Benarkah kecerdasan seorang anak menurun dari ibu?

Faktanya beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan anak diwariskan dari gen ibu. Artinya kalau ibu pintar, anak yang dilahirkan juga pintar. Namun benarkah adanya demikian?.

4,347 views   |   23 shares
  • Salah satu artis berparas cantik yang terkenal dengan filmnya berjudul Ada apa dengan Cinta, pernah mengatakan bahwa entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Karena Ibu- ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas.

  • Apa yang dikatakan Dian Sastro itu bukan lah suatu kebetulan. Faktanya beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan anak diwariskan dari gen ibu. Artinya kalau ibu pintar, anak yang dilahirkan juga pintar. Namun benarkah adanya demikian?. Lalu seperti apa pembuktiannya?. Bagaimana bisa seorang ibu menjadi penentu kecerdasan anak-anaknya?

  • Secara teori faktor genetik sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Dr.Ben Hamel seorang ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands mengatakan bahwa tingkat kecerdasan seseorang terkait dengan kromosom X yang berasal dari ibu. Ibu ( perempuan) memiliki dua kromosom X sedangkan ayah ( laki-laki) hanya memiliki satu kromosom X. Kromosom inilah yang menjadi penentu kecerdasan anak.

  • Faktor genetik /keturunan diyakini memainkan peran yang cukup besar dalam dalam penentu kecerdasan anak. Berdasarkan penelitian kecerdasan yang diturunkan dari kecerdasan ibu bisa sekitar 50 - 60 %. Artinya faktor genetik ibu banyak mempengaruhi tingkat intelektual anak. Tetapi hal tersebut tidaklah mutlak.

  • Banyak juga yang terjadi dan sering kita jumpai bahwa ada anak yang memiliki kecerdasan, intelektual bahkan IQ yang tinggi terlahir dari ibu yang yang memiliki kecerdasan yang rendah begitupun sebaliknya. Jadi tidak ada jaminan kalau ibunya cerdas pasti anaknya tumbuh cerdas juga.

  • Kenyataan tersebut membuktikan bahwa faktor genetik bukanlah menjadi faktor penentu utama kecerdasan seorang anak. Investasi seorang ibu dalam diri anak memang cukup mempengaruhi. Namun ada faktor-faktor lain yang juga bisa mempengaruhi kecerdasan anak seperti faktor lingkungan dan asupan nutrisi yang diterima anak.

  • Untuk mendapatkan fungsi sel otak yang bekerja maksimal sebagai penentu kecerdasan anak. Selain faktor genetik, pemenuhan asupan gizi dan nutrisi perlu diperhatikan. Apa jadinya bila kebutuhan akan gizi anak tidak terpenuhi. Fungsi otak dan tumbuh kembangnya menjadi tidak maksimal. Mensuplai makanan yang bergizi, sehat dan seimbang justru akan merangsang perkembangan sel otak lebih sempurna.

  • Faktor lainnya adalah lingkungan. Faktor lingkungan juga memegang peranan yang cukup besar dalam menghasilkan anak-anak yang cerdas. Bukan saja cerdas secara akademis tetapi cerdas dalam berperilaku dan bersosialisasi. Ketika anak hidup pada lingkungan yang sehat, dibesarkan pada satu keluarga yang bahagia, tumbuh pada lingkungan mendukungnya secara psikologis, dirawat dan diberi pendidikan yang layak, besar kemungkinan anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

  • Advertisement
  • Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa memang benar kecerdasan seorang anak menurun dari sang ibu, tetapi hal tersebut tidaklah mutlak dan bukan satu-satunya faktor penentu. Jika anak cerdas karena ibunya juga cerdas, pengaruh genetiklah yang dominan. Tetapi jika anak cerdas meskipun ibunya tidak, pengaruh lingkungan dan asupan gizi yang terpenuhi bisa menjadi faktor yang memegang peranan penting anak menjadi cerdas.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Benarkah kecerdasan seorang anak menurun dari ibu?

Faktanya beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan anak diwariskan dari gen ibu. Artinya kalau ibu pintar, anak yang dilahirkan juga pintar. Namun benarkah adanya demikian?.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr