Bekerjasama dengan anak-anak untuk memilih musik yang baik

Kita berbicara kepada anak-anak kita tentang jenis musik apa yang pantas untuk didengarkan tanpa memberi kesan tidak menghargai dan memaksakan kehendak.

923 views   |   0 shares
  • Sebagai orang tua, bagaimana kita berbicara kepada anak-anak kita tentang jenis musik apa yang pantas untuk didengarkan tanpa memberi kesan tidak menghargai dan memaksakan kehendak pada anak-anak kita?

  • Sebagai orang tua dengan anak-anak yang baru mulai menginjak usia remaja, adalah penting untuk mengetahui apa yang terjadi dalam hidup mereka, dengan siapa mereka berteman, dan kegiatan-kegiatan apa saja yang mereka lakukan. Saya juga sangat tertarik untuk mengetahui tentang jenis musik apa yang mereka dengarkan setiap hari.

  • Berikut adalah beberapa tips yang manjur yang saya gunakan sewaktu berbicara dengan anak-anak saya tentang musik yang mereka dengarkan, dan bahkan, untuk berbicara kepada mereka tentang hal-hal apa yang terjadi dalam hidup mereka.

  • 1. Tunjukkan perhatian pada hal-hal yang anak Anda lakukan, dan hal-hal yang mereka suka

  • Dalam soal musik, saya menemukan bahwa ketika saya menunjukkan minat pada sebuah lagu baru yang anak saya suka, dan saya mendengarkan lagu itu dengan anak saya, dia cenderung lebih terbuka dan bersedia untuk mendengarkan pendapat saya tentang lagu itu.

  • 2. Waspadalah terhadap lirik lagu

  • Sewaktu anak saya mulai suka dengan sebuah lagu baru, saya mendengarkan dengan cermat lirik lagu itu. Jika liriknya sulit dipahami, saya mencari lirik lagu itu di internet. Jika lagu yang anak saya suka ternyata mengandung lirik kata-kata yang tidak pantas, saya bicarakan hal ini dengannya. Sering kali anak-anak tidak menyadari bahwa banyak lagu berisi kata-kata yang tidak baik, dan mereka terlanjur menyukai lagu-lagu itu karena iramanya yang menarik.

  • Jika lirik sebuah lagu mengandung kata-kata yang tidak saya izinkan, maka kami berbicara tentang mengapa saya tidak mengijinkan lagu tersebut. Sejauh ini, saya tidak menemukan masalah dalam meyakinkan anak-anak saya untuk tidak mendengarkan lagu-lagu itu lagi.

  • 3. Bantulah anak-anak Anda untuk menyadari bagaimana sebuah lagu dapat mempengaruhi perasaan mereka

  • Saat mendengarkan lagu country dengan tema patriotisme, saya bertanya pada anak-anak saya bagaimana lagu tesebut mempengaruhi perasaan mereka. Mereka menyatakan perasaan mereka, seperti "Lagu itu membuat saya merasa bahagia," atau "Lagu itu membuat saya lebih menghargai apa yang para tentara kita telah lakukan untuk kita."

  • Mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi perasaan mereka dalam sebuah lagu dapat meningkatkan kesadaran mereka tentang emosi yang mereka alami saat mereka mendengarkan lagu-lagu. Hal ini dapat membantu mereka untuk memilih lagu yang membangun jiwa dan membuat mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dan tentang kehidupan ini pada umumnya.

  • Advertisement
  • 4. Tetapkan batasan yang wajar

  • Sebelum anak-anak tumbuh dewasa untuk mulai menunjukkan minat pada lagu-lagu yang mungkin mengkhawatirkan orang tua, adalah ide yang baik untuk menetapkan aturan keluarga tentang kata-kata macam apa yang tidak pantas untuk digunakan dalam percakapan yang sopan. Selain itu juga, bantulah anak-anak untuk mengerti bahwa ada banyak lagu yang lebih pantas didengarkan dan ada juga lagu-lagu yang tidak pantas untuk didengarkan. Saat aturan-aturan sudah ditetapkan, dan anak-anak memahami dan menjunjung aturan-aturan itu, akan lebih mudah untuk membantu anak Anda memilih lagu yang Anda setujui, dan menghindari lagu-lagu yang mengandung kata-kata dan pesan-pesan yang tidak bermanfaat bagi anak-anak Anda.

  • Tapi yang paling penting adalah bagi Anda, sebagai orang tua, untuk menunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda mengasihi mereka dan bahwa Anda peduli tentang kesejahteraan mereka baik secara jasmani maupun rohani. Jika anak-anak mengetahui betapa orang tuanya mencintai mereka, mereka dapat membuat pilihan-pilihan yang bijak untuk diri mereka sendiri, dalam musik yang mereka dengarkan, teman-teman yang mereka pilih, dan aspek-aspek lainnya dari kehidupan mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Musical cooperation: Work with kids to choose good music” karya Loralee Evans.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Loralee Evans is a graduate of Southern Utah University. She is the author of three books, The Birthright, The King's Heir (both published by Cedar Fort Inc.) and her latest release, The Shores of Bountiful. Visit her website at loraleeevans.com.

Bekerjasama dengan anak-anak untuk memilih musik yang baik

Kita berbicara kepada anak-anak kita tentang jenis musik apa yang pantas untuk didengarkan tanpa memberi kesan tidak menghargai dan memaksakan kehendak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr