Apa Artinya Sebuah Nama?

Memilih nama anak hendaknya dilakukan dengan baik-baik, jangan sampai anak itu malu sesudah dewasa.

1,584 views   |   1 shares
  • "Apa artinya sebuah nama?" (Shakespeare)

  • Apa artinya sebuah nama? Yang namanya mawar biarpun disebut dengan nama lain tetap harum baunya. Perkataan pujangga besar Shakespeare dalam drama Romeo dan Juliet ini paling banyak dikutip orang. Tapi setujukah Anda dengan perkataan ini? Pada waktu Anda mempunyai bayi Anda tentu telah menyiapkan sebuah nama yang Anda pilih dengan seksama. Namun ada juga orang-orang terkenal yang sembarangan menamai anaknya dengan nama yang aneh-aneh. Yang kasihan tentu anak-anak itu nantinya. Di bawah ini serba-serbi orangtua memilih nama untuk anaknya.

  • Nama Barat

  • Yang paling mutakhir ialah anak penyanyi terkenal Kanye West dan bintang reality show Kim Kardashian. Mentang-mentang nama belakangnya West, bayi perempuan mereka dinamai North. Mungkin karena sering mengadakan tur, Kanye suka naik pesawat Northwest, begitu berkesannya sampai anak pertamanya diberi nama yang sama. Nama anak perempuan bintang film Gwynneth Paltrow adalah Apple. Mungkin dia berpikir kenapa yang sering dipakai cuma Cherry, kan apple juga boleh. Anak berikutnya boleh jadi diberi nama Pineapple alias nenas.

  • Ada orang tua yang ingin memiliki anak perempuan sehingga anak lelakinya diberi nama perempuan atau sebaliknya. Bayangkan kalau Anda mengenal seorang bernama Shirley dan ternyata dia berjenggot. Atau Anda berkenalan dengan Parker yang Anda bayangkan pria yang berotot, ternyata gadis lemah gemulai. Kebiasaan orang di AS memberi nama anak tidak mengenal batasan jenis. Tapi ada juga kebiasaan baik orang Amerika yaitu memberi nama anaknya dengan nama ayah, ibu, kakek atau neneknya, demi untuk menghormati mereka. Tidak jarang juga nama anak lelaki sama dengan nama ayahnya, entah memakai akhiran Jr (Junior) atau tidak. Untuk membedakannya diberilah si anak nama panggilan supaya mudah dibedakan dari ayahnya.

  • Nama Timur

  • Orang Timur lain lagi, di Indonesia nama yang dipilih untuk generasi modern yang tinggal di kota sungguh menarik. Indah, Bunga, Lestari, dst. membuat bayangan kita melayang ke gadis cantik menarik yang berjalan bagaikan pohon kelapa melambai, tidak peduli kenyataannya seperti mobil tanki bensin. Sebaliknya di Cina nama anak lelaki kebanyakan adalah naga, misalnya Bruce Lee yang terkenal itu nama Cinanya Lee Siao Leung alias naga kecil. Sedangkan anak perempuan namanya sering diakhiri dengan Hoa yang berarti bunga. Saya ingat atasan saya dari Hong Kong dulu hampir semuanya memakai nama Inggris yang tidak tercantum di paspor mereka. Ada satu yang tidak mau menggunakan nama Inggris, tetapi karena nama marganya Poon (dibacanya mirip Bond), oleh teman-temannya dia diberi nama Inggris James supaya mirip tokoh 007.

  • Advertisement
  • Nama Pribadi

  • Penulis lahir dengan nama yang terdiri dari 3 suku kata. Sekitar tahun 60-an atas anjuran pemerintah nama itu diganti dengan nama yang berbau Indonesia. Saya pilih nama depan seorang gadis cilik korban G-30-S, putri Jendral Nasution. Nama belakangnya dicomot dari iklan parfum Perancis di majalah karena ceritanya menarik. Aslinya adalah nama kebun di Taj Mahal, berasal dari kata Sansekerta yang berarti tempat cinta. Konon monumen yang didirikan Shah Jahan demi cintanya kepada istrinya Mumtaj Mahal itu dihias dengan bunga-bunga dari taman Shalimar. Gara-gara nama ini saya sekarang sering mendapat penawaran tiket murah ke India di email saya.

  • Ibu saya memberi nama semua cucunya, sebelum menikah saya sudah protes, menurut pendapat saya ibu sudah memberi nama anak-anaknya, tidaklah adil bila ibu juga memberi nama anak-anak kami. Saya bilang saya akan memberi nama anak saya Paijo. Tentu saja ini tidak pernah terjadi. Ketika saya mengandung anak pertama, teman dekat suami saya mempunyai anak yang diberi nama Raja. Kami tidak mau kalah, anak kami harus lebih tinggi, jadi kami beri nama Caesar. Sementara anak kedua lahir tidak lama sesudah musibah Challenger II, karena kami terkesan dengan keberanian Chrysta McAuliff, guru yang berkorban demi pendidikan, kami pakai nama depannya untuk anak kami.

  • Nah, dari mana asal nama Anda, suami/istri dan anak-anak Anda? Pasti ada arti atau cerita menarik di belakangnya, sesuatu yang bisa Anda tuturkan kepada anak-anak Anda supaya lebih menghargai nama-nama itu.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apa Artinya Sebuah Nama?

Memilih nama anak hendaknya dilakukan dengan baik-baik, jangan sampai anak itu malu sesudah dewasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr