Memuji Karakter Anak Anda

Di dunia yang mementingkan penampilan dan kemampuan jasmani, penting untuk mengingat perkataan Marcus Cicero, "Hal-hal yang besar dicapai bukan melalui otot, kecepatan atau keindahan fisik. Melainkan lewat renungan, kekuatan karakter dan penilaian."

1,707 views   |   0 shares
  • Bagi banyak orang, anak-anak adalah prestasi terbesar dari orang tua. Kita melihat senyum mereka, mendengarkan tawa merdu mereka, dan menyadari, bersama mereka, kita telah menyentuh gerbang surga. Namun kita sering lupa menyampaikan ini kepada mereka. Kita lupa mengingatkan betapa menakjubkan dan istimewanya mereka, dan betapa cantiknya mereka dari dalam. Mengapa penting untuk memuji karakter mereka? Di dunia yang mementingkan penampilan dan kemampuan jasmani, penting untuk mengingat perkataan Marcus Cicero, "Hal-hal yang besar dicapai bukan melalui otot, kecepatan atau keindahan fisik. Melainkan lewat renungan, kekuatan karakter dan penilaian." Sebagai orang tua kita perlu membantu anak-anak mengatasi pandangan duniawi dan mencari sesuatu yang mulia. Berikut ini empat saran bagaimana kita dapat memuji karakter anak-anak kita dan membantu mereka menyadari kecantikan rohani mereka.

  • Bersikaplah positif

  • Setiap karakter dapat dianggap baik maupun buruk, tergantung cara kita memandangnya. Misalnya putri saya memiliki sifat keras hati, ini dapat dianggap keras kepala tetapi juga kemampuan istimewa yang dapat membantunya mengatasi segala tantangan yang dihadapinya. Sifat ini penting bagi dia untuk menjalani hidupnya. Jika berfokus pada segi positif dari karakter anak-anak kita dan berusaha sebaik mungkin memuji mereka karena kebaikan ini, mereka akan terdorong mengembangkan karakter-karakter yang berharga bagi mereka di masa depan, dan membuat mereka memiliki citra positif terhadap diri mereka.

  • Berhati-hatilah

  • Bila memuji anak-anak Anda, hati-hati dalam hal apa yang Anda puji. Bila Anda memuji anak Anda karena dia nomor satu atau karena Anda anggap dia terbaik dalam suatu hal, pesan yang Anda sampaikan adalah untuk mendapat pujian dia harus selalu menjadi yang terbaik. Sebaliknya dari memuji kemampuannya, pujilah dirinya. Pujilah siapa dia, bukan apa yang dilakukannya. Pujilah dia atas kebaikannya terhadap orang lain, keprihatinannya, kemurahan hatinya, kejujurannya, kebulatan tekadnya, kreatifitasnya, imannya, kepatuhan, kesabaran atau kemampuannya memaafkan orang lain. Semua ini adalah karakter yang bila dikembangkan akan berharga sepanjang hidupnya sesudah usia dan waktu mengurangi keterampilannya.

  • Berikan dorongan

  • Duduklah bersama anak Anda dan buatlah daftar dari semua sifatnya, baik yang positif maupun yang negatif. Misalnya salah satu sifat buruk saya ialah kadang saya agak suka menyuruh-nyuruh. Ada baiknya menuliskan sifat yang baik maupun buruk supaya anak Anda mengerti sepenuhnya siapa dirinya dan memahami bahwa Anda mencintai dan menerimanya seperti apa adanya. Sesudah menulis semua itu bantu anak Anda melihat hal-hal luar biasa yang dapat dia lakukan, dan terangkan bahwa sifat-sifat yang tampaknya merupakan kelemahan dapat menjadi kekuatan bila digunakan dengan cara yang benar. Sifat suka memerintah dapat menjadikan seseorang pemimpin yang tangguh suatu hari nanti. Dorong dia untuk mengembangkan sifat yang positif dan tidak memusatkan perhatian pada sifat yang negatif.

  • Advertisement
  • Besarkan harapan

  • Buatlah daftar dari sifat-sifat yang Anda harapkan berkembang dalam diri anak Anda, jadikan itu usaha keluarga untuk mengembangkannya. Benyamin Franklin membuat daftar dari 13 sifat yang ingin dikembangkan dalam dirinya. Setiap minggu dia berusaha mengembangkan salah satu sifat, sehingga dalam setahun dia berusaha empat kali mengembangkan setiap sifat itu. Anda mungkin tidak ingin menjadi seambisius Benjamin Franklin, tapi biarpun hanya satu sifat dalam sebulan, dalam setahun Anda dapat membantu anak Anda mengembangkan sifat-sifat seperti kejujuran, belas kasih, rasa hormat, beriman, mudah memaafkan, penuh syukur, optimisme, murah hati, penuh toleransi, bajik, patuh dan rendah hati.

  • Ada kata-kata bijaksana yang bunyinya "Jadilah perubahan yang Anda harapkan terjadi di dunia." Jika kita percaya bahwa ini benar mulailah dengan mengajarkan dan memuji karakter anak-anak kita. Karakter merekalah yang akan menentukan cara hidup mereka. Heraclitus berkata, "Karakter yang baik tidak terbentuk dalam waktu seminggu atau sebulan, melainkan sedikit demi sedikit, hari demi hari." Sebagai orang tua, kita wajib berusaha sedikit demi sedikit, hari demi hari mengembangkan dan memperkuat karakter anak-anak kita. Sewaktu kita melakukan itu, mereka akan mulai memahami keindahan yang ada dalam diri mereka dan potensi yang mereka miliki untuk sungguh-sungguh membuat dunia yang lebih baik dan lebih indah bagi kita semua.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Complimenting character helping children recognize their inner beauty" karya Tiffany Fletcher.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Memuji Karakter Anak Anda

Di dunia yang mementingkan penampilan dan kemampuan jasmani, penting untuk mengingat perkataan Marcus Cicero, "Hal-hal yang besar dicapai bukan melalui otot, kecepatan atau keindahan fisik. Melainkan lewat renungan, kekuatan karakter dan penilaian."
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr