Suami punya teman dekat wanita, wajarkah? Di mana batasannya?

Apakah Anda sebagai istri masih bisa merasa biasa-biasa saja?

4,359 views   |   4 shares
  • Pergaulan antar lawan jenis memang diperbolehkan. Semua orang berhak berteman dengan siapa saja. Termasuk pria yang punya teman dekat atau sahabat wanita, hubungan tersebut biasa saja terjadi. Tetapi bagaimana bila yang punya teman dekat wanita adalah suami Anda sendiri?

  • Apakah Anda sebagai istri masih bisa merasa biasa-biasa saja? Apakah Anda menganggap hal tersebut wajar saja? Tidak kah muncul kekhawatiran, rasa curiga atau kecemburuan dalam hati manakala suami Anda mempunyai teman dekat seorang wanita, apalagi Anda tahu si wanita tersebut jauh lebih menarik dari Anda? Bagaimana Anda menyikapi hubungan mereka?

  • Memang sudah seharusnya suami memahami batasan-batasan dalam bergaul, termasuk bergaul dengan lawan jenis sekalipun dia sahabat klop banget. Ketika seseorang masuk dalam ikatan pernikahan, tentunya ada aturan-aturan yang diikuti. Salah satunya, harus tahu bagaimana bersikap atau berinteraksi dengan wanita lain agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan pasangan atau merusak pernikahan nantinya.

  • Lalu, apa yang Anda lakukan jika pada kenyataannya suami Anda memiliki teman dekat atau sahabat seorang wanita?

  • "Selama persahabatan mereka masih dalam batasan kewajaran, saya pikir wajar-wajar saja. Jika dia adalah sahabat yang baik, tentunya dia tidak akan melakukan hal yang menjerumuskan suami saya dan menghancurkan pernikahan kami. Kebetulan suami saya memang memiliki seorang sahabat wanita, mereka bersahabat dari bangku kuliah dulu sampai sekarang. Saya mengenalnya karena dari awal, suami saya sudah memperkenalkannya pada saya. Hubungan dia dan saya juga layaknya teman dekat. Kalaupun mereka ingin bertemu, saya pasti diajak pergi bersama. Jadi, tak ada yang perlu dicemaskan." (Zaskia, 30 tahun, IRT)

  • "Sebenarnya suami punya teman dekat wanita itu lumrah saja kok. Yang jadi permasalahannya, jika hubungan suami dengan sahabat wanitanya itu terkesan ditutup-tutupi, sampai-sampai suami enggan memperkenalkan dia kepada kita, isi chat atau pesan singkatnya terlalu mesra, di ponsel suami ada foto mereka berdua, si wanita terlalu mendominasi dan mengatur suami kita, mereka sering kedapatan keluar atau hang out berdua. Nah, jika hal-hal tersebut yang terjadi maka hubungan mereka perlu dicurigai dan segera ambil langkah agar hubungan mereka tidak semakin menjauh." (Glory, 28 tahun, Malang)

  • "Sebagai istri wajarlah jika saya kepikiran. Apalagi saya tahu, suami saya punya banyak teman wanita, cantik-cantik pula. Pastinya semakin kepikiran. Namun, kepercayaan yang saya berikan kepada suami sayalah yang membuat dia berusaha untuk menjaga diri dan bersikap sebagai mestinya berusahabat tidak lebih. Mengekang, membatasinya terlalu berlebih, mengintreogasinya di setiap waktu dan penuh rasa cemburu hanya akan membuat dia tidak nyaman bersama saya dan imbasnya mencari teman wanitanya sebagai pelarian. Itulah yang saya cegah terjadi. Daripada mencurigai yang aneh-aneh, lebih baik saya menjaga komunikasi dan membuat pernikahan ini lebih baik." (Keyla, 34 tahun, Malang)

  • Advertisement
  • Bagaimanapun Anda adalah istrinya. Anda berhak membuat batasan atau aturan tentang bagaimana seharusnya suami Anda berhubungan dengan teman wanitanya. Sampaikan pada suami apa saja yang boleh dilakukan atau hal-hal apa yang dapat membuat Anda sedih, kecewa atau tidak nyaman dalam hubungan persahabatan mereka.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Suami punya teman dekat wanita, wajarkah? Di mana batasannya?

Apakah Anda sebagai istri masih bisa merasa biasa-biasa saja?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr