Menikah (lagi) di usia senja? Kenapa tidak?

Berapa pun usia Anda, tidak ada larangan untuk menikah. Manula pun mempunyai hak untuk hidup bahagia.
Oct 30, 2017

513 views   |   1 shares
  • Menikah bukan hanya monopoli kaum muda, berapapun usia Anda, tidak ada larangan untuk menikah. Manula sekalipun, mempunyai hak untuk menikah. Mungkin Anda berpikir bahwa tidak sepantasnya kakek atau nenek Anda menikah lagi, namun mereka memiliki kebutuhan seperti Anda juga, bukan hanya kebutuhan jasmani tetapi juga kebutuhan mental dan emosi.

  • Kesepian

  • Manusia memerlukan pendamping, dia akan kesepian jika harus hidup sendiri. Orang yang sudah tua sering dilupakan anak cucunya yang memiliki kesibukan masing-masing bersama keluarganya. Jika manula tidak lagi memiliki pasangan hidup, tidak ada salahnya jika ingin menikah lagi. Hendaknya anak cucunya memahami hal ini dan tidak melarangnya. Bisa saja dia merasa kesepian dan membutuhkan seorang pendamping yang dapat diajak bercakap-cakap dan tertawa bersama atau tempat dia berkeluh kesah.

  • Kebutuhan jasmani

  • Kebutuhan seks yang mungkin sudah menyurut, namun pelukan dan sentuhan mesra tetap merupakan kebutuhan manula. Dia tetap ingin merasa dicintai dan diperhatikan. Mungkin Anda berpikir bahwa hal-hal tersebut sudah diperolehnya dari keluarganya, anak dan cucunya, namun sebagai manusia Anda seharusnya paham bahwa ada berbagai macam cinta.

  • Masalah keuangan

  • Mungkin seorang nenek-nenek menikah supaya ada orang yang mengurus kebutuhannya atau masalah keuangannya. Ada pula sepasang manula yang saling mengasihi tetapi tidak ingin menikah karena menganggap sepotong surat bukan hanya meresmikan hubungan mereka tetapi juga mengacaukan surat warisan yang sudah mereka atur. Boleh jadi ada anak atau cucu yang keberatan dengan pernikahan itu, karena menganggap kakek atau nenek baru hanya mempunyai tujuan untuk merebut harta benda mereka. Walau umumnya dua orang yang hidup bersama lebih hemat daripada yang hidup sendiri-sendiri, namun tidak semua anak cucu mereka sependapat.

  • Kesehatan

  • Tidak dapat dielakkan bahwa kesehatan manula biasanya makin merosot. Bila mereka menikah dan mempunyai pasangan hidup, mereka dapat saling berbagi, saling menampung keluh kesah, saling melayani satu dengan lainnya. Seandainya mereka harus ke dokter, teman hidupnya akan memiliki hak untuk mengetahui dari dokter keadaan kesehatan pasangannya dan bila perlu mengambil keputusan bagi pasangannya dalam keadaan genting. Bila hubungan mereka mendatangkan kebahagiaan itu berarti kedua pasangan akan menikmati kesehatan yang lebih baik. Daripada mencari kebahagiaan dengan binatang peliharaan, bukankah lebih baik jika manula memiliki teman hidup?

  • Advertisement
  • Makanan

  • Seringkali manula yang hidup sendiri kurang memerhatikan makanannya. Sebaliknya mereka yang mempunyai teman hidup, akan lebih bersemangat untuk hidup teratur dan makan sehat, sehingga kondisi tubuh lebih terjaga baik. Seorang pria tua mungkin akan enggan memasak sehingga lebih bergantung pada makanan restoran cepat saji. Sebaliknya jika menikah, istrinya akan dengan senang hati memasak untuk mereka berdua makanan yang lebih sehat. Dengan demikian mereka juga lebih menghemat pengeluaran.

  • Ada sebuah cerita manis yang dimuat oleh surat kabar New York Times. Robert Hayre yang berusia 86 tahun memesan lukisan mendiang istrinya dari seorang pelukis, Ada Bryant, yang berusia 97 tahun. Sesudah lukisan itu selesai Hayre meminta Bryant untuk menolongnya memilih bingkai yang cocok. Dari sana, cerita berlanjut hingga kencan minum teh dan kita dapat menebak cerita seterusnya. Bryant menolak ketika Hayre meminangnya dengan menawarkan sebuah batu permata untuk dijadikan cincin pertunangan mereka. Namun Hayre tidak putus asa, dia tetap mengirimkan puisi dan prosanya yang diselipkannya ke bawah pintu rumah Bryant karena dia terlalu malu untuk menyampaikannya sendiri. Lama-lama hati Bryant luluh juga. Dia tidak lagi mempersoalkan perbedaan umur mereka dan berapa lama lagi dia dapat menikmati hidup ini. Mereka berdua akhirnya melanjutkan persahabatan mereka ke jenjang pelaminan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menikah (lagi) di usia senja? Kenapa tidak?

Berapa pun usia Anda, tidak ada larangan untuk menikah. Manula pun mempunyai hak untuk hidup bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr