat dijalani, Anda justru menemukan passionbaru yang dapat membuat Anda lebih tertantang. Jadi, janganlah terlalu cepat mengambil keputusan untuk menyerah.

  • 2. Mengucap syukur

  • Tidak semua orang beruntung dapat memiliki pekerjaan. Banyak orang di sekitar Anda yang mungkin masih berjuang mendapatkan pekerjaan, hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Meski saat ini pekerjaan yang sedang dijalani bukanlah pekerjaan impian Anda, tetaplah bersyukur atas pekerjaan tersebut dan penghasilan yang Anda dapatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

  • 3. Jadikan untuk mencari pengalaman

  • Jadikan situasi ini sebagai sarana untuk memperluas keahlian Anda. Ini dapat menjadi kekuatan Anda untuk menawar posisi lebih saat dibutuhkan. Pengalaman yang didapatkan dari setiap pekerjaan yang Anda lakukan, akan meningkatkan kualitas diri dan membuat harga Anda menjadi lebih tinggi di kemudian hari.

  • 4. Bangun lingkungan kerja yang menyenangkan

  • Memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan dengan rekan-rekan kerja yang kompak juga dapat meningkatkan semangat untuk pergi bekerja setiap hari. Cobalah untuk memperluas pergaulan Anda dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang di tempat kerja. Dengan begitu, kesulitan -akibat ketidaksukaan- terhadap karier yang dijalani, dapat perlahan diatasi. Memiliki pekerjaan yang disukai sekalipun, jika hubungan dengan lingkungan kantor tidaklah nyaman maka tentu Anda juga tidak akan nyaman bekerja.

  • 5. Mempelajari lebih bidang yang sedang digeluti

  • Selain dapat menambah wawasan dan pengalaman Anda di bidang yang baru, melakukan pekerjaan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya mungkin saja dapat menjadi jalan lain lebih baik dari yang Anda harapkan sebelumnya. Tetaplah melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan memperdalam keahlian di bidang tersebut sekalipun Anda masih memiliki mimpi untuk dapat melakukan pekerjaan yang Anda sukai. Banyak orang justru sukses dan berhasil mendapatkan karier tertingginya pada bidang yang tidak mereka bayangkan sebelumnya. Pada akhirnya, mereka akan mewujudkan setiap keinginannya yang tertunda di masa lalu.

  • Advertisement
  • Meskipun setiap pekerjaan tidak selalu merupakan hal yang kita sukai dan impikan, namun yang terpenting adalah bagaimana kita menaruh usaha semaksimal mungkin dan tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan setiap kewajiban kita dengan sebaik-baiknya. Karena sesungguhnya kualitas diri yang kita miliki tidak ditentukan dari pekerjaan kita, tetapi hasil yang dapat diberikan atas usaha yang dilakukan. Untuk diri sendiri, maupun untuk lengkungan dan orang-orang di sekitar Anda.

Bantu kami menyebarkan

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Tips mencintai pekerjaan yang sesungguhnya tidak sesuai dengan impian Anda

Berada dalam situasi seperti ini memang tidak mudah, mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak disukai dapat membuat perjalanan karier terasa lebih berat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr