Memasuki musim hujan, ini ide permainan di dalam rumah yang tetap menyenangkan

Musim hujan sudah di depan mata. Sebelum anak dilanda kebosanan, yuk lakukan kerajinan sederhana ini.

99 views   |   1 shares
  • Biasanya setiap sore di depan jalanan rumah saya, selalu ramai dengan suara anak-anak yang sedang bermain di luar. Ramai dan terkadang tersenyum geli mendengar celotehan dan obrolan mereka yang lucu. Namun semenjak musim hujan tiba, hanya suara hujan saja yang terdengar. Kasihan, mereka pastilah kebosanan menghabiskan waktu di dalam rumah seharian.

  • Selain cucian yang tidak kering karena hujan, anak kebosanan di musim hujan juga menjadi permasalahan tersendiri untuk para Ibu. Membaca buku, menonton tv atau apapun dilakukan agar si kecil tidak bosan dan merengek untuk bermain keluar. Padahal terlalu sering menonton TV juga bukanlah hal yang baik untuk mereka.

  • Daripada mati gaya karena kehabisan ide untuk menyibukkan anak agar tidak merengek main keluar di saat hujan, simak beberapa ide sederhana untuk mengajak anak bermain di bawah ini.

  • 1. Rainbow Milk

  • Ini adalah ide art yang akan membuat si kecil terkagum-kagum dan sekaligus dapat Anda jadikan sarana untuk mengenalkan science pada anak yang lebih besar. Anda hanya membutuhkan piring atau wadah berisi susu cair putih, pewarna makanan dan cotton budatau tusuk gigi serta sabun cuci piring.

  • Teteskan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam susu. Anda dapat menggunakan lebih dari satu warna sekaligus. Celupkan cotton budatau tusuk gigi ke dalam sabun cuci piring yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian, celupkan cotton bud atau tusuk gigi yang telah berbalur sabun, ke dalam wadah berisi susu yang diteteskan perwarna makanan. Sabun akan membuat tetesan pewarna makanan tersebut menjauh dan membentuk seperti lukisan yang indah. Anda juga dapat mengajak si kecil menggerakkan cotton bud/tusuk gigi seperti menggambar.

  • 2. Ikan dan pancingan

  • Buatlah ikan-ikanan dari piring kertas atau plastik warna-warni bersama anak. Bentuk dan hias ikan tersebut sesuai dengan keinginan anak Anda. Setelah selesai membuat ikan-ikanan tersebut, Anda dapat menjadikannya sebuah permainan yang menyenangkan untuk anak. Belilah magnet kepingan yang kecil, paper clip dan sedotan keras atau sumpit kayu atau apapun yang dapat Anda jadikan sebagai tongkat pancingan. Rekatkan paper clip di ikan tersebut dan letakkan di atas lantai. Anda dapat menggunakan kertas krep biru atau kain biru untuk membuatnya seperti ikan ada di air. Gantungkan magnet menggunakan lem dan tali ke tongkat pancing, lalu mulailah memancing bersama-sama. Jika anak belum dapat membuat ikan-ikanan sendiri, Anda dapat membuatnya dari kertas tebal sebelumnya.

  • Advertisement
  • 3. Roda warna-warni

  • Gampang, menyenangkan dan sedikit berantakan. Pastikan si kecil menggunakan apron agar tidak mengotori bajunya atau gunakan baju yang sudah agak usang. Anda hanya memerlukan cat warna-warni, mainan mobilan yang kecil atau kelereng, kertas. Anda dapat menggunakan kertas bekas yang masih kosong di 1 sisinya. Letakkan kertas tersebut ke dalam sebuah kotak atau baki. Tuang cat ke sebuah wadah yang datar dan lebar. Jalankan roda mobil di atas cat atau gelindingkan kelereng di atas cat. Selanjutnya, letakkan mobil-mobilan atau kelereng tersebut ke atas kertas dan gerakkan bakinya dan lihatlah roda tersebut meninggalkan jejak berwarna di atas kertas.

  • 4. Hand and finger printing

  • Yang Anda perlukan sesederhana kertas dan cat atau pewarna makanan bila anak masih sangat kecil. Tuang cat ke dalam wadah datar dan lebar karena kita akan mencelupkan telapak tangan ke dalam cat. Anda juga dapat menggunakan kuas dan membuat si kecil geli. Anda dapat membuat berbagai macam bentuk lukisan unik dengan menggunakan hand and finger printing.

  • Nah, semoga hujan tidak menjadikan Anda dan si kecil murung. Selain mencoba ide-ide di atas, masih banyak lagi ide aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama anak di kala musim hujan tiba. Sesederhana apapun aktivitasnya, bermain akan membuat anak-anak lebih bahagia!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Memasuki musim hujan, ini ide permainan di dalam rumah yang tetap menyenangkan

Musim hujan sudah di depan mata. Sebelum anak dilanda kebosanan, yuk lakukan kerajinan sederhana ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr