Inilah 10 profesi yang akan bersinar di masa depan, adakah diantaranya menjadi pilihan Anda?

Ada pekerjaan yang tak lekang dimakan waktu. Ada pula lahan baru yang mulai dilirik dan diminati. Apa saja 10 pekerjaan yang akan bersinar di masa depan?

3,769 views   |   6 shares
  • Dunia yang senantiasa berkembang, menghadirkan aneka perubahan dalam tatanan sosial. Permintaan dan kebutuhan manusia yang kerap berganti, menciptakan sebuah dinamika dalam lapangan kerja. Sebuah pekerjaan dapat saja menjadi yang dicari, namun nasibnya di masa mendatang belumlah pasti.

  • Mari mengulik prediksi dan meneropong masa depan. Pekerjaan apakah yang berprospek cerah di waktu mendatang?

  • 1. Application and software developer

  • Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi, khususnya dilihat dari penggunaan gawai dan internet, membuat kebutuhan tenaga pencipta aplikasi dan softwaretermasuk tinggi. Sepertinya, proyeksi di masa mendatang dan sudah mulai terlihat dari sekarang, seluruh lini serta kegiatan kehidupan akan dibantu oleh berbagai aplikasi. Tak heran, pendidikan berbasis teknologi informasi kian menjamur, untuk menjawab tantangan penyediaan tenaga kerja yang mumpuni.

  • 2. Pendidik usia dini

  • Di era milenial, cara pengasuhan pun tak seperti masa kita kecil dulu. Orang tua masa kini cenderung ingin mengeksplorasi seluruh ruang bakat dan minat anak semenjak balita. Stimulasi berbagai aspek pun dilakukan sejak awal, demi mengejar milestones yang ditetapkan. Namun, tanpa latar belakang pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman, pendidikan anak usia dini bisa saja berlangsung tidak optimal bahkan salah sasaran. Tak melulu harus menjadi guru kelompok bermain atau TK, Anda dapat menyediakan kelas-kelas pendek yang menitikberatkan pada stimulasi kemampuan dan kesempatan anak bereksplorasi. Kelas-kelas informal ini didesain lebih santai, melibatkan pula orang tua dalam pelaksanaannya, dan tidak terkungkung aturan baku yang biasa diberlakukan di pendidikan formal.

  • 3. Perencana keuangan

  • Mencemaskan masa depan finansial keluarga di puluhan tahun ke depan membuat banyak orang mulai melek untuk menata keuangannya. Namun pengelolaan finansial yang tepat guna memerlukan bekal ilmu. Apalagi tawaran investasi dan godaan konsumsi semakin berderet di depan mata. Inilah yang melatarbelakangi segarnya peluang menjadi perencana keuangan untuk tingkat individual dan keluarga kecil. Dengan pendekatan personal dan penyampaian komunikatif, Anda dapat dengan mudah mendapatkan klien sekaligus mengedukasi masyarakat akan literasi keuangan.

  • Advertisement
  • 4. Manajer layanan kesehatan

  • Bidang kesehatan menjadi area yang tak lekang dimakan zaman. Namun, tentu saja kebutuhan masyarakat kini tidak hanya berkisar kepada pelaku jasa konvensional seperti dokter dan perawat. Kini, tenaga kesehatan juga dituntut untuk menguasai ilmu manajemen dan manajerial. Pelayanan kesehatan yang tidak tertata baik tentulah mendatangkan masalah dan petaka. Inilah yang membuat lahan pendidikan manajemen kesehatan dilirik oleh banyak praktisi kesehatan untuk melengkapi keterampilan mereka.

  • 5. Pemasaran digital

  • Era digital menyuguhkan aneka kemudahan dalam dunia transaksi jual-beli. Akan tetapi, memasarkan produk dan jasa di dunia maya memiliki tantangan tersendiri. Tiadanya kontak langsung mempertaruhkan kepercayaan penjual dan pembeli. Di sinilah pemasar digital menunjukkan tajinya. Bagaimana dapat menyakinkan pembeli bahwa transaksi daring ini aman dan produk yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi? Di sisi lain, pemasar digital juga membantu menciptakan citra penjual serta produk yang tertancap kuat di benak pelanggan. Mulai dari riset pasar, strategi pemasaran, eksekusi program, hingga evaluasi, pemasar digital memegang kendali atas segala upaya pemasaran daring ini.

  • 6. Trainer

  • Ilmu pengetahuan dan keterampilan terus bertambah jenisnya setiap hari. Umumnya, semakin menekuni suatu bidang, semakin spesifik pula lingkup keilmuan Anda. Akan tetapi, banyak kalangan yang ingin membuat dirinya menjadi seorang individu multi-tasking. Syaratnya, menguasai berbagai keterampilan, tidak terpatok pada satu jenis ilmu saja. Sebuah peluang terbuka untuk membagikan ilmu-ilmu Anda, khususnya dalam jalur informal. Entah itu keterampilan memasak, hingga teknik komunikasi korporat, menjadi trainer begitu diminati hingga masa depan nanti. Ditambah, era digital memungkinkan pelatihan ini dilakukan secara daring sehingga Anda dapat menjangkau pasar lebih luas dan eksekusi yang lebih praktis.

  • 7. Penulis konten

  • Terkait dengan pemasaran digital, meyakinkan seseorang yang kini lebih banyak berinteraksi di dunia maya, tentunya membutuhkan kata-kata yang kuat. Menciptakan konten daring bukan perkara gampang. Tak hanya mengandalkan kemampuan merangkai kata, Anda perlu jeli menangkap apa yang diinginkan oleh pembaca dan meramunya dengan gaya khas Anda atau sesuai permintaan klien. Tak cuma mengisi situs, konten ini juga dilirik untuk mengatur isi media sosial bahkan informasi yang akan disebarkan melalui chat groups. Pekerjaan ini dapat dilakukan secara full time maupun freelance, sebuah fleksibilitas yang kian membuatnya menarik.

  • Advertisement
  • 8. Layanan kesehatan personal

  • Keinginan untuk mendapatkan layanan istimewa tanpa mengantre lama di fasilitas kesehatan, membuat permintaan dan kebutuhan akan layanan kesehatan personal semakin tinggi. Bagi kalangan menengah ke atas dan kaum manula, memiliki asisten kesehatan seperti perawat terdaftar tentulah akan menenangkan hati untuk mendampingi kala kondisi kesehatan tak bugar. Ibu melahirkan juga menjadi pangsa pasar potensial untuk perawatan pasca melahirkan, misalnya edukasi perawatan bayi, konseling menyusui, dan pemulihan kondisi.

  • 9. Konsultan

  • Iklim bisnis yang kompetitif dan berjibaku dengan kondisi ekonomi yang fluktuatif, menjadikan banyak perusahaan memilih untuk menggunakan jasa konsultan. Konsultan dapat membantu membenahi masalah perusahaan dan membuat strategi tanpa perlu merogoh kocek sedalam memperkerjakan pakar secara jangka panjang.

  • 10. Ilmuwan data

  • Lagi-lagi, era digital menyediakan peluang kerja yang semakin luas. Teknologi informasi membuat data dalam jumlah besar berlalu lalang dalam saluran-saluran komunikasi. Tanpa pengelolaan yang tepat, data ini dapat jatuh ke tangan yang tak berwenang dan disalahgunakan. Peran ilmuwan data menunjukkan sebuah kepentingan, baik dari pengumpulan, pemeliharaan, penjagaan dan penggunaan data ini dalam alur yang tepat.

  • Tetaplah memperkaya wawasan dan keterampilan untuk memoles sisi profesional Anda. Apabila Anda berminat untuk menekuni salah satu dari 10 pekerjaan di atas, bersiaplah untuk menghadapi dinamikanya pula. Sediakan rencana untuk jalan karier Anda dan fleksibel mengikuti tuntutan zaman yang kerap berubah-ubah.

Baca, hidupkan, bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Inilah 10 profesi yang akan bersinar di masa depan, adakah diantaranya menjadi pilihan Anda?

Ada pekerjaan yang tak lekang dimakan waktu. Ada pula lahan baru yang mulai dilirik dan diminati. Apa saja 10 pekerjaan yang akan bersinar di masa depan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr