Ini dia 5 makanan yang bisa redakan kecemasan dan stres Anda

Kandungan yang terdapat dalam beberapa makanan berikut dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan kadar hormon bahagia, artinya akan mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan stres yang kita alami. Makanan apa sajakah itu?

781 views   |   4 shares
  • Makanan adalah sumber energi utama manusia. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Semua manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Bukan hanya membuat rasa lapar kita hilang seketika setelah makan. Makanan yang salama ini kita konsumsi, beberapa diantaranya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada yang dapat mencegah datangnya penyakit.

  • Manfaatnya yang luar biasa, membuat kita harus cermat mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan sumber energi bagi kita. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa makanan-makanan tertentu ternyata memiliki manfaat lain yaitu membantu meredakan rasa cemas dan stres.

  • Secara logika kita akan berpikir apa benar makanan tertentu bisa mempengaruhi pikiran kita yang sedang dalam keadaan cemas atau stres. Dimana hubungannya?. Namun ada penelitian mengemukakan kandungan yang terdapat dalam beberapa makanan berikut dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan kadar hormon bahagia, artinya akan mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan stres yang kita alami. Makanan apa sajakah itu?

  • 1. Buah-buahan segar

  • Khasiat dari buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai Vitamin baik, dapat kita peroleh melalui buah-buahan segar. Namun dari sekian banyak buah yang kita jumpai, buah alpukat, jeruk, berry, apel, pisang dan manggis memiliki kandungan yang mampu membantu meredekan stres dan rasa cemas yang kita derita. Vitamin C pada buah dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi hormon kortisol ( hormon penyebab stres ).

  • 2. Sayur-sayuran segar

  • Sayuran segar berdaun hijau seperti bayam, asparagus dan brokoli hijau merupakan sayuran hebat yang mampu meredakan stres. Kandungan folat yang terdapat dalam sayuran tersebut menghasilkan zat kimia (dopamin) pada otak yang dapat merangsang kebahagiaan. Kandungan asam amino yang tinggi membantu meningkatkan suasana hati. Orang yang sering mengkonsumsi folat memiliki resiko depresi yang kecil dibanding mereka yang jarang atau tidak suka mengkonsumsi sayuran yang mengandung folat.

  • 3. Coklat

  • Khususnya coklat hitam, diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan seseorang menjadi stres. Mengemil sekitar satu atau dua potong coklat hitam adalah pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran dan mood kita. Coklat mengandung phenetylamine yang mampu mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia. Itu sebabnya coklat sangat digemari karena dipercaya dan terbukti menekan rasa cemas dan stres.

  • Advertisement
  • 4. Es krim

  • Tak hanya enak dan menyegarkan, es krim terbukti dapat menghilangkan rasa cemas dan stres dalam waktu sekejap. Sensasi dingin pada es krim dapat " mendinginkan" kepala dikala stres. Mengkonsumsi es krim akan membuat kita merasa lebih tenang, nyaman dan seketika melepaskan hormon yang memberi perasaan bahagia. Asam amino tryptophan yang berasal dari bahan dasar es krim ( susu dan krim ) inilah yang efektif menenangkan otak kita.

  • 5. Kacang almond, kacang mete

  • Nutrisi yang terkandung pada kacang almond atau kacang mete ( magnesium, protein, vitamin B6, zat besi, asam amino, omega 3 ) bermanfaat untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan. Bukan cuma sebagai cemilan yang enak, kacang jenis ini terbukti dapat mengalahkan stres. Inilah yang membuat kacang almond dan kacang mete lebih spesial diantara kacang-kacang lainnya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ini dia 5 makanan yang bisa redakan kecemasan dan stres Anda

Kandungan yang terdapat dalam beberapa makanan berikut dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan kadar hormon bahagia, artinya akan mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan stres yang kita alami. Makanan apa sajakah itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr