Sadarilah, ini 5 hal yang tidak bisa Anda kendalikan dalam hidup

Sebaiknya berfokus pada hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia, ketimbang memikirkan apa yang membuat Anda stres.
Nov 12, 2017

1,208 views   |   shares
  • Bagi si perfeksionis, menjalani segala hal dengan terencana dan terukur adalah hal yang wajib hukumnya. Sedikit saja tidak sesuai dengan apa yang diperhitungkan, dapat memicu stres dan membuatnya merasa 'gagal'. Padahal ada saja hal-hal yang tidak dapat dikontrol dalam kehidupan ini, seperti hal-hal di bawah ini.

  • 1. Apa yang orang pikirkan tentang Anda

  • Tentu saja setiap orang ingin dinilai baik oleh orang lain. Namun jika kenyataannya mereka mempunyai gambaran yang tidak sesuai dengan harapan Anda, itu hak mereka. Mungkin Anda dapat berusaha untuk memperbaiki 'impresi' Anda di mata mereka, tapi Anda tidak dapat memaksakan bagaimana mereka ingin menilai Anda. Segala sikap Anda memengaruhi bagaimana orang menilai Anda, namun jika ia punya penilaian lain maka itu adalah hak mereka!

  • 2. Apa yang orang lain lakukan

  • Anda dapat menebak apa yang akan dilakukan orang lain, tapi Anda tidak dapat sepenuhnya mengetahui apa yang ingin mereka lakukan. Misalnya saat melamar pekerjaan, Anda melakukan segalanya dengan sempurna. Catatan karier yang baik, etos kerja dan semangat yang juga baik, sehingga besar kemungkinan Anda dapat diterima bekerja. Namun, itu saja tidak 100 persen membuat Anda aman mencapai posisi tersebut. Mungkin tiba-tiba orang yang seharusnya Anda gantikan posisinya, memutuskan untuk tidak berhenti dari pekerjaannya. Atau tiba-tiba calon atasan punya kriteria lain yang tidak Anda miliki. Apa boleh buat?

  • 3. Apa yang terjadi di sekitar Anda

  • Perubahan, seperti halnya kemajuan teknologi saat ini, tidak dapat terbendung. Pilihannya, Anda mengikuti arus atau tetap di posisi Anda dan tenggelam bersama masa lalu. Anda tidak dapat mengontrol keadaan di sekitar, namun adaptasi dalam ketidaknyamanan adalah cara terbaik untuk dapat bertahan.

  • 4. Hasil usaha Anda

  • Anda sudah berusaha sangat keras untuk mencapai apa yang ingin Anda raih saat ini. Bahkan mungkin bisa dibilang, usaha yang Anda keluarkan sudah 101 persen! Namun jika hasil yang diharapkan tidak tercapai, Anda tidak keluar jadi pemenang terbaik, terimalah hal tersebut sebagai cambuk kesuksesan untuk lebih baik lagi.

  • 5. Waktu berlalu

  • Menyesali waktu yang berlalu, tidak ada gunanya. Anda tidak dapat mengontrol waktu untuk berhenti dan berputar, yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan waktu yang berjalan dengan sebaik-baiknya. Hindari berfokus pada kegagalan saat ini, dan arahkan pandangan pada apa yang dapat Anda lakukan yang terbaik hari ini.

  • Advertisement
  • Hentikan pikiran untuk merancang segala hal dengan sempurna, karena hanya akan membuat Anda berkutat dengan stres dan merusak mood. Daripada berfokus pada apa yang tidak bisa Anda kontrol, lebih baik pikirkan hal-hal sederhana yang dapat membuat Anda bahagia. Misalnya, tubuh yang sehat, keluarga yang bahagia, karier yang stabil dan lingkungan yang damai sentosa. Pilih beberapa hal terbaik yang terjadi dalam hidup Anda dalam saat ini, dan fokuslah mensyukuri hal tersebut.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sadarilah, ini 5 hal yang tidak bisa Anda kendalikan dalam hidup

Sebaiknya berfokus pada hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia, ketimbang memikirkan apa yang membuat Anda stres.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr