Dijodohkan oleh orangtua jauh lebih baik ketimbang menikah dengan pilihan kita? Setujukah Anda?

Apakah selamanya pilihan orangtua dalam hal menjodohkan ini selalu bisa menjamin kebahagian kita?

2,687 views   |   18 shares
  • Memang ada kalanya, pilihan orang tua adalah yang terbaik bagi anak-anaknya. Karena tidak ada orang tua di dunia ini yang tidak ingin anaknya mendapatkan yang terbaik! Orang tua selalu berupayah agar hidup anaknya dapat selalu nyaman dan aman. Segala macam upaya dilakukan bahkan salah satunya dengan menjodohkan anaknya dengan calon pendamping pilihan sendiri agar masa depan anaknya bisa terjamin bahagia.

  • Perjodohan seperti masih banyak di era modern ini. Lantas apakah selamanya pilihan orang tua dalam hal menjodohkan ini selalu baik dan tepat! Apakah itu bisa menjamin kebahagian kita? Setujukah Anda dengan ini?

  • "Orang tua pasti tidak akan membiarkan kita jatuh ditangan yang salah. Sekalipun kita tidak cinta namun jika kehidupan kita nantinya terjamin dan calon suami kita adalah orang yang bertanggung jawab yang tidak akan pernah membuat kita hidup menderita. Pasti pada akhirnya kita akan mensyukuri pilihan orang tua kita karena kita telah memiliki hidup bahagia". - Icha, 25 Tahun, Jakarta.

  • "Cinta tidak bisa dipaksakan. Bagaimana pernikahan itu bisa bahagia kalau kita tidak mencintai orang yang kita nikahi? Saya memang belum menikah. Tapi saya yakin kalau saya menikah karena dijodohkan. Pasti itu menjadi mimpi buruk dalam hidup saya." - Ayu, 25 Tahun, Makassar.

  • "Saya menikah karena dijodohkan, oleh anak kerabat orang tua saya. Kami sudah tahu bakal dijodohkan sejak kami masih menduduki bangku sekolah. Awalnya kami tidak begitu tertarik dengan perjodohan ini, kami lebih nyaman menjadi sahabat. Kami pun punya hubungan asmara dengan orang lain. Sekalipun kami tahu akan menikah. Akhirnya pernikahan itu benar-benar terjadi. Kami pun menikah 6 tahun silam. Kami sekarang telah dikaruniai 2 buah hati. Seiring berjalannya waktu kami ternyata kami juga merasakan ketertarikan dan cinta satu sama lain. Lebih menyenangkannya lagi, kami masih seperti sepasang sahabat yang tidak bisa terpisahkan. Jadi intinya, dijodohkan itu jik demi yang terbaik pasti akan menjadi yang terbaik dalam hidup kita. Yang terpenting kita mau membuka diri dan hati kita untuk menerima pasangan yang sudah ditakdirkan menjadi pendamping hidup kita!", - Rina, 29 Tahun, Makassar.

  • "Masih jaman orang di jodohkan zaman sekarang? Saya adalah orang tidak suka dengan perjodohan. Bukannya karena tidak percaya dengan pilihan orang tua saya. Tapi saya tidak akan menyerahkan pilihan yang menyangkut dengan masa depan dan kebahagiaan saya ditangan orang lain. Kehidupan saya yang menentukan saya sendiri! Jadi kalau nantinya saya tidak bahagia atas pilihan saya yang bertanggung jawab sendiri. Bukan orang tua saya. Dan yang dapat memutuskan saya dapat bahagia juga diri saya sendiri, bukan orang tua saya.". - Monika, 26 Tahun, Jakarta

  • Advertisement
  • "Sekalipun pilihan orang tua itu baik, tetapi menikah dengan orang yang kita cintai itu jauh lebih baik. Alhamdulilah, meskipun sempat dijodohkan dulunya, saya akhirnya bisa menikah dengan pilihan saya sendiri. Dan meski kita harus dari nol dan hidup sederhana. Kami tetap bahagia.". - Nina, 26 Tahun, Makassar.

  • Jadi kesimpulannya, dijodohkan orang tua, itu tidak salah, jika jodoh Anda adalah orang yang tepat. Tetapi menikah dengan pilihan Anda sendiri akan jauh membuat hidupmu bahagia.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Dijodohkan oleh orangtua jauh lebih baik ketimbang menikah dengan pilihan kita? Setujukah Anda?

Apakah selamanya pilihan orangtua dalam hal menjodohkan ini selalu bisa menjamin kebahagian kita?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr