5 poin penting yang harus bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk merantau

Berdasarkan pengalaman pribadi, ini 5 poin utama yang harus bisa dilakukan sebelum saya memutuskan untuk merantau
Nov 04, 2017

841 views   |   3 shares
  • Dengan bermodal uang pas-pasan, saya merantau ke Ibukota pada tahun 2010. Karena segudang impi dan cita-cita, saya merantau demi masuk ke perguruan tinggi yang saya dambakan sejak SMP, saya nekat kabur dari orang tua yang memaksakan saya untuk kuliah di perguruan tinggi yang tidak saya inginkan. Setelah akhirnya saya lulus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang saya inginkan. Dari situlah awalnya, saya merasakan kehidupan merantau yang sesungguhnya.

  • Merantau bagi siapa saja adalah awal dari sebuah kehidupan yang sesungguhnya. Kenapa saya bilang 'sesungguhnya' karena saat Anda merantau, Anda akan dihadapkan dengan kehidupan nyata yang penuh dengan tantangan yang harus Anda lewati dengan perjuangan dan itu akan mengubah pandangan Anda bahwa hidup itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dari pengalaman merantau saya itulah, saya menyadari bahwa adalah beberapa poin penting yang harus bisa saya lakukan agar saya tidak gagal di perantauan. Izinkan saya membagikan 5 poin utama yang harus bisa dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk merantau. Diantaranya:

  • Bisa mengatur uang

  • Sebaiknya sebelum Anda ingin hidup merantau, Anda sudah bisa mengatur uang dengan baik. Karena jika Anda tidak bisa mengatur uang secara bijaksana. Anda bisa mati kelaparan saat dirantau. Tidak selamanya Anda bisa mengandalkan orang tua Anda. Jika Anda hidup merantau, itu artinya Anda telah siap menjadi dewasa dan bertanggung jawab atas hidup Anda. Salah satunya dalam hal mengatur uang yang Anda miliki. Aturlah sebaik-baiknya agar Anda bisa mencukupi hidup Anda hingga akhir bulan.

  • Bisa hidup mandiri alias tidak bergantung pada orang lain terutama orang tua

  • Jika apa-apa yang bergantung sama orang tua atau pembantu. Anda pasti tidak bisa hidup merantau. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk merantau. Pastikan dahulu, Anda sudah bisa hidup mandiri diatas kedua kaki Anda sendiri, tanpa pernah mengadalkan orang lain.

  • Bisa bersih-bersih

  • Hidup merantau biasanya Anda hidup sendiri atau kos-kosan. Tempat tinggal Anda akan berantakan dan kotor jika Anda tidak bisa bersih-bersih. Minimal Anda bisa menyapu, mengepel, cuci-cuci dan merapikan tempat tidur jika Anda ingin merantau.

  • Bisa berteman dengan siapa saja

  • Siap lagi yang akan memperhatikan Anda disaat sedang dalam keadaan susah kalau bukan teman diperantauan. Apalagi jika Anda hidup jauh dari keluarga. Hanya teman-teman disekitar Andalah yang dapat Anda andalkan. Karenanya, Anda sebaiknya memperbanyak teman diperantauan. Anda harus bisa menjadi pribadi yang ramah dan mau berteman dengan siapa saja. Karena biasanya, orang yang tidak Anda sangka-sangkalah yang menjadi penolong Anda saat diperantauan.

  • Advertisement
  • Bisa menjaga diri

  • Saat merantau, tidak akan ada lagi yang melarang Anda bergaul, mengatur jam malam Anda atau mengontrol kehidupan Anda. Anda sendirilah yang berwenang atas hidup Anda. Sekalipun Anda bebas melakukan apapun yang ingin Anda lakukan, Anda tetap perlu bijaksana dalam menentukan pilihan. Jangan menjadi seseorang yang liar seperti orang yang baru lepas dari kandangnya. Justru disaat merantaulah, Anda harus bisa pintar-pintar menjaga diri. Anda perlu tahu kapan Anda harus pulang, tahu dengan siapa Anda dapat bergaul, tahu batasan lainnya demi keselamatan Anda. Karena tidak ada yang bisa menjaga Anda di rantau jika bukan diri Anda sendiri.

  • Itulah 5 poin penting yang harus bisa Anda lakukan saat hendak merantau. Jika Anda dapat melakukannya, saya yakin Anda bisa berhasil hidup merantau.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 poin penting yang harus bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk merantau

Berdasarkan pengalaman pribadi, ini 5 poin utama yang harus bisa dilakukan sebelum saya memutuskan untuk merantau
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr