Pemuda Berjalan 16 km untuk Wawancara Kerja yang Mengubah Hidupnya

Ingat semua persoalan yang pernah Anda hadapi? Semua itu bukannya lenyap begitu saja--Anda sudah mengatasinya dengan segala daya dan tekad Anda. Kenangkan semua prestasi yang telah Anda capai dalam hidup ini.

1,549 views   |   shares
  • Berapa jauh Anda rela berjalan untuk wawancara kerja? 1 km? Bagaimana kalau 16 km?

  • Jhaquiel Reagan merencanakan berjalan kaki sejauh 16 km untuk wawancara kerja di ujung kotanya, Indianapolis, Indiana, AS. Walaupun malam harinya habis hujan es, Reagan bertekad melakukan itu. Sesudah berjalan beberapa kilometer Reagan bertanya kepada seseorang yang sedang menaburkan garam di lapangan parkir (supaya es cepat mencair) sebuah restoran, apakah dia tidak salah arah.

  • Orang itu bernama Art Bouvier, pemilik Papa Roux Po-Boys and Cajun Food, sebuah restoran di daerah itu. Dia memberitahu Reagan bahwa perusahaan yang dicarinya terletak sekitar 10-11 km jauhnya dari situ, lebih baik naik bus daripada jalan kaki. Reagan mengucapkan terima kasih dan terus berjalan.

  • Ketika Bouvier mengendarai mobilnya beberapa menit kemudian, dia melewati remaja itu yang masih berjalan tertatih-tatih melewati jalanan berlapis es. Karena di jalanan itu tidak ada trotoar, perjalanan ini berbahaya.

  • Bouvier memberi Reagan tumpangan, dari situ dia tahu bahwa anak muda ini tidak punya uang untuk naik bus, dan dia berharap mendapat pekerjaan untuk menghidupi adik-adiknya. Sejak ibunya meninggal dua tahun lalu, dia terpaksa meneruskan sekolah di rumah supaya dapat menjaga adik-adiknya.

  • Kemauan keras Reagan mengilhami Bouvier yang memberinya uang untuk makan siang dan menawarkan pekerjaan di restorannya kalau wawancara Reagan tidak berhasil.

  • Reagan kini bekerja di Papa Roux. Cerita yang memberi ilham ini terkenal di internet sejak Bouvier memasukkan cerita ini ke Facebooknya, sudah ada 25.000 orang menyukainya dan 6,000 orang membagikannya.

  • "Jhaquiel berjalan kaki ke wawancara kerjanya untuk pekerjaan dengan gaji minim (jika diterima)," tulis Bouvier di Facebook. "Dalam cuaca seperti ini."

  • Cerita ini memberi pesan yang berharga tentang dedikasi. Kita semua pernah menjalani pencobaan, besar maupun kecil, pribadi maupun umum, hidup ini tidak mudah. Remaja ini bertekad bulat datang ke wawancara kerja, tidak peduli hujan, matahari terik, maupun hujan es. Kita semua memiliki tekad yang sama bila menghadapi tantangan-tantangan hidup.

  • Apa kesulitan Anda sekarang? Menganggur? Kesepian? Anak yang pemarah? Perceraian? Sakit? Keuangan? Orang yang Anda kasihi meninggal? Tidak subur? Depresi? Kadang-kadang tampaknya begitu kita belajar mengatasi satu persoalan, timbul lagi persoalan yang lain.

  • Dengan aneka persoalan yang Anda hadapi setiap hari, Anda kadang-kadang merasa kewalahan menghadapi hidup ini jika Anda mencoba mengatasi semua itu sekaligus. Anda mungkin merasa seperti sedang memulai perjalanan 16 km di atas es untuk melamar pekerjaan yang belum tentu Anda peroleh. Tidak peduli apa pun kesulitan Anda sekarang, jangan pernah menyerah satu kali pun.

  • Advertisement
  • Ingat semua persoalan yang pernah Anda hadapi? Semua itu bukannya lenyap begitu saja—Anda sudah mengatasinya dengan segala daya dan tekad Anda. Kenangkan semua prestasi yang telah Anda capai dalam hidup ini dan sadarilah betapa besarnya tantangan-tantangan yang Anda hadapi sekarang, Anda akan mampu menaklukkannya.

  • Jika Anda merasa semuanya mengecilkan hati, ingatlah Jhaquiel. Ada orang yang mungkin berkata bahwa pertemuannya dengan Bouvier dan tawaran kerja yang spontan itu hanyalah kebetulan karena nasib Jhaquiel sedang mujur. Tetapi dengan kebetulan Jhaquiel bertanya kepada Bouvier, yang kebetulan sedang berada di luar saat itu, dan yang kemudian melihatnya di jalan dan memutuskan memberinya tumpangan, tampaknya bukan hanya serangkaian kebetulan.

  • Tuhan memperhatikan Jhaquiel, seperti Dia memperhatikan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Teen walked 10 miles for a job interview" karya Alysa Kleinman.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Alysa Kleinman is a journalism student at Brigham Young University and an intern at Deseret Digital Media.

Pemuda Berjalan 16 km untuk Wawancara Kerja yang Mengubah Hidupnya

Ingat semua persoalan yang pernah Anda hadapi? Semua itu bukannya lenyap begitu saja--Anda sudah mengatasinya dengan segala daya dan tekad Anda. Kenangkan semua prestasi yang telah Anda capai dalam hidup ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr