Pelukan ternyata berpengaruh besar pada kualitas kesehatan si kecil. Sejauh mana hubungannya?

Bagaimana hubungan antara pelukan yang mempengaruhi kesehatan si kecil?

305 views   |   2 shares
  • Ada berbagai cara yang dapat dilakukan orang tua kepada anak-anaknya sebagai ungkapan perasaan sayang dan perhatian sebagai orang tua. Bukti sayang dan perhatian kita terhadap si kecil dapat kita tunjukkan salah satunya melalui pelukan. Sentuhan sederhana seperti pelukan dapat berdampak besar bagi kehidupan si kecil. Namun, banyak orang tua tidak menyadari akan hal kecil tersebut, bahkan menganggap sebagai hal sepele.

  • Membangun ikatan batin antara orang tua dan anak sangat dibutuhkan, baik bagi kita sebagai orang tua terlebih baik bagi anak kita. Kedekatan ini yang akan mempengaruhi perkembangan kesehatan anak secara keseluruhan yang mencakup kesehatan psikis, kesehatan mental, kesehatan otak bahkan kesehatan tubuh.

  • Kedekatan antara anak baiknya kita mulai dengan membiasakan memeluk anak-anak kita setiap harinya. Jadikan aktivitas ini sebagai aktivitas wajib yang tidak boleh kita lewatkan setiap hari. Anak yang sering dipeluk dan mendapatkan sentuhan-sentuhan kasih sayang dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang lebih " sehat " dibandingkan anak yang jarang dipeluk orang tuanya. Pelukan yang hangat dan penuh keakraban akan membuat anak mereka nyaman, aman, tenang, bahagia.

  • Lalu bagaimana hubungannya dengan pelukan yang mempengaruhi kesehatan si kecil?.

  • Anak yang sering mendapatkan pelukan kasih sayang dari orang tua tentu akan merasa lebih nyaman, aman dan bahagia. Inilah yang membuat kinerja hormon serotonin atau oksitosin dalam tubuh anak bekerja baik. Hormon inilah yang membuat rasa bahagia muncul. Ketika anak merasa terproteksi, terlindungi, dan perasaannya menjadi bahagia. Secara otomatis anak akan terhindar dari yang namanya stres dan rasa cemas.

  • Saat anak mudah stres, kondisi inilah yang justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh si kecil. Anak yang psikologis bermasalah ( stres dan cemas), akan terlihat pada tumbuh kembangnya yang tidak optimal. Kekebalan tubuhnya menurun, kecerdasannya menurun, anak jadi mudah sakit, serta pertumbuhannya terlambat. Kontak fisik inilah yang diperlukan untuk melepaskan zat kimia di otak sehingga dapat mengurangi hormon stres pada anak.

  • Pelukan terbukti memberi efek menenangkan serta memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Selain itu, si kecil akan lebih rileks ketika berada dalam dekapan hangat orang tua. Peredaran darah dalam tubuh berjalan lancar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil. Kesehatan jantung juga terkontrol, perasaan rileks akan membuat kerja jantung berdetak secara normal.

  • Advertisement
  • Perasaan bahagia karena sebuah pelukan akan merangsang perkembangan saraf dan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Pelukan juga dapat memberi rangsangan positif pada pertumbuhan otak. Stimulasi dan perkembangan otak akan tumbuh lebih optimal dengan rutin memeluk buah hati kita.

  • Efek positif lainnya dari pelukan yaitu membantu proses pemulihan ketika si kecil mengalami sakit. Selain obat dan makanan yang bergizi, pelukan merupakan suplemen paling berpengaruh dalam proses penyembuhan anak yang sedang sakit. Memeluk anak yang sakit akan membantu si kecil mempertahankan daya tahan tubuhnya secara seimbang.

  • Cobalah untuk merasakan manfaatnya sendiri. Berilah pelukan penuh kasih sayang secara intens untuk mendapatkan hubungan yang berkualitas dengan si kecil dan tentunya agar buah hati tercinta kita selalu bahagia dan kesehatannya juga terjaga dengan baik.

  • 320401424

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Pelukan ternyata berpengaruh besar pada kualitas kesehatan si kecil. Sejauh mana hubungannya?

Bagaimana hubungan antara pelukan yang mempengaruhi kesehatan si kecil?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr